Dalam dunia bisnis, terutama ketika Anda mengelola bisnis. Perlunya untuk mengenal dan juga melakukan riset kompetitior bisnis untuk bisnis Anda. Meski banyak yang mengatakan bahwa lebih baik untuk berfokus kepada bisnis sendiri dan mindset Anda bukan dengan kompetitor.

Tetapi taukah Anda dengan research market, terutama dengan melakukan riset kompetitor bisnis itu sangat membantu dalam perkembangan bisnis Anda itu sendiri. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu apa itu riset kompetitor bisnis dan juga ke 6 manfaat riset kompetitor.

Riset Kompetitor dalam dunia bisnis

Dalam pengertian tentang riset, riset ini merupakan salah satu strategi yang ada dalam dunia research market (riset pasar) dengan melakukan kegiatan untuk mengetahui tentang produk dan juga cara pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

Singkatnya, riset kompetitor ini adalah proses analisis yang dilakukan oleh Anda atau tim Anda terhadap pesaing bisnis untuk mengetahui segala hal tentang bisnis kompetitor anda. Riset ini mencakup banyak variasi.

Tetapi inti dari riset ini adalah data yang didapatkan akan diolah dan dirubah untuk menjadi sebuah strategi pemasaran bisnis anda agar lebih efektif lagi. Dan dapat bersaing di pasar dengan persiapan yang matang.

Manfaat dalam melakukan riset kompetitor bisnis untuk anda

Melakukan riset kompetitor sebenarnya sangatlah penting. Terdapat beberapa manfaat yang akan Anda dapat dari hasil proses analisis ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mendapatkan ide baru untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda sendiri

Melalui riset yang telah dilakukan, Anda akan mendapatkan banyak inspirasi maupun ide-ide baru untuk meningkatkan bisnis anda. Dari pelayanan maupun kualitas produk yang Anda jual.

Secara umum, strategi ini dapat dilakukan untuk memastikan kepuasan konsumen dengan pelayanan maupun produk yang didapatkan. Jika Anda belum menerapkan strategi ini, Anda dapat mulai mencobanya Agar mendapatkan peningkatan dalam bisnis Anda.

Baca Juga  Kelebihan Sewa Alphard, Fumida Rent

2. Menguatkan dalam segi Brand Positioning dengan riset kompetitor

Dengan mengetahui posisi kompetitor Anda yang meiliki produk sejenis dengan produk Anda. Riset ini dapat memberitahu Anda pada level berapakan produk bisnis Anda berada. Misalnya Anda memperkenalkan produk anda topi dengan brand image tenun.

Brand image tenun berarti produk Anda termasuk jenis dari handcraft. Ini sangatlah penting agar para konsumen mengingat cara pembuatan dari brand anda. Disebut brand positioning, konsumen memiliki alasan untuk memilih produk yang anda miliki.

3. Menentukan strategi pemasaran bisnis Anda

Strategi dalam pemasaran bisa dilakukan dengan memprediksi peluang bisnis yang Anda miliki. Dengan rekam jejak dari kompetitor bisnis dapat digunakan untuk memprediksi. Dari prediksi yang telah didapatkan nantinya dapat diperkuat dengan pengalaman bisnis Anda sendiri, agar anda dapat menentukan cara pemasaran yang sesuai.

Contohnya, bisnis Anda ingin menargetkan ke kelas menengah ke atas, maka anda tahu bagaimana untuk menjalankan strategi dengan memasarkan produk anda di situs e-commerce misalnya dengan tema sesuai produk yang Anda jual.

4. Menggunakan tren terkini yang sedang berkembang di dunia bisnis

Salah satu manfaat dari riset kompetitor bisnis adalah dengan menemukan tren yang sedang berkembang di dunia bisnis maupun sosial media. Misalnya ketika Anda menjalankan bisnis di fashion atau teknologi, maka Anda bisa menemukan tren apa yang sedang muncul saat ini di fashion maupun teknologi.

5. Menggunakan Performa SEO dalam riset kompetitor

Anda telah memilih untuk menjadi seorang pebisnis yang handal dan professional, maka Anda perlu menggunakan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan manusia sekarang. Terlebih banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi dalam hal apapun.

Baca Juga  Kunci Sukses dalam Meningkatkan Brand Equity Bisnis Anda

Seberapa baik performa dalam search engine optimization (SEO) dalam website bisnis yang anda miliki maupun dari kompetitor bisnis Anda. Anda dapat mengetahui juga bagaimana kompetitor anda bersaing pemasaran dalam websitenya.

Kegiatan riset untuk SEO ini memiliki beberapa tahapan, seperti keyword hingga total share yang telah diperoleh pada setiap halaman yang ditulis dalam situs web target tersebut. performa SEO memberikan anda juga pengetahuan tentang pentingnya traffic untuk omset dalam bisnis Anda.

6. Menggunakan jasa market research

Untuk melakukan riset kompetitor bisnis, alangkah lebih baik dan lebih professional dengan menggunakan jasa market research. Anda akan mendapatkan data yang sangat lengkap dari pesaing bisnis Anda dan dapat mengembangkan pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kami berikan kepada Anda, agar Anda dapat mengetahui bahwa sangat penting melakukan riset kompetitor bisnis pesaing anda maupun riset terhadap bisnis Anda sendiri.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?