sumber : pexels.com/ Zhang Kayv

Sebelum lebih jauh mendalam dalam analisa ini anda perlu terlebih dahulu apa itu Analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan sebuah analisa yang dilakukan dengan memperhitungkan empat aspek utama yakni strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), threat (ancaman). Analisis swot yang diartikan secara simpel tersebut bisa anda aplikasikan pada segala macam aspek tak hanya melulu persoalan bisnis. Tentunya anda yang membaca artikel ini adalah seorang calon pengusaha, satu langkah lebih dekat menuju kesuksesan anda. Dalam dunia bisnis tentunya anda ingin membuat bisnis anda berkembang dan menghasilkan profit secara efisien, namun hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus memperhitungkan beberapa aspek yang memiliki pengaruh krusial dalam bisnis anda.

Strength

sumber : pexels.com/ Lina Kivaka

Aspek kekuatan yang dimaksudkan adalah apa saja unique selling point dan plus point dari bisnis yang anda bangun. Dalam sebuah bisnis makanan poin utama yang menjadi ujung tombak kekuatan sebuah bisnis tersebut adalah banyaknya pilihan kuliner yang bisa anda kreasikan agar berbeda dengan para kompetitor anda. Memungkinkan anda untuk membuat sebuah terobosan trend baru yang berbeda dan unique dibandingkan dengan kompetitor anda.

Weakness

sumber : pexels.com/ Dmitry Zvolskiy

Aspek kelemahan yang harus diperhitungkan dari bisnis anda bisa beragam, mulai dari besarnya modal yang dibutuhkan, profit yang sedikit, hingga kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang yang anda pilih bisa menjadi sebuah poin kelemahan. Dalam bisnis kuliner sendiri poin kelemahan yang nomor satu anda harus perhatikan adalah, kualitas bahan makanan anda tidak bisa dijaga dalam waktu yang lama.

Kecuali anda menjual frozen food, bisnis makanan segar seperti kedai makanan, cafe, dan restoran membutuhkan bahan makanan yang segar agar kualitas dan rasa dari kreasi masakan yang anda ciptakan dapat terjaga dan membuat konsumen kecanduan untuk membeli lagi produk anda. Selain dari sifat bahan makanan yang bisa memburuk, sudah banyaknya kreasi makanan diluar sana tentunya membuat bisnis makanan saat ini lebih sulit untuk menjadi bisnis yang unik.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan Surabaya

Opportunity

sumber : pexels.com/ Kokil Sharma

Peluang utama dari sebuah industri kuliner adalah, tidak pernah ada kata berkurangnya konsumen. Semua manusia butuh makan, manusia memiliki sifat bosan dimana mereka haus akan sensasi rasa baru atau yang tidak biasa mereka rasakan setiap hari. Disinilah peluang bisnis makanan selalu terbuka, anda tidak akan kekurangan konsumen kecuali metode pemasaran anda salah.

Peluang lain yang terbuka dari bisnis makanan adalah, pola konsumeris masyarakat indonesia saat ini yang sedang mengalami lonjakan drastis jika dibandingkan sewindu yang lalu. Pola belanja masyarakat indonesia yang berubah seiring dengan perkembangan teknologi informasi, semakin membuka peluang bisnis kuliner. Orang tidak harus keluar rumah untuk membeli makanan namun masyarakat indonesia saat sudah mulai menyukai take away food yang bisa mereka pesan dengan aplikasi yang terpasang di ponsel mereka.

Threat

sumber : pexels.com/ Elle Hughes

Yang menjadi ancaman terbesar dari bisnis ini bukanlah pesaing bisnis makanan lain, negara ini adalah ancaman terbesar dan paling tidak bisa diprediksi. Fluktuasi ekonomi di indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir ini tidak tentu arahnya, selain semakin membuat investor asing ragu untuk menanamkan modalnya namun juga berakibat pada terpangkasnya profit yang bisa anda dapatkan dalam bisnis kuliner anda.

Dengan situasi ekonomi yang fluktuatif maka harga bahan pangan dapat berubah-ubah setiap saat, meskipun minim kemungkinan untuk langsung menggulung tikar anda namun, hal seperti ini sudah pasti memotong profit anda. Ancaman ini adalah ancaman yang tidak bisa anda atasi sendirian, dan tidak hanya merugikan anda melainkan juga merugikan pebisnis lainnya.

Live Chat
Send via WhatsApp