Jasa riset skripsi

July 5, 2018

Merujuk kepada pengertian asal skripsi dari Scriptum, (English: Script), maka pengertian skripsi adalah: tulisan ilmiah, untuk membedakannya dari tulisan non-ilmiah seperti: fiksi ataupaun bentuk-bentuk penulisan essai dan opini. Perbedaan yang mendasar dari bentuk-bentuk yang terakhir adalah: tulisan ilmiah sangat terikat secara ketat dengan kaidah-kaidah dan norma-norma penulisan ilmiah.

Kaidah-kaidah tersebut selain substansi tulisan yang mengupas suatu fenomena dengan memakai acuan teori yang sudah diakui keberadaannya dalam khasanah ilmu pengetahuan, mencakup juga kaidah dalam teknik – teknik baku penulisan ilmiah seperti: teknik mengutip, penulisan kepustakaan, penulisan catatan kaki, bentuk outline tulisan, penulisan tabel, singkatan maupun pilihan diksi yang lebih ketat (sedapat mungkin memakai teknik denotative bukan konotatif), dan lain-lain.

Dengan pengertian sebenarnya yang dipentingkan dari pembuatan skripsi (selain teknik penulisan yang sudah baku) adalah bagaimana si penulis mencoba menjelaskan suatu gejala dengan merujuk kepada satu atau lebih teori. Dari pengertian ini dapat terlihat bahwa bagi suatu karya skripsi yang dipentingkan adalah soal rujukan ilmiahnya. Dengan pengertian ini substansi pengertian skripsi terletak pada usaha untukmenjelaskan (eksplanasi) dan mungkin pemerian yang lebih jelas (deskripsi) suatu gejala.

Dengan skripsi memang dituntut kemampuan mahasiswa untuk merumuskan penalaran ilmiahnya terhadap suatu gejala, bagaimana gejala itu dicoba untuk dijelaskan dengan suatu rujukan teori dan bagaimana kesimpulan yang diambil dari usaha-usaha untuk menjelaskan gejala tersebut. Bisa jadi penalaran mahasiswa tadi berkembang lebih jauh, untuk mengembangkan suatu posisi ilmiah tertentu (berupa suatu tesis atau hipotesis tertentu) dan dituntut untukdibuktikan lewat suatu penelitian ilmiah yang cukup rumit.

Tapi menurut kami, skripsi tidak harus dituntut untuk mengembangkan suatu tesis tertentu, sekalian pula dituntut pembuktian hipotesis tadi dengan penelitian empiris yang bisa memakan waktu 6 bulan – 1 tahun. Mungkin pada titik ini kita harus menentukan pilihan skripsi tadi harus serta merta berbentuk tulisan ilmiah berupa laporan penelitian. Artinya, apakah skripsi identik dengan penelitian?

Karena menurut pengertian skripsi pada pengertiannya yang asli, bisa saja jawaban terhadap persoalan ilmiah yang dilontarkan mahasiswabisa dijawab dengan memakai pembuktian teori (ada yang mengatakannya dengan teoritis, atau pembuktiannya lewat analisis yang lebih bersifat kualitatif misalnya? (bisakah misalnya skripsi hanya menganalisis novel Saman dengan memakai teori Jung?). Menurut kami bisa saja, yang penting dalam skripsi adalah kemahiran membedah masalah dengan rujukan teori, dan bagaimana dengan rujukan teori tersebut “tertib berpikir ilmiah” mahasiswa terlihat dengan jelas.

Setelah mengetahui arti skripsi, saatnya Anda memahami pengertian riset. Kata riset atau penelitian merupakan kata yang dipergunakan dalam pembicaraan sehari-hari yang mempunyai cakupan arti yang luas. Terkadang kita bingung dalam memahami arti kata tersebut dengan petunjuk atau tanda tanda yang jelas untuk membedakan antara yang satu dengan yang lain. Bisa saja, sesuatu yang awalnya dikenal sebagai penelitian ternyata bukan penelitian, dan konsep-konsep yang tidak benar, pastinya harus dihilangkan diganti dengan konsep yang sudah benar.

