Bagi orang awam, jasa pembuatan studi kelayakan sepertinya belum familiar untuk didengar. Bahkan untuk para pebisnis pemula sekalipun. Feasibility study masih kerap kali dianggap sebagai hal sepele. Padahal terdapat berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari studi kelayakan untuk bisnis.

jasa pembuatan studi kelayakan

Jasa studi kelayakan menjadi sangat penting saat berniat untuk memulai sebuah usaha. Ide yang dimiliki untuk memulai proyek, bisnis, sampai perusahaan seharusnya melewati proses riset serta penelitian mendalam melalui studi kelayakan. Sehingga tidak sembarang memulai usaha yang nantinya berakhir kurang memuaskan.

Studi kelayakan memiliki manfaat-manfaat penting. Manfaat yang didapatkan ini juga untuk berbagai pihak berbeda. Mulai dari pihak investor, sampai masyarakat akan mendapatkan manfaat dari dilakukannya studi kelayakan.

Berikut ini merupakan manfaat menggunakan jasa konsultan feasibility study untuk berbagai pihak.

  1. Investor

Investor akan mendapatkan manfaat terbesar dari studi kelayakan. Bahkan sebelum mulai memberikan sebuah investasi untuk proyek, bisnis, maupun usaha, investor seharusnya meminta hasil studi kelayakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil studi kelayakan inilah investor akan memiliki gambaran pasti mengenai jalannya usaha. Sampai resiko, target pasar, serta keuntungan yang bisa didapatkan.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan untuk mendapatkan investasi. Hal ini bahkan menjadi sebuah langkah yang tepat. Adanya hasil feasibility study, terutama bila memberikan sebuah hasil positif akan meyakinkan investor untuk menanam modal.

Dibandingkan dengan pihak lain pula, investor merupakan salah satu yang paling mendapat manfaat dari studi kelayakan sebuah usaha ini.

  1. Kreditor

Selain investor, pihak lain yang mendapat manfaat langsung dari studi kelayakan merupakan kreditor. Kreditor seperti bank, sebelum menyetujui permintaan kredit akan lebih dulu memeriksa hasil studi kelayakan usaha. Berdasarkan hasil kajian studi kelayakan ini, kreditor akan bisa menilai tentang kemungkinan untung dan rugi sebuah bisnis.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan Bisnis Juga Erat Kaitannya dengan Aspek Sosial dan Juga Ekonomi

Bila dari hasil studi kelayakan saja sudah dinilai tidak menguntungkan oleh kreditor. Maka tentu, kemungkinan kredit tidak mendapat persetujuan. Untuk itu agar studi kelayakan mendapatkan manfaat, hasil dan riset sebaik-baiknya perlu dilakukan. Apakah ide bisnis tersebut benar-benar layak dijalankan?

  1. Manajemen perusahaan

Dari segi pengertian, manfaat, dan tujuan, Anda mungkin menilai studi kelayakan hanya akan berguna sebelum bisnis tersebut berjalan. Hal ini tidak tepat. Peranan dari studi kelayakan masih akan terus berjalan bahkan ketika bisnis maupun usaha tersebut telah dilakukan. Salah satu manfaat untuk studi kelayakan adalah untuk manajemen perusahaan.

Manajemen perusahaan akan mendapatkan manfaat dari studi kelayakan dari penentuan target pasar, stategi pemasaran, resiko dan cara mengatasi maupun pencegahannya, sampai mengenai finansial. Semua elemen tersebut akan bisa didapatkan manajemen perusahaan setelah melakukan studi kelayakan.

Sedangkan sebelum bisnis berjalan, manajemen perusahaan akan mendapat manfaat dari perencanaan berdasarkan studi kelayakan. Selain juga penggunaan investasi, kredit, serta permasalahan finansial lain.

  1. Pemerintah dan masyarakat

Adanya studi kelayakan juga memberi manfaat untuk pemerintah. Studi kelayakan akan memberi gambaran mengenai jalannya usaha serta bisnis. Sehingga membantu saat proses perijinan nantinya. Pada studi kelayakan juga akan disertakan manfaat atau keuntungan apa yang akan diberikan bisnis maupun usaha tersebut untuk masyarakat.

Manfaat studi kelayakan yang sangat luas semakin menegaskan pentingnya riset serta penelitian ini. Para ahli yang tergabung dalam jasa pembuatan studi kelayakan akan memastikan kajian yang dilakukan memberi manfaat untuk semua pihak. Serta pastinya menggambarkan kelayakan sebuah usaha tersebut sendiri.

Live Chat
Send via WhatsApp