Mysteri Shopper
-
-
Mysteri shopper atau ada yang menyebutnya secreet shopper adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan atau mengumpulkan informasi spesifik tentang produk dan jasa tertentu. Disebut “mystery”, karena penilaian ini dilakukan secara rahasia (penyamaran). Mysteri shopper ini merupakan salah satu bagian dari penelitian kualitatif.
Dalam pelaksanaanya, seorang yang disebut shopper bertindak seolah-olah dia adalah pembeli produk atau jasa. Dan sebelum pelaksanaannya, shopper akan mendapatkan pelatihan, skenario dan materi-materi yang harus digali saat pelaksanaan mystery shopper.
Seorang shopper biasanya membawa rekaman tersembunyi (baik rekaman suara/ video dan foto). Dokumentasi ini diperlukan dalam proses analisis mystery shopper.
Berikut ini adalah ilustrasi singkat dari scenario sebuah mystery shopper.
Selanjutnya, informasi dari pengamatan yang telah tersekenario diatas akan dibandingkan antara 3 tempat (X, Y dan Z) agar dapat diperbandingkan, mana yang lebih unggul.
Hal yang perlu digarisbawahi, bahwa seperti istilahnya, informasi yang akan tergali dari kegiatan mystery shopper ini adalah tentang pengalaman seorang pembeli (shopper) dalam melaksanakan transaksi suatu produk / jasa. Informasi-informasi lain seperti proses internal perusahaan yang memang tidak mungkin akan dialami oleh shopper (seperti : omset nyata, laba, supplier, jumlah total tim marketing) tidak akan tergali dalam sebuah kegiatan msyteri shopper.
-
