Mungkin masih banyak yang bertanya tentang Jasa Mystery Shopper. Mystery shopper adalah orang yang dibayar untuk “berbelanja” di sebuah toko atau tempat usaha. Tujuannya untuk mengumpulkan data dari produk yang dijual.

Tidak hanya data produk saja yang di kumpulkan. tetapi seorang mystery shopper juga mengumpulkan data seputar yang terjadi di toko tersebut. Seperti bagaimana pelayanannya, cara berinteraksi karyawan, juga bagaimana respon dari pelanggan lain dari toko tersebut.

Disini kami akan menjelaskan bagaimana mengembangkan bisnis dengan mystery shopper. Sebelum Kita membahas bagaimanakah caranya, mari Kita mengetahui cara kerja seorang mystery shopper dan manfaat-manfaat menggunakan jasa tersebut untuk bisnis Anda.

Cara bekerja seorang mystery shopper

Berikut akan Kami jelaskan cara kerja seorang mystery shopper yang tentu bisa menjadi bahan yang anda gunakan untuk pertimbangan menggunakan jasa ini dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan sesuai kebutuhan.

1. Jasa Mystery Shopper dibayar untuk berbelanja di tempat bisnis yang anda jalankan

Meski seorang mystery shopper dibayar untuk melakukan pekerjaannya, mereka pun di bayar untuk berbelanja di tempat anda membuka bisnis. Contoh Anda membuka toko baju, seorang mystery shopper akan melakukan pembelian produk yang anda jual.

Seorang mystery shopper melakukan tugasnya seperti layaknya pembeli biasa. Dan identitas pekerjaan mereka tidak akan diketahui oleh staff toko Anda bahkan anda yang sebagai owner itu sendiri.

2. Penyedia jasa melakukan evaluasi terhadap tempat bisnis anda

Yang membedakan penyedia jasa mystery shopper dengan pelanggan toko lainnya, mereka melakukan pekerjaan mereka dengan mengunjungi, berbelanja dan mengevaluasi bagaimana pelayanan toko atau tempat bisnis Anda.

Penyedia jasa juga memperhatikan bagaimana staff berinteraksi dan fasilitas apa yang diberikan oleh tempat bisnis Anda tersebut, ketersediaan barang yang dijual, barang yang di display apakah rapi atau tidak, Keramahan dalam pelayanan pun akan dievaluasi.

Baca Juga  Survei Pengembangan Produk/Jasa Guna Keberlangsungan Bisnis

3. Seorang mystery shopper terkait dengan kontrak persetujuan dengan perusahaan penyedia jasa mystery shopper

Dari banyaknya perusahaan penyedia jasa mystery shopper, mereka pasti memberikan kontrak untuk seorang mystery shopper. Kontrak tersebut merupakan perjanjian kedua belah pihak agar menyetujui data yang diberikan adalah akurat dan juga tidak ada informasi yang bocor.

Manfaat menggunakan perusahaan jasa mystery shopper bagi bisnis Anda

 

 

Dalam menjalankan bisnis memang dirasa penting untuk memperhatikan kualitas bisnis anda termasuk pelayanan dan juga bagaimana anda memberikan kepuasan kepada pelanggan di bisnis Anda. Manfaat dari mystery shopper dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

1. Anda akan mendapatkan hasil evaluasi sesuai fakta di lapangan yang objektif

Dengan menggunakan jasa tersebut Anda dapat mendapatkan hasil evaluasi sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Apakah pelanggan Anda puas dengan pelayanan di tempat Anda, dan apakah karyawan Anda memberikan pelayanan terbaiknya.

Tentu kualitas dalam pelayanan menjadikan kunci dari suksesnya suatu bisnis yang dijalankan, hasil dari evaluasi bisa menilai usaha Anda dari sudut pandang pelanggan agar Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan Anda dan mengetahu jika ada kekurangan.

2. Penyedia jasa dapat memberikan konsultasi dalam penerapan SOP

Menggunakan jasa tersebut juga memberikan Anda pengetahuan apakah karyawan Anda telah menerapkan SOP yang tepat. Meskipun Anda telah memberikan SOP untuk karyawan Anda sejak awal, belum tentu mereka melakukan sesuai SOP yang Anda berikan.

Apabila hasil evaluasi dari mystery shopper mengatakan SOP yang dibuat tidak diterapkan dengan baik, Anda dapat menegur karyawan atau memberikan pelatihan lebih agar semua SOP berjalan dengan baik dan memberikan pelayanan yang terbaik.

3. Membantu evaluasi kompetitor yang memiliki bidang bisnis yang sama

Penyedia jasa mystery shopper tidak hanya melakukan pengujian terhadap pelayanan dalam bisnis Anda, tetapi mereka juga dapat ditugaskan untuk menjadi konsumen di perusahaan pesaing anda. Mereka juga memberikan penilaian yang mereka dapatkan dari bisnis lain.

Baca Juga  Langkah-langkah Penting dalam Sebar Kuesioner Online

Anda juga dapat melihat dari segi aspek lain, apa yang perlu anda perbaiki dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat bersaing lebih unggul, juga melakukan perbaikan dari segi kualitas pelayanan lebih baik dari kompetitor anda.

4. Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Anda

Dengan menggunakan jasa mystery shopper, selain dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam bisnis yang Anda jalankan, Anda juga dapat mengevaluasi bisnis Anda mulai dari tata peletakan produk di dalam bisnis Anda, bagaimana cara agar bisa menjual lebih banyak produk lagi.

Hal-hal lainnya penyedia jasa dapat memberi tahu Anda bagaimana Teknik dalam penjualan karyawan anda untuk mempengaruhi pelanggan agar memiliki keinginan membeli lebih besar.

Jadi inilah penjelasan mengenai cara Anda dapat mengembangkan bisnis dengan menggunakan jasa mystery shopper berserta manfaat dan cara pekerjaan yang mereka lakukan untuk bisnis Anda. Semoga dengan artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan jika anda tertarik menggunakan jasa tersebut untuk menggembangkan dan menjadikan strategi usaha untuk bisnis Anda.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?