Bagi umat muslim yang sering bepergian dengan kereta tentu harus tahu bagaimana cara sholat di kereta yang baik dan benar. Karena Anda tetap bisa menjaga ibadah walaupun berada dalam perjalanan jauh terutama ketika memakai kereta api.

Cara melakukannya sangatlah mudah dan praktis. Namun, perlu diingat hal ini hanya berlaku ketika kamu sedang dalam perjalanan jauh. Jika menggunakan motor, mobil atau bus dan bisa istirahat maka sholatlah di musholla atau masjid terdekat.

Karena, tempat ibadah tersebut memiliki lingkungan yang lebih ideal untuk beribadah.

Cara Wudhu Ketika Dalam Perjalanan

Sebelum Anda mengetahui cara sholat di kereta tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara wudhu ketika dalam perjalanan. Sebenarnya, Islam sangat menganjurkan untuk wudhu dengan memakai air bersih walaupun berada di kereta.

Tetapi, dengan catatan airnya terjamin bersih dan tidak terkontaminasi zat yang bisa membatalkan wudhu dan sholat. Jika ingin menjaga hal ini maka Anda lebih baik wudhu dengan air mineral yang tersedia banyak di kereta.

Jika tidak yakin maka lebih baik bertayammum saja. Tentunya tayammum lebih praktis daripada wudhu memakai air saat dalam perjalan di kereta.

Adapun tata cara tayammum antara lain:

  • Niat tayammum
  • Kemudian meletakkan tangan ke benda yang terjamin bersih (bisa kursi, jendela atau tempat lainnya di kereta).
  • Kemudian, tepuk-tepuk kedua tangan dan usapkan ke wajah, tangan dan kaki sebanyak 3 kali.

Cara Sholat di Kereta

cara sholat di kereta

Sebagai umat Islam tentu sudah tahu bahwa sholat haruslah menghadap kiblat. Namun, Anda bisa sholat tidak menghadap kiblat jika sedang dalam perjalanan yang mudah berpindah arah sehingga arah kiblat menjadi sulit ditentukan.

Namun, berbeda ketika berada di kereta yang biasanya berada pada jalur yang sama sehingga penentuan arah kiblat menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, sebelum sholat pastikan kamu sudah tahu arah kiblatnya.

Baca Juga  Memahami Kebijakan Ekonomi Pemerintah Jokowi

Jika tidak tahu maka gunakan gadget masing-masing dan cari tahu secara online arah kiblat tersebut. Setelah menemukan arahnya dengan benar dan sudah wudhu maka sekarang Anda harus tahu cara sholat di kereta tersebut.

Sebenarnya sholat yang diterima adalah yang dilakukan dengan berdiri. Namun, mengingat kereta di Indonesia tidak memiliki gerbong khusus untuk musholla maka sholat harus dilakukan di bangku masing-masing yang tidak memungkinkan untuk sholat sambil berdiri.

Jika demikian, maka Anda diperbolehkan sholat sambil duduk. Bolehnya sholat di kereta merupakan hasil qiyas dari bolehnya sholat di atas kapal yang artinya “shalatlah dalam keadaan berdiri, kecuali kamu takut tenggelam”.

Jadi, melalui hadist di atas Anda bisa melakukan sholat sambil duduk. Namun, perhatikan ketika sholat buatlah perbedaan antara sujud dan rukuk. Pastikan sujudnya lebih rendah dari rukuk.

Kemudian, Anda tinggal membacakan ayat masing-masing pada setiap gerakan sholat. Cara sholat di kereta ini lebih baik Anda lakukan ketika melakukan perjalanan jauh di mana jamak dan qashar tidak mungkin dilakukan. Jika masih memungkinkan maka sebaiknya jamak dan qashar saja ketika turun dari kereta.

 

Live Chat
Send via WhatsApp