Anda yang mengambil jurusan sains, atau pernah belajar pasti sudah tidak asing lagi dengan yang istilah penelitian bukan?. Paling tidak Anda harus memahami prosedur juga teknis dalam membuat sebuah penelitian. Untuk itu kita akan mengulas lebih rinci mengenai penelitian yang sering dipakai dalam sebuah riset.

Metode penelitian merupakan sebuah cara yang akan digunakan pada saat penelitian suatu hal. Metode penelitian yang terjadi terkadang sering dikacaukan oleh prosedur penelitian ataukah teknis penelitian itu sendiri. Hal ini dikarenakan ketiga aspek tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan sulit untuk dibedakan jika Anda kurang memahaminya.

Metode penelitian juga dapat membicarakan mengenai cara cara pelaksanaan akan penelitian itu sendiri, sedangkan prosedur penelitian sering membahas tentang alat – alat yang akan digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian.

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yaitu sebuah rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil atau sesuatu yang diperoleh setelah melakukan penelitian tersebut. Tujuan penelitian guna menguraikan secara tegas dan jelas mengenai tujuan pada saat melakukan sebuah penelitian.

Beberapa sifat yang harus terpenuhi sehingga tujuan penelitian itu dapat dikatakan baik, yaitu spesifik, dapat terukur, terbatas, juga dapat diperiksa dengan melihat hasil akhir dari penelitian itu sendiri.

Tujuan penelitian secara umum adalah seperti berikut :

  • Penelitian bertujuan untuk menemukan sebuah cabang ilmu pengetahuan baru dalam bidang tertentu.
  • Penelitian bertujuan guna mengembangkan cabang – cabang dari ilmu yang sudah ada.
  • Penelitian bertujuan guna menguji kebenaran dari ilmu pengetahuan yang telah ada.

Berikut ini beberapa contoh metode yang bisa digunakan dalam beberapa penelitian secara umum.

1. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif yaitu sebuah metode yang menekankan kepada aspek pemahaman yang mendalam kepada suatu masalah dari pada melihat sebuah permasalahan itu sendiri. Penelitian kualitatif juga sebuah penelitian riset yang sifatnya sebagai deskripsi, lebih cenderung menggunakan analisis dan lebih menampakkan proses maknanya.

Baca Juga  Pentingnya Riset Pasar Bagi Sebuah Bisnis

Tujuan dari metode ini yaitu untuk memahami secara luas juga mendalam terhadap suatu masalah secara detail pada permasalahan yang sedang dikaji dan diteliti.

Ciri Dari Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif memiliki ciri – ciri tersendiri yang membedakannya dengan jenis penelitian yang lainnya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Menggunakan Data Lingkungan Sebagai Sumber Data

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan yang alami. Kajian utama dalam penelitian ini biasanya dari peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial tertentu.

Penelitian dilaksanakan saat berinteraksi langsung dengan tempat terjadinya sebuah peristiwa atau kejadian. Peneliti dilakukan dengan cara pengamatan, mencari tahu, mencatat, dan juga menggali sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang sedang terjadi pada saat itu.

2. Mempunyai Sifat Deskriptif Analitik

Data yang sudah di dapat dari hasil pengamatan tersebut dang telah dilakukan, baik berupa wawancara, dokumentasi, analisis, dan catatan di lapangan dapat disusun oleh peneliti di lokasi penelitian, dan hasilnya tidak dalam bentuk angka.

Peneliti bisa melakukan analisis data dengan cara memperbanyak informasi ke berbagai sumber kemudian informasi yang di dapat akan dibandingkan yang berfungsi untuk menemukan hasil dari data yang sebenarnya.

3. Ditekankan Pada Proses Bukan Hasil

Data dan informasi yang diperlukan dalam sebuah penelitian kualitatif dapat berkaitan dengan pertanyaan dengan mengungkapkan proses dan bukan dari hasil akhirnya. Pertanyaan yang menuntut mengenai gambaran kondisi yang sebenarnya mengenai kegiatan, tahapan, prosedur, alasan, juga interaksi yang terjadi pada saat kejadian tersebut terjadi.

4. Bersifat Induktif

Penelitian kualitatif diawali dari lapangan, yaitu fakta empiris. Peneliti bisa langsung terjun ke lapangan untuk mempelajari suatu proses penemuan yang sedang terjadi dengan cara mencatat semua informasi, menganalisis, membuat laporan juga membuat sebuah kesimpulan dari proses penelitian tersebut.

Baca Juga  Jasa Sebar Kuesioner Efektif Menghemat Waktu & Biaya

5. Mengutamakan Makna

Makna yang diungkapkan mengenai persepsi orang – orang dengan satu kejadian yang akan diteliti. Mencari sebuah informasi dari pendapat orang yang ada hubungannya dengan peristiwa yang sedang terjadi tersebut.

Selain mencari informasi, peneliti juga harus mencari bahan perbandingan supaya dapat membuat kesimpulan dari setiap persepsi orang yang sudah diminta keterangan mengenai peristiwa yang sedang terjadi.

 

2. Metode Penelitian Kuantitatif

Sedangkan metode penelitian kuantitatif adalah salah satu jenis penelitian yang lebih sistematis, spesifik, terstruktur dan juga terencana dengan baik dari awal proses sampai mendapatkan sebuah kesimpulan atau hasil.Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada penggunaan angka yang membuatnya menjadi lebih mendetail dan jauh lebih jelas. Dalam hal ini penggunaan tabel, grafik, dan juga diagram sangat memudahkan untuk dibaca bagi peneliti.Di dalam metode ini terdapat beberapa metode yang mendukung, seperti metode deskriptif, perbandingan, survey, penelitian tindakan, ekspos, juga korelasi.

Proses Penelitian Kuantitatif

Sebuah proses penelitian kuantitatif dapat terdiri dari aktivitas yang berurutan, yaitu sebagai berikut.

  1. Dengan mengeksplorasi, perumusan, dan penentuan masalah yang akan diteliti.
  2. Mendesain model penelitian seperti parameter penelitian yang akan dilakukan.
  3. Mendesain dari instrumen pengumpulan data penelitian.
  4. Melakukan pengumpulan data terkait.
  5. Mengolah dan menganalisis data dari hasil penelitian tersebut.
  6. Mendesain laporan dari hasil penelitian.

Ciri Penelitian Kuantitatif

Berikut ini ciri yang terdapat dalam penelitian kuantitatif, ciri atau karakteristik dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  • Penelitian kuantitatif lebih bersifat spesifik, jelas, juga terperinci.
  • Penelitian kuantitatif lebih mementingkan pandangan orang lain.
  • Menunjukkan hubungan antar variabel.
  • Penelitian kuantitatif biasanya dimulai dengan teori dan hipotesis.
  • Komputer, kalkulator dan aplikasi statistik menjadi instrumen utama dalam penelitian ini.
  • Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu eksperimen survei, dan angket.
  • Analisis dilakukan setelah pengumpulan data.
Baca Juga  Survey Online Alternatif Survey ditengah Wabah Corona

Karena itu fungsi dari masing – masing penelitian merupakan satu hasil yang sama, hanya saja penggunaannya dan caranya yang berbeda. Anda bisa memilih dari metode mana yang paling mudah dan lebih efektif.

Nah demikianlah penjelasan singkat mengenai metode penelitian yang umum. Mulai dari metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Dan juga penjelasan mengenai contoh penelitian kuantitatif juga contoh penelitian kualitatif. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?