RISET PASAR SEBELUM MEMULAI BISNIS, PENTINGKAH?

January 18, 2019

 

 

Sebelum anda memulai bisnis anda, anda tentunya sudah memikirkan segalanya. Anda sudah harus memikirkan beberapa hal penting sebelum memulai bisnis. Setelah memikirkan apa saja yang anda butuhkan dalam memulai bisnis, anda harus melakukan Riset pasar. Mengapa, riset pasar menjadi begitu penting? kami akan mengulasnya untuk anda.

  • Riset pasar digunakan agar anda tau pangsa pasar anda seperti apa. -Perkembangan digital yang begitu cepat membuat kita juga cepat berubah. Begitu juga dengan pangsa pasar dan prilaku konsumen di zaman digital ini. Kita bisa mengambil contoh, seperti perubahan model baju online yang dijual saat ini berbeda dengan baju yang dijual 3 bulan lalu. Inilah disebut dengan perubahan prilaku pangsa pasar atau perubahan tren.
  • Riset pasar digunakan agar anda mengetahui kompetitor anda seperti apa. Banyaknya e-commerce atau situs belanja online  terkadang membuat kita sebagai konsumen menjadi bingung memilih e-commerce mana yang terbaik. Ini menjadikan pentingnya riset pasar agar anda sebagai pebisnis tahu kelebihan dan kekurangan dari kompetitor anda. Mari kita ambil contoh nyata. Kelebihan Lazada dibanding dengan e-commerce lainnya adalah dengan sistem COD ( Cash On Delivery). Berbeda dengan kelebihan Tokopedia, e-commerce satu ini memberikan banyak kode voucher dan promo menarik untuk menarik orang untuk berbelanja.

Kini, riset pasar bisa anda lakukan pada digital, yakni riset pasar online. Anda juga bisa bekerjasama dengan mahasiswa yang memiliki ide bisnis, atau yang sedang mengerjakan tesisnya untuk membantu anda dalam riset pasar ini. berikut beberapa hal yang perlu anda tanyakan saat riset pasar ;

  1. Ide bisnis anda seperti apa? – Usahakan ide bisnis anda unik dan orisinil. Buka lah bisnis yang belum dipikirkan orang lain, jadi anda bisa minim pesaing bahkan tidak punya pesaing saat memulai bisnis ini.
  2. Produk apa yang akan dijual? – Produk berupa prototype atau jasa. Contohnya baju bekas selebgram, atau jasa berupa jasa SEO spesialis.
  3. Siapa target pasarnya? – Target pasar anda harus jelas. Jika anda ingin menjual baju bekas selebgram, lalu siapa targetnya? Tentu targetnya para followers selebgram tersebut, perempuan, kelas menengah, usia 18-27th yang hobi fesyen.
  4. Bagaimana memasarkannya? – Anda bisa  mempekerjakan seorang tenaga ahli pemasaran (marketing) atau memakai jasa internet marketing.
  5. Darimana sumber modalnya? – Anda bisa mencari sponsor atau bisa dari modal anda sendiri.
  6. Bagaimana manajemen bisnis yang cocok untuk bisnis anda? – Manajemen suatu bisnis tak kalah penting, ini harus anda pikirkan dengan sangat matang.

Anda juga bisa menggunakan jasa riset pasar online pada kami. Kami bisa membantu anda dalam riset pasar. Atau anda bisa mengakses website riset pasar seperti JAKPAT, marketeer atau menggunakan jasa google ads. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

 

Leave a reply
Startup dan PeranannyaRiset Pasar dalam Menjalankan Bisnis

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Via WhatsApp