Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah kesuksesan perusahaan dalam memberikan produk dan pelayanan baik untuk konsumen maupun pelanggan. Hal tersebut dilakukan agar pelanggan tetap setia dan terus tertarik terhadap produk atau jasa yang diminta.

Untuk membuktikan hal tersebut, perusahaan juga memakai alternatif melakukan survei kepuasan pelanggan dengan memahami seberapa puas pelanggan akan produk atau jasa dan pelayanannya. Perusahaan bisa mengukur produk barang mana yang banyak diminati dan dijadikan evaluasi.

Pengertian Survei Kepuasan Pelanggan

Kegiatan ini melibatkan dua pihak, yaitu pelanggan dengan perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan perusahaan ke pelanggan apakah sudah puas atau sebaliknya. Survei bisa dilakukan secara offline maupun online.

Dan dalam surveinya bisa dilakukan minimal satu kali atau dua kali saja dengan acuan waktu yang biasa digunakan adalah satu dalam 4 bulan, satu semester, atau satu tahun. Tergantung pada kebutuhan perusahaan dan hasilnya menjadi acuan perusahaan dalam berkembang.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan dalam Melakukan Survei

Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan dalam melakukan survei:

1. Petugas Survei

Perusahaan membutuhkan petugas survei untuk memberikan materi kepada pelanggan dengan kriteria petugas memiliki kemampuan dalam menganalisa maupun memahami para pelanggan. Nanti bentuk atau jenis survei terserah kebutuhan perusahaan.

2. Koordinator (CO) Perusahaan

Perusahaan juga membutuhkan tim yang bertugas sebagai koordinator dengan tugas utama sebagai pengawas dan memastikan petugas survei bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Petugas survei dan koordinator harus bekerjasama dalam melancarkan survei.

3. Menyiapkan Materi Survei

Poin dalam mengadakan survei adalah adanya materi yang akan dibagikan ke konsumen maupun pelanggan dan dalam membuat materinya perlu dipertimbangkan dalam beberapa aspek agar matang dan tepat sasaran.

Baca Juga  6 Langkah Pekerjaan Jasa Riset Pemasaran

4. Menyiapkan Data Pelanggan

Namanya survei, data pelanggan juga perlu, meliputi data-data penting yang akan jadi tarfet survei. Adannya data pelanggan memudahkan perusahaan dalam membagi respon ke dalam beberapa kelompok.

3 Cara Survei Kepuasan Pelanggan

Berikut 3 cara survei kepuasan pelanggan yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Survei Bentuk Form

Form yang dibuat perusahaan bisa dalam bentuk offline maupun online, dan pelanggan hanya perlu mengisi form dengan seksama dan sesuai kenyataan alias berdasarkan pengalaman dari produk atau jasa yang diberikan perusahan.

Isi form meliputi pertanyaan dasar mulai dari skala nilai sesuai produk atau jasa terkait. Saran untuk perusahaan, sampai perbandingan antara produk milik perusahaan dengan kompetitor. Jadi cukup efisien.

2. Customer Business Meeting

Melalui CBM, perusahaan akan menggelar pertemuan dengan para pelanggan agar mengetahui masukan dan feedback dari pengguna produk atau jasa secara langsung. Cara ini sering digunakan perusahaan untuk tempat diskusi akan produk.

Ada cara lain, berupa Lost Customer Analysis dimana perusahaan bisa melakukan survei sederhana dan diberi nama lost customer analysis. Teknik ini mengharuskan perusahaan mencari penyebab kenapa pelanggan berhenti berlangganan menggunakan jasa atau produk perusahaan.

Pentingnya Survei Kepuasan Pelanggan untuk Perusahaan

Peranan pentingnya lebih ke kemajuan perusahaan dan berikut penjelasannya:

1. Menjadi Acuan dalam Menilai Tingkat Kepuasan Pelanggan

Survei dapat membantu perusahaan dalam menilai tingkat kepuasan pelanggan akan produk atau jasa yang dipunya perusahaan. Tanpa ada feedback dari pelanggan, membuat perusahaan susah dalam menerka-nerka apa keinginan dari pelanggan.

2. Sebagai Acuan Menentukan Keputusan di Masa Mendatang

Survei bisa menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan di masa kini atau mendatang dengan melibatkan banyak aspek, mulai perencanaan, pengumpulan, analisis, hingga laporan informasi. Aspek-aspek tersebut bisa diketahui secara mudah dengan adanya survei.

Baca Juga  5 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar Online

Itulah penjelasan tentang Pengertian Survei Kepuasan Pelanggan, semoga bermanfaat.

Live Chat
Send via WhatsApp