Riset Pasar Membantu Anda untuk Memperbaiki Strategi Pemasaran

June 20, 2018

 

 

Riset pasar merupakan teknik yang digunakan oleh calon pengusaha dan pengusaha yang ingin berkembang untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi berguna tentang pasar bisnis mereka. Riset pasar digunakan untuk mengembangkan strategi efektif, menimbang keputusan pro dan kontra, menentukan tujuan bisnis untuk masa depan, dan banyak lagi. Pertahankan daya saing Anda dengan mempertajam keahlian riset pasar! Lihat langkah pertama berikut untuk memulai.

Metode1

Merencanakan Riset Pasar Anda

Miliki tujuan riset dalam pikiran Anda. Riset pasar sebaiknya dirancang untuk membantu Anda dan bisnis Anda menjadi lebih bersaing dan menguntungkan. Jika usaha riset pasar Anda tidak menghasilkan keuntungan bagi perusahaan Anda, hal tersebut akan menjadi sia-sia dan waktu Anda lebih baik digunakan untuk melakukan hal lainnya. Sebelum Anda mulai, penting untuk mendefinisikan dengan benar apa yang ingin Anda temukan melalui riset pasar. Riset Anda mungkin akan memberikan Anda arahan yang tidak diharapkan dan gerakan yang tergesa-gesa; ini sangat baik. Bagaimanapun juga, bukan ide yang baik untuk memulai riset pasar tanpa minimal memiliki satu atau lebih tujuan nyata dalam pikiran. Berikut beberapa jenis pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan ketika merancang riset pasar Anda:

Apakah ada kebutuhan di pasar yang dapat diisi oleh perusahaan saya? Melakukan riset tentang prioritas dan kebiasaan belanja pelanggan Anda dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah ide yang bagus untuk mengusahakan bisnis pada pasar tertentu di tempat pertama.

Apakah produk dan pelayanan saya sesuai dengan kebutuhan pelanggan saya? Melakukan riset tentang kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda dapat membantu Anda meningkatkan daya saing bisnis Anda.

Apakah saya memberikan harga dan pelayanan yang terjangkau? Melakukan riset tentang daya saing Anda dan tren pasar dapat membantu meyakinkan Anda bahwa Anda menghasilkan banyak uang sebisa mungkin tanpa melukai rekan bisnis Anda.

Metode2

Memperoleh Data yang Berguna

Gunakan sumber data indutsri dari pemerintah. Dengan munculnya era informasi, ini menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya bagi pebisnis untuk mengakses jumlah data yang besar. Bagaimanapun juga, yakinkan bahwa data yang diakses adalah akurat. Untuk mampu menarik kesimpulan dari riset pasar Anda yang menggambarkan kondisi nyata pasar, ini sangat penting untuk mulai dengan data yang terkemuka. Salah satu data pasar yang akurat adalah pemerintah. Pada umumnya, data pasar yang disediakan oleh pemerintah akurat, ditinjau dengan baik, dan tersedia dengan harga yang murah atau gratis, yang menjadi pilihan baik bagi bisnis yang baru akan dibangun.

Sebagai contoh jenis data pemerintah yang mungkin ingin Anda akses selama riset pasar, Bureau of Labor Statistics menawarkan rincian laporan bulanan tentang pekerjaan yang bukan pertanian sebagai tambahan laporan triwulan dan tahunan. Laporan tersebut meliputi informasi tentang upah, tingkat pekerjaan, dan lebih banyak lagi dan dapat dirinci berdasarkan area (seperti negara bagian, wilayah, wilayah metropolitas) serta industri.

Gunakan data dari asosisasi perdagangan. Asosiasi perdagangan merupakan asosiasi yang dibentuk oleh sekelompok pebisnis dengan aktivitas dan minat yang sama untuk tujuan kolaboratif. Selain terlibat dalam kegiatan lobi, penjangkauan masyarakat, dan pengiklanan, asosiasi perdangan juga sering berpartisipasi dalam riset pasar. Data dari riset digunakan untuk meningkatkan daya saing dan keuntungan bagi industri. Beberapa data tersedia secara bebas, sementara beberapa hanya tersedia bagi anggota.

Metode3

Melakukan Riset Sendiri

Gunakan data yang tersedia untuk menentukan kondisi permintaan pada pasar.Pada umumnya, bisnis Anda akan memeroleh kesempatan yang baik untuk sukses jika dapat memuaskan “kebutuhan” pasar yang tidak terpenuhi; jadi Anda sebaiknya bertujuan untuk menyediakan produk atau pelayanan yang dibutuhkan pasar. Data ekonomis dari pemerintah, akademis, dan industiri (yang sudah dijelaskan secara rinci pada bagian di atas) dapat membantu Anda mengidentifikasi kehadiran atau ketiadaan kebutuhan tersebut. Pada dasarnya, Anda ingin mengidentifikasi pasar dimana sudah ada klien yang membutuhkan dan keinginan untuk memajukan bisnis Anda.

