Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan survey? Survey merupakan sebuah penelitian kuantitatif dengan menggunakan beberapa pertanyaan terstruktur yang sama dan ditanyakan pada setiap orang. Pertanyaan terstruktur yang diajukan dalam sebuah survey disebut kuesioner. Kuesioner tersebut berisi pertanyaan untuk mengukur suatu variabel ataupun mengetahui pendapat atau pengalaman dari responden. Hasil dari penelitian tersebut kemudian diolah dan dianalisa hasilnya sehingga mendapatkan data yang akurat.

Seiring perkembangan waktu, kebutuhan data survey melonjak semakin tinggi. Kini survey tidak hanya diadakan secara offline, tetapi juga banyak aplikasi survey online yang bermunculan. Kelebihan yang dimiliki oleh survey online tentu saja mudah dilakukan dimanapun, kapanpun serta oleh siapapun. Masing-masing aplikasi online banyak mengklaim keunggulan yang dimiliki. Tentunya Anda harus cerdas memilih jasa survey online yang kredible sehingga mendapatkan data survey yang akurat.

sumber : azuronaut.com

Salah satu aplikasi survey online yang banyak dipilih oleh banyak orang, yaitu Veycat. Dalam penggunaan alat survey ini, Anda dapat melakukan survey dengan kuesioner sederhana melalui beberapa pertanyaan ataupun penilaian lanjutan dengan manajemen kuota dan conditional yang telah tersedia di platform.

Di Veycat terdapa editor template inbuilt dan kemampuan scripting hingga tingkat lanjut pada editor pertanyaan. Apabila fitur yang Anda kehendaki tidak ada, Anda juga bisa mengajukan fitur yang diinginkan. Veycat mempunyai misi untuk membangun, mengembangkan serta memelihara bisnis Anda. Sehingga mampu mencapai tujuan hasil yang diinginkan.

Pelayanan yang dimiliki Veycat

sumber : a1surveys.com

Apa saja pelayanan yang dimiliki oleh veycat? Terdapat survey potensi pasar, survey kepuasan pelaggan, survey loyalitas pelanggan, survey brand awarness, survey segmentasi dan positioning serta survey pengembangan produk atau jasa. Survey potensi pasar merupakan bagian risetyang dilakukan dengan cara menggalipotensi suatu produk atau wilayah agar mampu dipasarkan sesuai segmen yang ditarget. Informasi yang dapat digali seperti estimasi minat dan kebutuhan pasar, daya beli wilayah, media komunikasi target pasar, peluang seseorang dalam melakukan transaski dan lainnya.

sumber: criminalcharacters.com

Selanjutnya survey kepuasan pelanggan yang bertujuan pelanggan bisa melakukan pengulangan transaksi, atau merekomendasikan jasa/produk yang telah digunakan pada kerabatnya. Hal ini tentunya terjadi sebab adanya kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa.

Baca Juga  Analisis Swot pada Bisnis Makanan

Survey loyalitas pelanggan berguna untuk mengatahui seberapa loyalitas pelanggan pada jasa atau produk yang dimiliki perusahaan dengan melihat retensi pelanggan. Dari pelayanan survey ini, perusahaan jadi tahu seberapa tinggi ketergantungan konsumen atau pelanggan pada jasa atau produk yang dimiliki. Selanjutnya pelayanan survey brand awareness yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keterkenalan konsumen pada suatu merk produk, brand positioning, brand association, brand attitude dari sebuah merk serta sumber informasi mengenai suatu merk. Hal ini tentu saja menjadikan perusahan dapat mengukur seberapa baik merk produk atau jasa yang mereka miliki dikenal oleh masyarakat.

sumber : www.napcan.org.au

Pelayanan survey selanjutnya adalah survey segmentasi dan positioning. Survey ini bertujuan agar perusahaan mengetahui perubahan posisi atau segmen persaingan pasar. Dan pelayanan survey terakhir yaitu pengembangan produk atau jasa. Survey ini bertujuan untuk menilai kelayakan ide dalam pengambanbgan jasa atau produk yang dimiliki perusahaan. Hal ini tentunya diduukung oleh data-data internal. Beberapa hal yang perlu diketahui misalnya saja tigkat kinat serta kebutuhan target pasar, daya beli target, pengaruh kompetitor langsung dan tidak langsung, media komunikasi yang mempengaruhi awareness bisnis hingga peluang konsumen untuk melakukan transaksi pembelian jasa atau produk.

 

Live Chat
Send via WhatsApp