Market research atau yang biasa disebut sebagai riset pasar adalah kegiatan penelitian terhadap pemasaran produk perusahaan. Umumnya kegiatan penelitian ini melibatkan Jasa Riset Pasar yang dipercaya ahli melakukan sebuah analisis perusahaan.

Bagi banyak orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, melakukan riset pasar bukanlah hal yang asing lagi. Untuk kamu yang baru pertama kali berbisnis dan ingin mengetahui seputar riset pasar simak asrtikel berikut ini.

 

Tujuan Market Research

Sebuah penelitian terhadap bisnis atau perusahaan pasti memiliki beberapa tujuan yang harus dicapai. Tak lain juga dengan riset pasar. Tujuan inilah yang nantinya akan dijadikan pedoman bagi pelaksanaan penelitian itu sendiri.

 

1. Mengidentifikasi pasar

Tujuan melakukan riset pasar yang pertama adalah untuk mekukan identifikasi terhadap pasar. Identifikasi ini dilakukan setelah proses pengumpulan data dan informasi dari obyek penelitian. Riset pasar membantu perusahaan dalam mengetahui target pasar dan strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, identifikasi pasar memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk menentukan peluang serta mengetahui siapa pesaing perusahaan.

 

2. Menyusun strategi penjualan

Setelah tujuan identifikasi terpenuhi, pastilah penyusunan strategi dapat lebih mudah dilakukan. Umunya riset pasar dilakukan memang untuk menyusun dan menentukan bagaimana tehnik dalam menjual produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada saat penyusunan strategi, kegiatan riset pasar juga akan meneliti siapa yang tepat untuk menjadi target pasar. Oleh karena itu banyak metode yang digunakan dalam penyusunan sampel. Hal ini untuk mendapatkan penilaian atau tanggapan dari target pasar itu sendiri.

 

3. Mengurangi resiko kerugian

Tujuan selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko kerugian. Dalam setiap berbisnis, hal-hal yang menjadi penghambat memang tidak dapat dihindari. Namun dengan melakukan riset pasar maka akan dilakukan analisis guna meminimalkan jumlah kerugian serta memudahkan untuk mencari solusi.

Baca Juga  Cara Melakukan Riset Pasar yang Baik

 

Baca Juga : Manfaat Riset Pasar Bagi Perusahaan

 

4. Membantu pengembangan produk

Perusahaan yang melakukan riset pasar, maka dalam pengembangan produk atau bisnisnya pun akan mudah. Karena perusahaan melakukan analisis untuk mengetahui apakah layanan atau produk yang dijual sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Apabila semua hal tersebut belum terpenuhi, maka dengan diadakannya riset akan dicari berbagai solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

 

Fungsi Riset Pasar

Pada dasarnya, kegiatan riset pasar adalah prose penting yang harsu dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya pengembangan bisnis. Berikut fungsi utama dari riset pasar ;

 

1. Evaluating

Fungsi evalusi bertujuan untuk membandingkan atau melakukan penilaian terhadap strategi pemasaran sebelumnya. Selain itu pada saat melakukan evaluasi, akan dilakukan penilaian pula terhadap produk perusahaan dengan produk lain atau yang sedang dibutuhkan di masyarakat.

Dengan fungsi ini maka Jasa Market Riset akan berperan dalam penemuan dan penentuan solusi dari setiap permasalahan.

 

2. Understanding

Selanjutnya pada fungsi understanding akan dilakukan pemahaman terkait kebutuhan pasar atau konsumen. Karena keutuhan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung keberlangsungan bisnis.

 

3. Predicting

Fungsi prediksi adalah semacam memperkirakan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis mendatang.Baik hambatan yang harus ditemukan solusinya atau keberhasilan yang mengharuskan adanya perkembangan pada perusahaan.

 

4. Controlling

Terakhir adalah fungsi controlling aau pengendalian. Setelah dilakukannya berbagai tahap mulai dari evaluasi, pemahaman, dan perencanaan, maka terakhir adalah bagaimana mengebdalikan bisnis agar tetap berjalan dengan baik melalui kegiatan penelitian atau riset pasar.

 

Itulah penjelasan seputar pengertian, tujuan, dan fungsi dari riset pasar pada perusahaan. Pastikan kamu mengetahui hal-hal penting tersebut ketika akan memasuki dunia perbisnisan. Semoga artikel ini membantu.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?