Sebagai contohnya, katakan bahwa kita berasumsi ingin mulai melakukan pelayanan seni pertamanan. Jika kita menyelidiki kekayaan pasar dan data dari pemerintah lokal, kita akan menemukan bahwa masyarakat dalam lingkungan yang makmur, rata-rata memiliki penghasilan yang baik. Kita juga dapat menggunakan data pemerintah tentang penggunaan air untuk memperkirakan area dengan persentase terbesar terkait tempat tinggal yang memiliki taman.

Informasi ini dapat membimbing kita untuk membuka toko di daerah kota yang makmur dimana tempat tinggal masyarakat memiliki taman yang luas, dibandingkan di area dimana masyarakat tidak memiliki taman yang luas atau tidak memiliki dana untuk membayar ahli seni pertamanan. Dengan menggunakan riset pasar, kita membuat keputusan yang cerdas tentang dimana area untuk melakukan bisnis.

Lakukan survei. Salah satu cara yang umum, teruji oleh waktu terkait penentuan sikap dari pelanggan bisnis Anda adalah bertanya kepada mereka! Survei menawarkan peneliti pasar kesempatan untuk meraih sampel yang besar untuk memeroleh data yang digunakan untuk membuat keputusan tentang strategi yang luas. Bagaimanapun juga, karena hasil survei merupakan data yang relatif impersonal, ini penting untuk meyakinkan bahwa survei Anda dirancang dengan data yang mudah dihitung sehingga Anda dapat memeroleh tren yang berarti dari survei.

Misalnya, survei dengan bertanya kepada pelanggan untuk menuliskan pengalaman mereka dengan bisnis Anda mungkin bukan merupakan pilihan yang paling efektif, karena ini membutuhkan membaca dan menganalisis setiap jawaban secara individual untuk menarik kesimpulan yang berarti. Ide yang lebih baik adalah meminta pelanggan Anda untuk mengisi peringkat untuk beberapa aspek bisnis Anda, seperti pelayanan pelanggan, harga, dan lainnya. Ini membuatnya lebih cepat dan mudah untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai tambahan untuk membuat Anda menghitung dan menggambar data Anda.

Lakukan pengetesan produk/pelayanan. Perusahaan mempertimbangkan implementasi produk atau pelayanan baru sering membiarkan pelanggan potensial mencoba produk atau pelayanan dengan gratis sehingga mereka dapat mengatasi permasalahan sebelum menjualnya. Memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk mengetes dapat membantu Anda menentukan apakah rencana Anda untuk menawarkan produk atau pelayanan baru membutuhkan penelaahan lebih lanjut atau tidak.

Dalam perusahaan seni pertamanan kami misalnya, katakan bahwa kita mempertimbangkan penawaran pelayanan baru dimana kita menanam bunga pada taman pelanggan setelah melakukan seni pertamanan kita. Kita mungkin “menguji” pilihan pelanggan untuk memiliki kesempatan dalam menerima pelayanan secara gratis dengan syarat tertentu dimana mereka berdiskusi dengan kita setelah itu. Jika kita menemukan bahwa pelanggan menghargai pelayanan secara gratis tetapi tidak pernah membayar untuk itu, kita mungkin mempertimbangkan kembali penjualan program baru ini.

Metode

Analisis Hasil Anda

Jawablah pertanyaan awal yang menyebabkan Anda melakukan penelitian.Pada awalnya dari proses riset pasar, Anda menentukan tujuan riset. Ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan strategi bisnis Anda yang harus Anda jawab; misalnya, apakah Anda mengejar investasi atau tidak, apakah keputusan pemasaran tertentu merupakan ide yang baik atau tidak, dan sebagainya. Tujuan utama dari riset pasar Anda sebaiknya dapat menjawab pertanyaan ini. Karena tujuan dari riset pasar sangat bervariasi, informasi pasti dibutuhkan untuk memberikan jawaban yang memuaskan untuk setiap keragaman. Biasanya, Anda mencari prediksi tren melalui data Anda yang menyiratkan bahwa tindakan tertentu jauh lebih baik dilakukan dibandingkan lainnya.

Lakukan analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Penggunaan yang umum dilakukan dalam riset pasar adalah untuk menentukan aspek tersebut dalam bisnis. Jika ini berlaku, data yang diperoleh dari proyek riset pasar dapat digunakan untuk menilai kesehatan perusahaan secara keseluruhan dengan melihat kekuatan, kelemahan, dan lainnya yang tidak sesuai dengan tujuan pada riset awal.

Temukan tujuan pasar yang baru. Dalam istilah yang mudah, tujuan pasar adalah kelompok individu yang memeroleh promosi, iklan bisnis, dan akhirnya mencoba untuk menjual produk atau pelayanan tersebut kepada kelompok tersebut. Data dari proyek riset pasar menunjukkan bahwa beberapa individu tertentu yang bereaksi dengan istimewa terhadap bisnis Anda dapat digunakan untuk memfokuskan diri pada sumber daya bisnis Anda terhadap orang tertentu, memaksimalkan daya saing dan keuntungan.

sumber

http://www.grapadikonsultan.co.id

http://www.grapadikonsultan.com

http://www.konsultanmanajemen-gsm.com