Setiap orang pada dasarnya selalu ingin tahu dan inilah yang membuat orang bertanya dan ingin tahu jawaban atas apa yang ditanyakan itu. Sehingga orang tersebut akan terus mencari jawaban. Sebuah cara yang dapat digunakan untuk mencari suatu jawaban adalah dengan melakukan penelitian. Selain melakukan penelitian dapat juga bertanya dengan seseorang atau bisa juga dengan mencari sebuah buku yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Masalahnya terkadang tidak selalu mendapatkan jawaban, mungkin jika mendapatkan jawaban, jawaban tersebut kurang meyakinkan.

Biasanya pengertian riset/penelitian dicampur adukkan dengan studi pustaka, pengumpulan data, pengumpulan informasi, penulisan makalah, kajian dokumentasi, perubahan kecil pada sebuah produk dan lain-lain. Kata Riset/penelitian biasanya dikonotasikan dengan bekerja eksklusif menyendiri di perpustakaan dan di laboratorium.

Menurut Leddy (1997:3) pengertian riset/penelitian adalah sebuah proses yang tersusun secara sistematis meliputi pengumpulan data dan analisis data/ informasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kita mengenai fenomena yang menjadi perhatian kita atau yang sedang kita amati.

Pengertian penelitian yang disampaikan oleh Leddy mempunyai kemiripan dengan Pengertian Penelitian yang disampaikan oleh Dane (1990:4). Bahwa Pengertian Penelitian yaitu sebuah proses kritis untuk menanyaka suatu hal dan berusaha untuk menjawab pertanyaan mengenai fakta dunia. Seperti dengan yang disebutkan diatas, mungkin pada masa lampau, kita memperoleh banyak konsep mengenai pengertian tentang riset/ penelitian yang diantaranya merupakan konsep yang tidak benar. Supaya lebih jelas tentang hal-hal tersebut, berikut ini kajian pengertian yang salah.

Pengertian yang salah tentang Riset/ Penelitian. Beberapa konsep penelitian yang salah secara umum dapat dilihat dari segi 4 pengertian berikut ini:
Penelitian tidak hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke suatu tempat yang lain
Penelitian tidak hanya mengumpulkan data/informasi
Penelitian bukanlah sebuah kata besar untuk menarik perhatian
Penelitian tidak hanya bongkar-membongkar untuk mendapatkan informasi

Pengertian penelitian yang benar dan karakteristik proses penelitian adalah sebagai berikut: Pengertian riset/penelitian yang benar menurut Leddy (1997:5). Penelitian merupakan sebuah proses yang didukung oleh data dan sistematis untuk mencapai jawaban atas suatu pertanyaan, dapat menyelesaikan permasalahan, dapat memahami fenomena yang terjadi.

Proses tersebut, yang sering disebut sebagai metodologi penelitian, mempunyai delapan macam karakteristik penelitian diawali dengan sebuah permasalahan atau pertanyaan, penelitian membutuhkan pernyataan yang jelas mengenai tujuan, penelitian mengikuti rangkain prosedur yang spesifik, biasanya penelitian membagi permasalhan utama menjadi sub-sub masalah yang lebih bisa dikelola, penelitian diarahkan ke pertanyaan, permasalahan, atau hipotesis penelitian yang spesifik, penelitian memperoleh asumsi kritis tertentu, penelitian membutuhkan pengumpulan data dan interpretasi data untuk mengatasi permasalahan yang memulai penelitian, dan secara alami penelitian berputar secara siklus.

Itu tadi pengertian riset skripsi yang perlu Anda pahami. Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk melakukan riset skripsi, Anda bisa menggunakan jasa riset skripsi yang saat ini banyak tersedia di masyarakat.