Jasa studi kelayakan dikenal banyak orang sebagai bagian penting baik dalam menyusun perencanaan bisnis, memeriksa bisnis yang ada serta evaluasi hasil implementasi bisnis tersebut. Hal ini sangatlah penting, karena Anda bisa memeriksa setiap rencana bisnis apakah feasible atau tidak di mata para ahli. Karena tidak semua ide bisnis yang menarik dan unik itu layak dijalankan. Karena yang terpenting dari bisnis bukan hanya orisinalitas tapi juga baik atau tidaknya peluang yang ada.

Oleh karena itu, Anda pasti membutuhkan jasa pembuatan studi kelayakan tersebut. Karena, para penyedia jasa merupakan seorang ahli dibidangnya. Mereka tidak hanya mampu menilai, audit dan mengkaji rencana Anda. Tetapi juga mampu melihat peluang pasar yang berkaitan dengan rencana bisnis yang Anda susun.

Pelayanan yang diberikan oleh para ahli ini sangat bermanfaat. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa Anda selalu memakai penyedia jasa ini agar rencana bisnis yang disusun berkualitas, unik, menarik dan feasible sehingga bisnis yang dibangun dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Aspek Dasar Pada Jasa Studi Kelayakan

Dari paparan di atas, Anda mungkin dapat menyimpulkan bahwa jasa pembuatan studi kelayakan hanya bisa digunakan oleh para businesman. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Masih banyak pihak lain yang dapat memakai jasa para ahli ini dengan baik.

Karena setiap bisnis yang Anda bangun akan memberikan efek domino baik kepada orang lain serta sektor lainnya. Contohnya saja para investor, perbankan untuk peminjaman dana, pemerintah dari segi regulasi dan lainnya. Semua pihak ini memiliki peranannya masing-masing namun berkaitan dengan usaha yang akan Anda bangun. Namun, sebelum hasil feasibility study muncul, ternyata terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh para ahli tersebut, antara lain:

Baca Juga  Peta Bisnis Internasional Indonesia

Manajemen

Aspek satu ini biasa dinilai oleh jasa studi kelayakan berdasarkan pada kemampuan dan pengalaman dari pihak yang akan membuka usaha. Selain itu, terdapat penilaian dari segi rencana tenaga kerja, upah, keahlian khusus dan lainnya. Lebih jauh lagi, para ahli juga akan menganalisa review dari laporan administrasi yang dipakai atau yang akan dipakai nantinya.

Hukum

Aspek hukum juga wajib dipertimbangkan. Karena, usaha bisnis yang dibangun sebaiknya mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Jika tidak, maka usaha tersebut akan tergolong ilegal dan bisa dibubarkan sewaktu-waktu. Selain memikirkan legalitas dari segi jenis usaha. Anda juga harus mendaftarkan usaha ini agar memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha) dan izin usaha dari pemerintah.

Dua hal ini sangat penting, karena usaha dan merek dagang Anda terdaftar resmi sehingga brand tersebut tidak akan ditiru oleh kompetitor lainnya. Selain itu, mendaftarkan hal ini akan membuat Anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Cara ini tidak hanya membuat usaha menjadi legal tapi juga membuat Anda menjadi warga negara yang baik.

Keuangan

Jasa studi kelayakan juga akan melakukan analisa mendalam pada keuangan Anda. Karena membangun usaha membutuhkan investasi dalam julah besar. Oleh karena itu, para ahli ini akan menilai investasi Anda dengan membandingkan beberapa hal. Contohnya saja lokasi pembangunan serta indeks kemahalan yang berlaku di daerah tersebut. Tentu investasi ini cukup beragam bisa dari lahan, alat, bangunan, izin dan lainnya.

Teknis

Aspek ini merupakan hal yang penting dan banyak dilakukan revisi. Karena banyak rencana yang berantakan dari segi teknisnya, khususnya bagi para pemula yang tidak pernah membuat rencana bisnis sebelumnya. Setidaknya ada tiga hal yang akan dianalisa pada aspek teknis yaitu; lokasi pilihan, bangunan dan infrastruktur serta berbagai hal yang dapat mendukung kegiatan operasional bisnis.

Baca Juga  Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Marketing

Hal terakhir yang akan dinilai adalah pemasaran. Namun, fokusnya tidak hanya pada media atau teknik pemasaran. Akan tetapi, juga berfokus pada menganalisa peluang pasar, permintaan serta penawaran pasar, analisa pesaing dan lainnya.

Itulah beberapa aspek dasar yang menjadi penilaian utama dari jasa studi kelayakan. Dengan menilai hal tersebut, para ahli dapat menentukan feasible atau tidaknya rencana bisnis Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah hal ini dengan baik agar rencana bisnis yang disusun dapat segera diimplementasikan dengan baik.

 

 

Live Chat
Send via WhatsApp