Dalam menjalankan suatu usaha, pebisnis harus harus memperhatikan kualitas pelayanan serta review dari para pelanggan. Untuk dapat mengetahuinya, pebisnis harus memanfaatkan adanya layanan mysteri shopper. Sedikit informasi, istilah ini sebenarnya hampir sama dengan Ghost Shopper yang dapat menjadi alat untuk membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan.

Pebisnis juga dapat memanfaatkan layanan ini untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada usaha yang dimiliki. Dengan kata lain, mereka dapat melakukan evaluasi bisnis yang baik bagi pelanggan. Berdasar pada informasi tersebut dapat disimpulkan bahwasanya mysteri shopper bermanfaat untuk membantu badan usaha untuk mengukur tingkat pelayanan dan kepuasan pelanggan. Terdapat pula manfaat lainnya sebagaimana pada pembahasan berikut.

1. Memperoleh Hasil Evaluasi yang Objektif

Melalui layanan ini, seorang pebisnis dapat memperoleh hasil evaluasi bisnis yang lebih objektif. Dengan begitu mereka dapat menilai apakah pelanggan sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan atau justru sebaliknya. Tanpa layanan tersebut pebisnis tentu akan merasa kesulitan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan para karyawannya. Dengan adanya layanan ini, pebisnis juga dapat membuat evaluasi bisnis yang cenderung lebih cepat dan mudah.

Dikatakan bahwasanya hasil evaluasi yang nanti diperoleh bersifat lebih objektif lantaran dapat menilai usahamu dari berbagai sudut pandang pelanggan. Hal ini tentu akan berbanding terbalik jika hanya melakukan penilaian secara langsung. Pasalnya bisa saja data penilaian yang diperoleh cenderung bersifat subjektif, bias, bahkan tidak akurat. Adanya data yang tidak akurat dapat menyebabkan sang pemilik bisnis merasa kesulitan dalam melakukan evaluasi.

2. Mengetahui Kualitas Kinerja Karyawan

Melalui bantuan mysteri shopper, pebisnis dapat melakukan penilaian usaha sekaligus memudahkan dalam mengetahui kinerja karyawan. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, pebisnis dapat mengetahui berbagai teknik penjualan yang digunakan karyawan ketika menghadapi pelanggan. Tak hanya itu, pebisnis juga dapat mengetahui sifat asli karyawan serta dapat mengetahui siapa diantara mereka yang tidak memahami informasi produk dengan baik.

Baca Juga  Cari Tahu Survei Kepuasan Pelanggan

Hal-hal seperti ini kerap kali dikesampingkan oleh banyak pebisnis, padahal seharusnya perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya karyawan juga merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi penjualan. Jika karyawan tersebut tidak profesional dalam bekerja, tentu pelanggan tidak akan merasa puas. Pelanggan pastinya akan merasa kecewa dan tidak mau melakukan pembelian ulang.

3. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Adapun manfaat berikutnya yakni dapat meningkatkan layanan pelanggan ketika di toko. Pebisnis dapat mempertahankan pelayanan pelanggan yang baik dengan cara memperbaiki kualitas pelayanan yang dirasa masih kurang memuaskan. Maka dari itu sebaiknya jangan hanya berfokus pada proses evaluasi saja, akan tetapi carilah berbagai solusi untuk mengatasi semua permasalahan agar tidak kehilangan pelanggan.

4. Mengevaluasi Kompetitor

Maanfaat dari adanya jasa atau layanan mysteri shopper berikutnya yakni dapat mengevaluasi para kompetitor yang memiliki usaha di bidang yang sama. Jasa ini dapat ditugaskan secara langsung di lapangan untuk menjadi pelanggan potensial pada kompetitor. Mereka akan memberi penilaian akurat dan objektif terkait pengalaman yang diperoleh. Kemudian mereka akan melaporkan hasil kunjungannya untuk menjadi bahan refleksi terkait bisnis yang digeluti

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dari layanan mysteri shopper bagi sebuah bisnis atau usaha. Adanya layanan ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam melakukan evaluasi sehingga mereka dapat memperbaiki segala kesalahan yang ada. Dengan begitu bisnis yang mereka jalani dapat berkembang semakin pesat seiring berjalannya waktu.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?