sumber : pexels.com

Mencoba peruntungan di dunia bisnis menjadi pilihan sebagian orang. Memiliki bisnis sendiri dirasa lebih baik bagi orang-orang yang enggan bekerja kantoran. Namun perlu diingat bahwa memulai sebuah bisnis tidak semudah yang dapat dilihat. Bisnis-bisnis besar yang ada dimulai dari perjuangan berat dan mungkin berkali gagal. Jadi jika Anda berencana membuat sebuah bisnis penting untuk mempelajari strategi bisnis. Sertabanyaklah belajar dari berbagai kesalahan yang dilakukan pebisnis pemula.

6 kesalahan fatal bisnis

sumber : pexels.com

Sebagai pebisnis pemula jangan pernah meremehkan halyang sederhana. Sebagai pemula tentu banyak tantangan dan hambatan, kegagalan sangat mungkin dialami. Nikmati segala proses dan jangan langsung menyerah jika gagal. Berikut 6 kesalahan fatal yang sering sebabkan bisnis gagal

  • Tidak Membuat Business Plan

Langkah pertama dalam membangun bisnis adalah merancang rencana bisnis ataubusiness plan.Rencana bisnis berisi rencana dan konsep bisnis dengan baik yang akan Anda buat. Semakin matang rancangan rencana bisnis semakin baik pelaksanaan saat Anda mulai membangun bisnis. Rencana bisnis ini berupa tujuan dari bisnis, langkah apa yang harus lakukan, strategi-strategi pemasaran.

Selain itu penting memikirkan rencana preventif yang mungkin akan terjadi, dan hal-hal lain yang penting lain. Ingat, untuk menjadi pengusaha sukses yang dibutuhkan bukan hanya modal nekat. Anda harus memiliki kemampuan menghadapirisiko dengan cara cerdas.

  • Kurang Riset Ide Bisnis

sumber : pexels.com

Sering kali muncul ide-ide yang nyeleneh dari pebisnis pemula. Ide tersebut bisa menjadi kreatif atau inovasi menarik. Namun perlu dipastikan ide tersebut rasional untuk diwujudkan dan menarik konsumen. Untuk itu penting untuk melakukan riset pangsa pasar Anda.Apa ide tersebut dapat diterima pasar, apa memberikan menguntungkan?

Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu dan kemudian mengevaluasinya. Jika kurang yakin Anda dapat mencoba konsultasi pada konsultan bisnis, agar lebih hemat bisa sharing dengan kawan pengusaha yang sudah lebih dulu terjun ke dunia bisnis.

  • Tidak Memiliki Jaringan

sumber : pexels.com

Sudah yakin menjalankan usaha Anda, jangan lupa dengan jejaring usaha.Kesalahan bisnis yang sering dilakukan adalah sedikitnya jaringan. Padahal untuk membuka sebuah usaha bisnis,  amat penting memiliki jaringan yang banyak.

Baca Juga  Analisa kompetitor pada studi kelayakan

Beruntunglah Anda yang memiliki banyak kawan. Jika tidak memiliki banyak jaringan pertemanan Anda harus bersikap lebihterbuka dan berkenalan dengan banyak orang.Jaringan ini dapat membantu mengembangkan bisnis Anda sehingga mendapat banyak keuntungan.

  • Manajemen Keuangan yang Buruk

Bisnis sudah berjalan, memiliki banyak pelanggan tidak membuat bisnis Anda terjamin bertahan. Kesalahan yang sering terjadi adalah pengelolaan keuangan yang buruk.Pengelolaan keuangan juga harus Anda perhatikan dengan benar supaya tidak bangkrut.Perlu diperhatikan adalahmodal yang dibutuhkan.Penting untuk diingat, jangan mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, sekalipun bisnis dibangun dengan modal Anda sendiri.

Usahakan keuangan stabil, pelajari pembukuan yang baik. Jika perlu pekerjaan orang yang ahli dalam hal ini dan dapat dipercaya.

  • Tidak Menerima Masukan

sumber : pexels.com

Sebagai pebisnis pemula jangan pernah puas menerima masukan berupa kritik maupun saran. Baik dari kolega maupun pelanggan. Gunakan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan usaha Anda.

  • Tidak Sabat Ingin Cepat Sukses

Kebanyakan pebisnis pemula ingin cepat sukses dan tidak sabar dengan segala prosesnya. Akibatnya sering mengambil keputusan tanpa memikirkan bagaimana ke depannya. Hal ini sering kali menjadi kerugian bagi usaha Anda.

 

Live Chat
Send via WhatsApp