Apa yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis? Memang sebuah perusahaan menginginkan supaya nantinya dapat berjalan baik semua lini bisnisnya.  Setiap pemegang saham  ataupun pemilik perusahaan itu sendiri memang menginginkan agar usaha dan bisnisnya tersebut sesuai dengan rencana yang telah dilakukan.  Maka dari itu jasa pembuatan studi kelayakan bisnis patut untuk kemudian diperhitungkan dalam penggunaannya demi kelancaran daripada bisnis perusahaan tersebut.

Studi Kelayakan Bisnis | Seventh Grace Consulting

Studi kelayakan bisnis sendiri  ini merupakan serangkaian proses yang berlangsung dengan sedemikian rupa terkontrol untuk kemudian melakukan identifikasi terhadap peluang,  masalah,  penentuan terhadap tujuan,  situasi yang pernah tergantikan,  identitas hasil yang sukses dapat ditentukan dan biaya serta manfaat dapat dinilai yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang bersifat alternatif.

Studi kelayakan bisnis ini sendiri memang begitu diperlukan supaya nantinya dapat memecahkan masalah-masalah yang terjadi, tetapi terlepas dari itu studi kelayakan bisnis tidak berguna sekali untuk penyusunan terhadap segala aspek yang ada di dalam studi kelayakan seperti halnya aspek pemasaran,  pasar,  keuangan,  sumber daya manusia.  Lalu apakah tujuan dari pada studi kelayakan bisnis untuk perusahaan?

Studi kelayakan bisnis dapat terhindar dari kerugian

Bisa dibilang memang tidak ada perusahaan yang nantinya akan merugi,  maka dari itu studi kelayakan bisnis di sini hadir untuk kemudian pemecahan masalah dapat ditentukan  dan solusi untuk proyek dan arah bisnis dapat berjalan dengan baik.  Apabila muncul kerugian perusahaan dalam analisanya, yang kemungkinan hal tersebut akan lebih besar lagi, maka sebaiknya Anda  memilih dengan cara berpikir ulang tentang jenis usaha yang memang akan anda lakukan kelak.

  • Melakukan perencanaan dengan lebih mudah
  • Kemampuan dalam hal pengendalian dan juga pengawasan

Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut

  • ide
  • penelitian
  • evaluasi
  • pengurutan usulan yang dianggap layak
  • rencana pelaksanaan yang baik
  • pelaksanaan
Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan, Apa Saja Manfaatnya?

 Lalu siapa sajakah yang memperoleh manfaat dari jasa ini?

Mengapa studi kelayakan harus dilakukan oleh perusahaan dan siapa sajakah yang nantinya akan menerima manfaat dari pelaksanaan studi kelayakan ini?

Pemilik usaha:  ketika mempergunakan jasa pembuatan studi kelayakan sendiri akan bisa memberikan gambaran yang begitu sesuai atau sebaliknya dalam ranah sistem usaha tersebut,  layak ataupun tidak dari sebuah proyek ataupun bencana dengan timnya akan dijalankan dan juga ada pengembangan bisnis.

Kreditor:  studi kelayakan yang memiliki hasil yang bagus tentunya akan meningkatkan kepercayaan kreditur langsung kepada pengusaha nya,  tentunya kepercayaan akan diperoleh oleh perusahaan yang sejahtera lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang mempunyai risiko.

Pemerintah:   terhadap sebuah studi kelayakan bisnis pemerintah memiliki kepentingan yang sendiri,  perlunya pemerintah nantinya akan dibantu oleh studi kelayakan bisnis yang baik dalam hal menciptakan lapangan kerja untuk masyarakatnya

Masyarakat:  di sekitaran tempat usaha masyarakat yang menginginkan informasi mengenai studi kelayakan usaha tersebut, dikarenakan adanya kaitan dengan lingkungan serta sosial ekonomi yang ada.  Diharamkan memang hasil dari pada studi kelayakan nantinya oleh masyarakat adalah perusahaan yang terkenal begitu ramah lingkungan serta peluang lapangan kerja juga akan diberikan dengan begitu besarnya bagi masyarakat

Manajemen:  kebutuhan akan informasi yang berasal dari studi kelayakan bisnis juga dibutuhkan oleh sistem dan pihak manajemen,  inilah yang menggantikan jikalau indikator sebaik mana kualitas daripada manajemen tersebut telah berhasil diterapkan dengan begitu saja.

Dalam melakukan uji kelayakan, apakah Anda siap? Sebaiknya Anda memilih konsultan jasa studi kelayakan bisnis yang memang sudah berpengalaman,  dan juga kompetensi yang telah mereka miliki.  Disamping itu juga negosiator yang biasanya dibuka oleh pihak penyedia jasa tersebut maka dari itu sebaiknya Anda juga memilih sesuai  konsultan yang anda anggap terbaik untuk bisnis anda dengan budget yang dimiliki.

Live Chat
Send via WhatsApp