Dalam suatu penelitian, pengolahan menjadi proses yang harus dilalui sebelum melakukan analisis data. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang sesuai dan valid. Hal tersebut juga berlaku untuk data riset pasar. Lantas, bagaimana cara mengolah data riset pasar itu?

Riset menjadi salah satu teknik pengumpulan data yang sering digunakan bagi perusahaan yang ingin menentukan strategi pemasaran. Maka dari itu, cara mengolah data riset pasar perlu dipahami dengan baik agar semakin mempermudah riset Anda.

Yuk, cek penjelasannya di artikel ini!

Tahapan Cara Mengolah Data Riset Pasar

Cara mengolah Data riset pasar melalui beberapa tahap, di antaranya yaitu editing, coding, entry data, uji validitas dan reliabilitas, serta analisis deskriptif.

  1. Editing Data Riset

    Editing merupakan tahapan dalam mengolah data riset pasar berupa pemeriksaan data yang mencukupi kebutuhan serta relevan. Apabila jawabannya kurang jelas, Anda sebagai periset bisa melengkapinya agar sesuai dengan topik penelitian.

  1. Coding Data

    Proses coding ini dikerjakan dengan memberikan kode atau angka pada jawaban responden dalam kuesioner untuk mempermudah entry data nantinya. Jika menggunakan skala likert, proses coding data akan lebih mudah dilakukan karena data mentahnya sudah berupa angka.

  1. Entry Data Riset Pasar

    Jika sudah siap diolah, Anda dapat memasukkan data mentah dari survey tersebut ke dalam perangkat lunak di komputer. Hal ini biasa dikenal dengan istilah entry atau tabulasi data. Cara mengolah data kuesioner manual biasanya akan menginput data pada perangkat lunak Microsoft Excel atau SPSS.

  1. Uji Validitas dan Reliabilitas

    Uji validitas dan reliabilitas merupakan pengujian yang dilakukan untuk memastikan apakah data survey tersebut sah, tepat, dan cermat.
    Dengan uji validitas dan reliabilitas, Anda dapat memahami apakah alat pengukur dari penelitian tersebut konsisten dan dapat diandalkan. Pengujian ini dilakukan karena mungkin saja ada responden yang menginterpretasikan pertanyaan dalam kuesioner tidak sama dengan maksud periset.

  1. Analisis Deskriptif

    Data yang telah diolah tersebut kemudian dapat dilakukan analisis deskriptif dengan menggambarkan data yang sudah terkumpul secara objektif. Kemudian, data yang ditampilkan bisa berupa total responden yang menjawab setuju dan tidak setuju, mean, standar deviasi, dan lain sebagainya.

Langkah terakhir adalah menyusun laporan hasil riset yang berisi tentang hasil, kesimpulan, dan rekomendasi penelitian. Laporan hasil riset ini nantinya digunakan untuk mengambil keputusan penting yang berkaitan dengan bisnis.

Kelola Data Riset Pasar dengan Jasa Riset Pasar Online

Itu dia langkah-langkah menyusun analisis data riset yang perlu Anda ketahui. Bisa dibilang, riset pasar memegang peran penting terhadap keberhasilan strategi pemasaran bisnis.

Sebab dengan riset pasar, Anda pun dapat mengetahui kondisi pasar yang sebenarnya sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dan menguntungkan.

Nah, dalam hal ini, Survey Center bisa membantu Anda melakukan tahapan riset pasar dengan lebih mudah, cepat, dan juga praktis!

Survey Center adalah layanan survei berbasis online yang memberikan data-data berkualitas, kredibel, dan tentunya relevan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Survey Center siap membuat langkah-langkah riset pasar Anda berjalan baik tanpa kendala.

Yuk! mulai riset mu dengan lebih dalam dan akurat dengan Survey Center. (mt)

Baca Juga  Survey Kepuasan Pelanggan, Mengapa itu Penting ?
Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?