Internet dapat menjadi alat yang efektif dalam melakukan riset pasar; terutama karena Internet digunakan oleh konsumen dan bisnis. Riset pasar dapat dilakukan dengan melakukan pencarian kata kunci untuk produk tertentu, menerbitkan survei atau kuesioner untuk konsumen, dan bahkan dengan membaca jurnal perdagangan dan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan dan bisnis lain. Meskipun metode riset pasar yang Anda gunakan dapat bervariasi tergantung pada sifat topik yang Anda teliti, Anda dapat menggunakan artikel ini untuk mempelajari cara paling efektif untuk melakukan riset pasar online.

1 Lakukan pencarian kata kunci pada produk yang Anda cari.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan siapa pesaing Anda. Pencarian kata kunci dapat dilakukan di mesin pencari Internet atau di aplikasi jejaring sosial utama. • Pergi ke mesin pencari Internet seperti Google atau Bing dan masukkan kata kunci yang terkait dengan produk yang Anda cari. Misalnya, jika Anda melakukan riset pasar untuk mendapatkan strategi untuk menjual komputer yang diperbaharui, masukkan kata kunci yang akan digunakan konsumen, seperti “penawaran terbaik untuk komputer yang diperbarui” untuk meninjau hasil yang muncul di mesin pencari. • Gunakan aplikasi jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook untuk melihat apa yang didiskusikan pengguna terkait dengan kata kunci tertentu. Misalnya, jika Anda ingin meninjau apa yang dikatakan pengguna tentang kupon online, buka bidang pencarian di Twitter dan masukkan frasa seperti “kupon online terbaik” dan tinjau hasil pencarian.

2. Cari nama-nama pesaing Anda secara online.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan bagaimana pesaing Anda memasarkan diri mereka sendiri dan siapa yang menyebutkan pesaing Anda di situs web atau blog mereka sendiri. • Ketikkan nama pesaing ke mesin pencari apa pun dan periksa hasil pencarian. Jika situs web atau blog tertentu memposting konten tentang pesaing Anda, tautan ke konten mereka akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

3 Buat survei online dan tampilkan di situs web perusahaan Anda.

Konsumen dan peserta lain dapat memberi Anda umpan balik gratis melalui survei online. • Ada berbagai situs web yang memungkinkan Anda membuat survei. Ketikkan frasa kata kunci ke mesin pencari apa pun seperti “kembangkan survei online” untuk meninjau daftar situs web yang menawarkan layanan ini. • Masukkan pertanyaan tertutup ke dalam survei atau kuesioner dan batasi jumlah pertanyaan tidak lebih dari 25, yang akan memungkinkan peserta menyelesaikan survei dalam 7 menit atau kurang.

4 Gunakan alat web untuk membantu Anda dengan riset pasar.

Beragam alat ada di Internet yang memungkinkan Anda melacak metrik riset pasar; seperti Google Analytics dan Alat Kata Kunci Google Adwords. • Gunakan Alat Kata Kunci Google Adwords untuk mengukur penggunaan kata kunci di situs web Anda, dan menggunakan Google Analytics untuk meninjau metrik situs web seperti kunjungan, tampilan halaman, dan banyak lagi.

5 Tinjau data tentang perusahaan Anda yang telah dipublikasikan oleh organisasi lain.

Bergantung pada pasar tempat Anda tinggal, Anda mungkin dapat menemukan umpan balik konsumen dan data pemasaran tentang perusahaan Anda di situs web pemerintah atau di jurnal perdagangan online. • Kunjungi situs web seperti Kamar Dagang setempat, Biro Statistik Tenaga Kerja negara Anda, situs web untuk organisasi seperti Asosiasi Bisnis Nasional, dan banyak lagi. • Buka situs web “Fast up Front” yang ditampilkan di bagian Sumber artikel ini, lalu klik tautan di dalam tubuh artikel yang berjudul “pos sumber daya pemerintah gratis,” yang akan mengarahkan Anda ke daftar lengkap situs web dengan sumber daya riset pasar bebas.

Live Chat
Send via WhatsApp