Survey kelayakan bisnis adalah proses analisis yang dilakukan untuk mengevaluasi kemungkinan keberhasilan sebuah bisnis sebelum bisnis tersebut dimulai atau diambil alih oleh investor yang potensial. Survey ini melibatkan penilaian menyeluruh terhadap aspek-aspek bisnis yang mencakup analisis pasar, analisis teknis, analisis operasional, dan analisis finansial.

Dalam proses tersebut, risiko-risiko yang terkait dengan bisnis juga dinilai dan strategi dirancang untuk mengurangi dampak dari risiko-risiko tersebut. Ada beberapa aspek yang dinilai dalam survey kelayakan bisnis, yakni meliputi:

1. Analisis Pasar

Analisis pasar melibatkan penilaian terhadap permintaan dan penawaran di pasar. Sebab, hal tersebut berupaa proses untuk mengevaluasi permintaan dan penawaran di pasar terkait dengan bisnis yang akan dijalankan.

Dalam hal ini, penting untuk memahami tren dan kebutuhan pasar yang mungkin mempengaruhi potensi sukses bisnis. Sehingga bisa memenuhi permintaan masyarakat terkait dengan pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

2. Analisis Teknis

Analisis teknis dalam hal ini berupa proses evaluasi terhadap infrastruktur dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Analisis ini mencakup evaluasi terhadap sistem, teknologi, dan peralatan yang digunakan dalam operasi bisnis.

Tujuan dari analisis teknis adalah untuk memastikan bahwa bisnis memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk beroperasi secara efektif dan efisien. Dengan begitu, maka bisnis yang sedang dijalankan dapat bersaing dengan pengusaha yang lain.

3. Analisis Operasional

Analisis operasional adalah proses evaluasi terhadap kemampuan bisnis untuk menjalankan operasinya secara efektif dan efisien. Analisis ini mencakup evaluasi terhadap proses produksi, manajemen operasional, dan sistem pengendalian kualitas.

Tujuan dari analisis operasional adalah untuk memastikan bahwa bisnis dapat menjalankan operasinya dengan baik dan memberikan layanan atau produk yang berkualitas kepada konsumen. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam analisis operasional antara lain proses produksi, manajemen operasional, dan inovasi.

Baca Juga  3 Alasan Pentingnya Jasa Studi Kelayakan Bisnis

4. Analisis Finansial

Analisis finansial dalam studi kelayakan bisnis adalah proses evaluasi terhadap potensi keuangan bisnis. Analisis ini mencakup evaluasi terhadap proyeksi pendapatan, biaya, dan keuntungan bisnis, serta evaluasi terhadap sumber dan penggunaan dana bisnis.

Tujuan dari analisis finansial adalah untuk memastikan bahwa bisnis memiliki potensi keuangan yang cukup untuk bertahan dan tumbuh di pasar. Analisis finansial ini mencakup perencanaan keuangan jangka panjang dan pendek, pengelolaan arus kas, dan analisis terhadap aspek-aspek keuangan lainnya.

5. Analisis manajemen

Analisis manajemen yaitu evaluasi terhadap kemampuan manajemen bisnis dalam menjalankan operasinya. Meliputi evaluasi terhadap struktur organisasi, kebijakan manajemen, dan kualifikasi manajemen.

6. Analisis Sosial dan Lingkungan

Analisis sosial dan lingkungan yakni evaluasi terhadap dampak sosial dan lingkungan dari bisnis. Meliputi evaluasi terhadap pengaruh bisnis terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan di sekitarnya.

Perhatikan juga bagaimana pengelolaan limbah yang berasal dari tempat bisnis Anda. Jangan sampai menimbulkan masalah di kemudian hari. Berikan tempat khusus untuk menampung limbah.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam analisis finansial antara lain proyeksi pendapatan, biaya, dan keutungan. Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting yaitu analisis rasio keuangan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan bisnis diukur dengan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas.

Setelah melakukan survey kelayakan bisnis, dapat dilakukan penilaian terhadap risiko-risiko yang terkait dengan bisnis tersebut. Risiko-risiko ini harus dievaluasi secara hati-hati dan strategi harus dirancang untuk mengurangi dampak dari risiko-risiko tersebut. Jadi, survey ini dapat membantu investor dalam membuat keputusan yang tepat tentang investasi mereka.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?