Keberadaan aplikasi zoom sangat membantu berbagai kegiatan manusia saat ini. Karena pada saat pandemi ini, orang-orang tidak diharuskan untuk berada dalam ruangan tertutup. Akan tetapi, rapat serta kegiatan penting lainnya harus tetap dijalankan agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, zoom sebagai aplikasi video conference sangat bermanfaat. Namun, Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut dengan baik.

Mengetahui cara menggunakan aplikasi ini merupakan hal wajib. Karena, aplikasi zoom ini banyak digunakan untuk pendidikan (kegiatan belajar dan mengajar), pekerjaan (meeting), seminar online, konferensi ilmiah, perlombaan dan lainnya. Oleh karena itu, semua pihak harus mengetahui hal ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Baik di Smartphone dan PC

Aplikasi zoom ini bisa digunakan di berbagai perangkat seperti pc atau komputer, smartphone, tab dan lainnya. Aplikasi ini bisa Anda peroleh dari Google Play Store secara gratis. Namun, itu hanya berlaku untuk akun basic dan pastinya terdapat kekurangan di dalamnya. Akan tetapi, jika ingin memiliki akun premium maka Anda harus membayar ($ 14.99) untuk memiliki akun tersebut.

Namun, akun premium memiliki beberapa kelebihan seperti bisa invite banyak user sampai 100 orang, durasi grup meetingnya berlaku selama 24 jam. Sedangkan versi basic hanya bisa melakukan grup meeting kurang dari satu jam serta user yang bisa di invite hanya 40 orang saja. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pada masing-masing akun tersebut Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai yang mana.

Setelah itu, Anda juga harus tahu bagaimana memakai aplikasi zoom tersebut, yaitu:

Smartphone

Perangkat pertama yang bisa Anda gunakan adalah smartphone untuk memakai aplikasi zoom tersebut. Sebelum digunakan, pastikan Anda telah mendownload dan install aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini, yaitu:

  • Buka aplikasi zoom
  • Lakukan sign up untuk mendaftar. Anda bisa memakai akun gmail, facebook ataupun SSO. Pilihlah cara mana saja yang paling Anda suka.
  • Jika memakai gmail maka nanti Anda harus input alamat email masing-masing dan nanti klik tombol verifikasinya
  • Jika memakai facebook, maka Anda harus accept term and condition yang diberikan oleh zoom
  • Sedangkan untuk SSO harus melalui domain perusahaan
  • Ikuti setiap proses yang ada, tentukan ID dan passwordnya
  • Lalu loginlah dengan memakai ID yang telah Anda buat
Baca Juga  Cara Memvalidasi Data Responden

Setelah login, Anda bisa klik tombol join untuk mengikuti grup meeting yang dibuat orang lain. Caranya cukup input meeting ID dan passwordnya. Pastikan Anda telah membuat nama akun sehingga mudah dikenal. Anda juga bisa mengatur apakah harus mematikan audio dan video pada awal zoom meeting atau tidak.

Jika ingin membuat meeting baru maka klik bagian “new meeting”. Namun, pastikan Anda telah mengetahui ID meeting yang akan dibuat serta passwordnya. Kemudian, bagikan hal ini kepada peserta grup meeting. Setelah itu, Anda masuk terlebih dahulu kemudian “accept” setiap permintaan bergabung yang masuk.

PC

Cara menggunakan aplikasi zoom pada pc tidak jauh berbeda dengan yang berada di smartphone. Bahkan, Anda bisa mengikuti grup meeting dengan perangkat apapun asalkan memiliki ID meeting dan passwordnya. Untuk cara pemakaiannya juga tidak berbeda dengan yang ada di smartphone. Namun, pada versi pc Anda bisa ikut zoom tanpa harus login terlebih dahulu. Cukup input meeting ID, password, atur nama pengguna dan aktivasi audio dan video dan Anda tinggal menunggu untuk bergabung pada grup meeting tersebut.

Nah, itulah cara menggunakan aplikasi zoom yang harus Anda ketahui. Karena dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan berbagai hal dengan mudah melalui zoom itu. Selain itu, Anda bisa mengetahui berbagai hal tentang aplikasi ini agar video conference yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

Live Chat
Send via WhatsApp