Jasa sebar kuesioner online semakin marak seiring dengan berkembangnya teknologi internet. Dahulu, menyebarkan kuesioner untuk kepentingan riset ataupun tugas akhir dilakukan secara manual. Memang, cara tersebut menjamin otentiknya data namun hal ini memiliki kendala lain yaitu kurang luasnya jangkauan responden serta minimnya jumlah responden yang bisa diperoleh.

Oleh karena itu, peran penyedia jasa kuesioner online menjadi vital. Karena, keberadaan jasa ini memudahkan Anda dalam mencari data yang dibutuhkan. Bahkan banyak pihak yang memakai jasa tersebut seperti peneliti, perusahaan, pemilik usaha dan lainnya. Akan tetapi, jasa ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kelebihan Jasa Sebar Kuesioner Online

Jasa ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan saat memakainya nanti, yaitu:

1. Mudah digunakan

Alasan paling utama untuk memakai jasa ini adalah karena sangat memudahkan. Anda bisa menyusun sendiri kuesioner tersebut atau menyerahkannya kepada penyedia jasa. Kemudian, jangkauan penyebaran kuesioner sangat luas. Karena hanya dengan bermodalkan link setiap orang bisa menjadi responden yang Anda butuhkan.

Anda bahkan bisa menggunakan beberapa jasa sebar kuesioner sehingga jumlah responden yang diterima bisa sangat banyak. Walaupun demikian, hal ini krang dianjurkan karena bisa saja Anda memperoleh data ganda dari orang yang sama.

2. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Memakai jasa sebar kuesioner online pastinya lebih hemat baik dari segi biaya dan waktu. Mengapa? Karena waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat ketika dilakukan secara online daripada secara offline. Para responden bisa mengisi kuesioner dari hp ataupun laptopnya masing-masing. Terlebih dengan majunya teknologi internet memungkinkan para responden untuk mengisi kuesioner dengan cepat.

Ketika memakai jasa ini Anda tidak perlu lagi print kuesioner kemudian disebar kepada responden secara langsung. Jadinya, Anda menghemat biaya cetak, biaya perjalanan dan lainnya sehingga dana yang dimiliki bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Baca Juga  12 Contoh Riset Online yang Bisa Anda Lakukan dengan Veycat

3. Pelayanan Beragam

Penyedia jasa sebar kuesioner pastinya memiliki pelayanan tambahan yang beragam. Pelayanan ini diberikan untuk menarik hati para klien sehingga mau memakai jasa mereka. Pelayanan tambahan tersebut cukup beragam seperti pengolahan data, kompilasi dan merapikan data, mencarikan responden terbaik dan lainnya.

Beberapa di antaranya juga memberikan diskon, gratis untuk satu kali penyebaran kuesioner dan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu apa saja pelayanan tambahan yang diberikan agar bisa memperoleh keuntungan lebih besar.

Kekurangan Jasa Sebar Kuesioner

Walaupun terdapat banyak keuntungan, namun jasa ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Keamanan Data

Bagi beberapa pihak, data yang diperoleh dari kuesioner sangatlah penting dan menjadi rahasia badan usaha ataupun pribadi. Namun, karena proses pengumpulan datanya diberikan kepada orang lain maka tidak ada yang bisa menjamin apakah data tersebut akan digunakan untuk hal lain atau tidak. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai jasa yang benar-benar terpercaya.

2. Kualitas yang Berbeda

Antara setiap penyedia jasa ternyata memiliki kualitas yang berbeda. Contohnya saja, cara mendapatkan responden yang diinginkan, tampilan kuesioner yang diberikan, platform yang dipakai dan lainnya. Hal ini sangatlah penting karena bisa mempengaruhi perolehan data yang Anda inginkan.

Jasa sebar kuesioner online pastinya menguntungkan bagi banyak pihak. Namun, dengan memahami kelebihan dan kekurangannya masing-masing Anda bisa mempertimbangkan apakah harus memakai jasa tersebut ataupun tidak sehingga bisa memperoleh hasil yang lebih baik.

Live Chat
Send via WhatsApp