Membuat usaha semakin berkembang memanglah keinginan bagi semua pengusaha. Banyak hal yang pastinya dipersiapkan untuk perkembangan bisnis termasuk sebelum bisnis tersebut dibangun. Salah satunya adalah dengan menysusun strategi perjalanan bisnis.

Strategi ini dapat berupa strategi pemasaran, strategi menghadapi pesaing, menemukan solusi dari masalah, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan semua strategi tersebut tidak sembarang orang dapat melakukannya. Para pengusaha akan memilih untuk memakai Jasa Pembuatan Studi Kelayakan untuk membuat strategi dalam berbisnis.

Untuk memenuhi tujuan pengembangan bisnis serta membuat strategi tersebut, jasa konsultan akan melakukan analisis yang disebut sebagai studi kelayakan bisnis. Studi tersebut akan menganalisis berbagai permasalahn dari segi aspek berikut ini.

 

Aspek Legalitas

Hal yang harus dianalisis pertama adalah aspek hukum atau kelegalan sebuah bisnis. Sebelum memulai bisnis perlunya memiliki kelegalan dalam pelaksanaannya. Legalitas dapat berupa izin lokasi, izin penjualan, izin pengembangan, dan lain-lain.

Tanpa memiliki kelegalan, maka bisnis tidak akan dapat dikembangkan. Sehingga aspek legalitas ini akan dianalisis sebelum bisnis dijalankan.

 

Aspek Pasar dan Pemasaran

Selanjutnya adalah aspek pasar dan pemasaran. Untuk mengembangkan bisnis perluny menganalisis dari segi pasar dan pemasaran. Dapat dilihat apakah pasar yang dituju dan strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan sudah tepat.

Sebenarnya aspek ini sudah dianalisis sebelum dibuatnya bisnis. Namun apabila ketika bisnis dijalankan dan pelaksanaan dari aspek ini kurang tepat maka dapat dilakukan analisis lagi serta dilihat dari pengalaman sebelumnya.

 

Baca Juga : 3 Tujuan Besar dari Jasa Survey Kepuasan Pelanggan

 

Aspek Manajemen

Berkembangnya sebuah usaha tidak pernah luput dari aspek manajemen. Jasa konsultan akan meganalisis kembali kinerja perusahaan baik dilihat dari individu ataupun kelompok. Analisis inilah yang kemudian ditentukan bagaimana manajemen perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Baca Juga  Kembangkan Skill Bisnis Konsultanmu

 

Aspek Ekonomi dan Budaya

Untuk melakukan analisis studi kelayakan, aspek ini juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Sebelum memulai bisnis atau bahkan saat akan mengembangkan bisnis, ekonomi dan budaya akan dibahas secara rinci.

Pasalnya aspek ini berkaitan dengan pasar yang akan dituju. Apakah usaha yang dibuat mempengaruhi ekonomi dan budaya masyrakat. Apabila memiliki pengaruh maka target pasar tidak akan menerima pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Maka menganalisis aspek ini kembali sebelum mengembangkan bisnis sangat penting untuk dilakukan.

 

Aspek Keuangan

Selanjutnya adalah menganalisis dari segi keuangan. Tentunya dalam megembangkan bisnis akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Perkembangan bisnis dapat berupa menambah produk yang dijual, mengembangkan luas perusahaan, menambah jumlah pekerja, menambah lokasi perusahaan, dan sebagainya.

Untuk itu faktor biaya sangat penting disini. Memilih untuk memakai jasa konsultan yang akan menganalisis studi kelayakan juga pastilah membutuhkan biaya.

 

Jadi, pastikan sebelum mengembangkan bisnis, kamu memilih jasa konsultan yang tepat. Sebagai solusi kamu dapat memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Surabaya yang telah berpengalaman memiliki client dari dalam maupun luar negeri. Pastikan bisnis yang kamu kembangkan dinalisis dengan baik.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?