Pembahasan bisnis mencakup ranah yang cukup luas. Melibatkan banyak penelitan untuk menunjang perkembangannya. Positioning menjadi bagian bisnis yang posisinya patut diperhitungkan. Menurut Kotler dan Amstrong positioning adalah kegiatan yang dilakukan untuk merancang produk dan bauran pemasaran dalam rangka menempatkan brand equity pada konsumen. Salah satu metode yang digunakan perusahaan dalam rangka mendiferensi produk dari barang atau jasa yang ditawarkan pesaing.

Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk perusahaan. Menciptakan loyalitas dari konsumen dengan memperkuat merek, dan memenuhi kebutuhan berbagai segmen pasar yang spesifik. Semua tujuan ini mendasari bahwa positioning memiliki peran penting dalam meningkatkan keputusan user untuk membeli produk  yang Anda tawarkan. Semakian banyak khalayak tertarik akan kian cepat pebisnis mendapat kepercayaan dari mereka. Secara bersamaan peningkatan kurva penawaran terjadi.

Dalam pelaksanaannya positioning tidak semudah membuka telapak tangan. Pemposisikan produk memperlukan dasar untuk mendukung kelancaraan promosi. Kondisi ini menuntut pebisnis selalu memperhitungkan setiap langkah dalam mengambil keputusan. Kotler dan Amstrong menyebutkan dasar-dasar positiong yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kurva penawaran pasar. Semoga bermanfaat.

Atribut dan Manfaat

Dasar positioning yang pertama ini sering dilakukan oleh perusahaan dunia. Mereka menggunakan dasar atribut manfaat untuk produk yang ditawarkan. Mulai dari kenyamanan, ketahanan, dan kehandalan. Strategi seperti itu bisa ditiru untuk menciptakan merek pada konsumen. Seperti yang diketahui bahwa user selalu membutuhkan 3 syarat itu pada produk yang mereka butuhkan.

Kualitas Price atau Harga

Produk yang berkualitas selalu digambarkan dengan harga mahal. Sedangkan barang atau jasa yang murah memiliki harga relatif murah. Deskripsi seperti itu masih sangat tertanam kuat di benak konsumen. Hal ini yang kemudian dijadikan perusahaan-perusahaan besar untuk berlomba menyajikan produk berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumen potensial.

Penggunaan dan Kegunaan

Kegunaan dan penggunaan menjadi dasar lain dari positioning yang berdampak pada keputusan konsumen untuk membeli produk. Stratgei tersebut akan lebih tajam ketika perusahaan menggemasnya dengan promosi. Misalnya, menggunakan artis atau cara lain untuk meningkatkan pemahaman pembeli terhadap cara pemakaian barang atau jasa.

Perhatikan Kekuatan Kompetitor

Selanjutnya ada baiknya ketika perusahaan memahami peluang yang terdapat dalam pasar. Anda bisa memulainya dengan melakukan analisis terhadap kekuatan pesaing yang menawarkan produk sejenis. Kegiatan ini mempermudah pebisnis dalam mencapai sasaran konsumen potensial. Secara otomatis produk yang ditawarkan lebih membekas pada pengguna.

Positioning memiliki dampak besar untuk keberhasilan sebuah bisnis. Selain itu, tahapan tersebut akan mempermudah konsumen dalam mendapatkan produk yang mereka butuhkan. Kondisi ini secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan benefit bagi perusahaan.

Live Chat
Send via WhatsApp