Kepuasan pelanggan perlu dikukur dan dilakukan secara berkala, Hal tersebut berguna sebagai evaluasi bersama agar perusahaan atau brand semakin baik lagi dalam memberikan pelayanan produk ke pelanggan. Indikator kepuasan pelanggan itu perlu.

Skor kepuasan pelanggan atau CSAT lebih mengukur secara rata-rata mulai dari puas tidaknya pelanggan, layanan yang diberikan perusahaan, program kesuksesan bagi pelanggan. Pada skor kepuasan juga nanti ditanyakan skala 1-3, 1-5, atau 1-7.

Skor ini dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah semua skor dan membaginya dengan jumlah responden. CSAT merupakan metode skor kepuasan pelanggan yang paling umum digunakan. Merupakan metrik yang digunakan untuk evaluasi pengalaman pelanggan.

Skor Indikator Kepuasan Pelanggan CES

CES mirip dengan CSAT, hanya saja perusahaan meminta konsumen untuk mengukur kemudahan pengalaman perusahaan. Cara ini lebih mengukur kemudahan pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan.

Ada juga Net Promoter Score (NPS), yang lebih berisikan pertanyaan seberapa besar pelanggan atau konsumen bisa merekomendasikan produk atau jasa perusahaan ke teman-temannya, atau kolega. Ini mengukur kepuasan sekaligus loyalitas pelanggan.

Tiga kategori dalam skor ini, diantaranya kategori pencela, pasif, dan promotor. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, diantaranya: ada aksesibilitas, customer service, kemudahan akses, dan Bahasa yang digunakan.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator kepuasan pelanggan sangat penting untuk perusahaan, terutama pengusaha, dikarenakan bisnis bisa berjalan jika pemilik badan usaha memperhatikan kepuasan konsumen saat menggunakan jasa atau produk dari perusahaan.

Jika konsumen merasa puas, maka bisa menjadi pelanggan tetap atau setia terhadap produk perusahaan. Memperhatikan kepuasan konsumen memang perlu agar rencana bisnis kedepannya lebih matang.

Fungsi IKP

Fungsi dari indikator ini penting dalam menjalankan bisnis yang ada, sebagai tingkatan evaluasi untuk terus maju dan berkembang dalam memproduksi barang jasa kebutuhan masyarakat. Perusahaan bisa memberikan pelayanan yang diinginkan konsumen tanpa menghilangkan kualitas.

Baca Juga  Cek Lengkap Pengertian Survei Kepuasan Pelanggan

Era digital ini memungkinkan perusahaan bisa membuka survei kepuasan pelanggan secara online, dan dimanfaatkan betul agar mendapatkan impact banyak ke perusahaan, baik negatif maupun positif. Perusahaan nantinya akan bisa menganalisis lebih dalam terhadap tingkat kepuasan konsumen.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indikator

Berikut faktor yang menjadi indikator kepuasan pelanggan, diantaranya:

1. Kualitas Produk atau Jasa

Pemilik usaha tidak hanya membuat bisnis tetapi juga harus dapat mempertahankan kualitas produk, untung jika kualitasnya dinaikkan atau diupgrade. Meningkatkan kualitas agar pelanggan bisa menjadi setia akan produk yang ada.

2. Kualitas Customer Service

Kualitas pelayanan dalam komunikasi juga perlu dilakukan agar muncul nilai kepuasan untuk konsumen. Konsumen akan senang bila mendapatkan kualitas pelayanan yang responsif sehingga memunculkan kebutuhan konsumen yang ramah.

3. Harga

Harga yang diberikan oleh perusahaan dalam produk atau jasa harus sesuai dengan nilai barang yang ditawarkan. Konsumen senang akan harga barang yang relatif murah dan akan lebih baik lagi jika perusahaan menerapkan strategi promosi yang menarik perhatian konsumen.

4. Aksesbilitas yang Mudah

Konsumen mudah dalam mendapatkan jasa atau produk dengan tanpa biaya dan usaha tambahan. Jadi, lebih praktis dan mudah, bisa meningkatkan kebutuhan tanpa harus bersusah payah dalam memesannya.

Jenis Indikator Kepuasan Pelanggan

Jenis indikator ini dibagi menjadi dua, diantaranya indikator jenis fungsional dan psikologikal, dengan fungsional yang lebih ke kepuasan yang diperoleh pelanggan dari fungsi pemakaian produk, contohnya minum karena haus.

Untuk indikator jenis psikologikal lebih ke kepuasan pelanggan yang diperoleh tidak berwujud fisik. Contohnya, perasaan bahagia karena mendapat permainan mahal yang jarang orang punya.

Itulah penjelasan tentang contoh Contoh Skor dan Indikator Kepuasan Pelanggan, semoga bermanfaat.

Live Chat
Send via WhatsApp