Responden juga disebut dengan penjawab atas pertanyaan yang diajukan. Kata ini biasa digunakan dalam kegiatan penelitian. Jasa mereka penting untuk mendukung sebuah riset. Contohnya, research mengenai kepuasan konsumen produk A dan B.

Setiap riset memiliki karakter berbeda. Namun menjadi sama karena semua membutuhkan responden. Dewasa ini tidak butuh waktu lama untuk memperoleh penjawab karena bisa melalui media online. Misalnya saja sebuah startup transportasi online ingin mengetahui minat konsumen. Maka, mereka harus memberikan sejumlah petanyaan di aplikasi dengan menambahkan fitur ‘kritik dan saran’. Dengan sendirinya, suara terpenuhi.

Berbeda halnya dengan penelitian yang cakupannya kecil. Misalnya, mahasiswa ingin melakukan riset A di wilayah yang telah ditentukan. Dia harus datang ke lokasi dan memberikan pertanyaan. Sayangnya, tidak jarang penduduk dari daerah tersebut berkenan untuk menjawab setiap pertanyaan. Kalau sudah seperti ini akan mengganggu proses riset
Berikut merupakan ulasan mengenai metode pengumpulan data. Meskipun terdengar sepeleh, namun nyatanya tanpa responden, penelitian tidak akan berjalan dengan semestinya.

Wawancara

Metode wawancara menjadi salah satu langkah yang sering dilakukan untuk mendapatkan informasi terperinci dan mendalam. Penelitian kualitatif memfokuskan pada teknik ini, rangkaian huruf merupakan patokan utama. Seiring berkembangnya teknologi, interview tidak perlu dilakukan secara langsung kepada responden. Namun, bisa juga melalui email, telepon, dan media lain.

Observasi

Metode kedua ini lebih kompleks dibanding dengan pertama. Hal tersebut dikarenakan tahap observasi menuntut peneliti untuk melibatkan banyak pihak dan sesuai untuk riset mengenai perilaku manusia, gejala alam, dan berbagai peristiwa yang tidak membutuhkan banyak penjawab. Otomatis, hanya responden pilihan yang akan diambil sebagai contoh.

Angket

Selanjutnya metode yang sering disebut kuesioner. Langkah ini bisa digunakan untuk responden berjumlah besar dan mencakup wilayah luas. Hal itu dikarenakan dalam prosesnya Anda hanya perlu menyediakan beberapa pertanyaan yang sudah ditulis, kemudian dijawab pada waktu itu juga. Bentuk pengumpulan data tersebut sangat cocok untuk penelitian yang sifatnya mengukur variabel pasti.

Sedangkan dalam pelaksanaanya angket dibagi menjadi dua, yaitu tertutup yang mana responden tidak diberikan hak untuk menjawab secara bebas. Kedua, terbuka penjawab diberi kesempatan untuk mengisi pertanyaan sesuai dengan apa yang dialami. Jelas, setiap pelaku penelitian akan mempertimbangkan semuanya agar cocok dengan apa yang mereka kehendaki.

Live Chat
Send via WhatsApp