Membuat studi kelayakan bukanlah hal yang mudah, hal ini perlu pengalaman dalam menyusunnya. Bisa saja studi kelayakan yang disusun oleh tim yang belum pengalaman jadi namun teman teman perlu ingat menyusun studi kelayakan ibarat menyusun perencanaan ( mapping jangka panjang maupun menengah ) diperlukan kecermatan didalam menyusunnya dari berbagai macam aspek penyusunan jasa pembuatan studi kelayakan bisnis. Apa saja faktor faktor yang di susun dalam studi kelayakan bisnis dan bagaimana cara menyusunnya secara garis besar ?

Studi kelayakan sendiri merupakan proses bagaimana menganalisa suatu peluang apakah peluang tersebut dapat terealisasikan atau tidak. Serta bagaimana implementasinya didalam bisnis. Sekarang mari kita ulas aspek aspek apa saja yang minimal di ulas dalam sebuah penyusunan studi kelayakan.

  • Aspek Umum

Aspek umum ini menjelaskan bagaimana latar belakang di mulai dan di analisisnya sebuah penelitian, hal apa saja yang mempengaruhinya sehingga penelitian tersebut dilakukan apa urgensinya bisnis kita dilakukan sekarang. Hal ini harus di jelaskan secara tajam apakan deman yang cukup tingggi atau portfolio yang mendukung atau urgensi pemerintah atau lainnya.

  • Aspek Legalitas

Aspek legalitas paling sedikit mengulas tentang peraturan peraturan pemerintah serta perizinan perizinan yang di perlukan guna memulai usaha. Apakah perizinan sudah layak atau masih ada yang perlu di lengkapi. Mulai dari NIB, Izin prinsip, izin operasional dan izin lainnya.

  • Aspek Teknis

Aspek ini mengulas bagaimana teknisnya baik dari segi mesin ataupun bentuk produk yang akan di jalani apakah memenuhi unsur unsur teknis serta aspek teknis ini juga akan di kaji secara keuangan apakah mesin atau bentuk produk yang di gunakan dapat efisien secara biaya atau justru sangat boros.

  • Aspek SDM
Baca Juga  Studi Kasus Riset Kepuasan Pelanggan di Industri Layanan Keuangan

Aspek ini paling sedikit mengulas bagaimana job desk sdm dan kompetensi yang di butuhkan serta banyaknya tim yang digunakan. Serta besarnya gaji dan juga sop yang akan di jalankan oleh tim dan manajemen. Sehingga pada saat menjalankan semua sudah sesuai dengan jobdesk dan perannya masing masing.

  • Aspek Pasar dan Pemasaran

Dalam aspek pasar dan pemasaran ini mengulas berapa deman dan supply serta dimana kita akan menemukannya, bagaimana demografinya bagaimana prilakunya serta seberapa besar permintaan pasarnya. Tidak kalah menarik tentu kita harus mempelajari supplynya berapa banyak berapa penjualannya dan juga bagaimana ekosistem ini bekerja. Siapa kompetitornya potitioning kita terhadap kompetitor sehingga ketika kita menjalani bisnis kita dapat menempatkan komnpetitor dan produk kita secara layak.

  • Aspek Keuangan

Aspek ini menjadi sangat penting bisa dibilang merupakan rangkuman dari aspek aspek terdahulu, dari aspek ini kita dapat mengetahui proyeksi laba proyeksi cashflow proyeksi biaya serta bagaimana NPV (net present value) proyek serta indikator indikator keuangan lainnya seperti BEP, IRR, ROI (return of Invesment) serta analisa sensitifitas. Kebanyakan kesalahan dalam menyusun studi kelayakan bisnis yang di lakukan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan tidak nyambungnya antara aspek aspek sebelumnya dengan aspek keuangan. Padahal sama kita tau aspek keuangan merupakan kesimpulan dari aspek aspek sebelumnya.

Kalau lah aspek keuangan salah dalam menyusunya itu berarti kesimpulan yang di ambil salah (analisa dalam melakukan studi kelayakan bisnis) kurang tepat. Sebaiknya sebelum melakukan atau menyususn studi kelayakan Surveyners cek dulu portfolio perusahaan dan pengalaman jangan hanya fokus di harga saja sebab kalau kesimpulannya salah maka arah bisnis yang akan di jalankan salah. Tentu berakibat kurang baik bagi bisnis kamu bukan ? Jadi Surveymin menyarankan untuk memilih Jasa Pembuatan studi kelayakan yang kredibel ya. Untuk artikel lain tentang studi kelayakan teman teman boleh main ke link berikut. Jasa Studi Kelayakan

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?