Kesadaran akan sebuah brand sangat mempengaruhi perkembangan usaha. Oleh karena itu, Anda harus memahami pentingnya brand awareness karena melalui hal tersebut Anda bisa menguasai pangsa pasar dengan baik sekaligus membuat pelanggan tetap setiap memakai produk dari brand yang dimiliki.

Untuk melakukan brand awareness yang baik, biasanya para pemilik usaha akan melakukan marketing dengan sosial media seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Mengapa hal ini dilakukan oleh para pebisnis? Pastinya karena terdapat keuntungan dan manfaat dari hal ini. Namun, seberapa pentingkah hal tersebut? dan apakah hal tersebut wajib dilakukan oleh setiap pemilik usaha?

Seberapa Pentingnya Brand Awareness

Jika ditanya seberapa pentingnya brand awareness maka jawabannya sangat penting. Karena, dengan membuat pembeli memahami, mengingat baik secara sadar atau tidak terhadap sebuah brand. Karena ketika brand yang Anda miliki mudah diingat maka pembeli akan mendahulukan produk dengan merk tertentu. Pertimbangan untuk memakai merk lain hanya berlaku pada saat suatu brand tidak tersedia di pusat perbelanjaan.

Keberadaan brand awareness lainnya bisa Anda pahami dari AQUA yang menjual produk air mineral dalam kemasan. Padahal saat ini terdapat berbagai brand besar lainnya contohnya Cleo, Nestle, Vit, Le Minerale dan lainnya.

Namun, ketika Anda ingin membeli air mineral dan menanyakannya kepada penjual maka merk AQUA yang terucapkan pertama kali. Baik penjual dan pembeli menyadari hal ini dan akan menunjukkan air mineral dan nama ‘AQUA’ padahal yang tersedia merk lain.

Inilah pentingnya brand awareness, karena dengan membuat calon pelanggan menyadari brand yang Anda miliki maka bisnis yang dimiliki akan mendapatkan keunggulan daripada brand lainnya. Walaupun menggunakan jenis produk yang sama.

Baca Juga  6 Langkah Pekerjaan Jasa Riset Pemasaran

Strategi Sederhana Mengembangkan Brand Awareness

Para pemilik usaha dapat mengembangkan brand awareness dengan baik dengan melakukan beberapa strategi sederhana di bawah ini, yaitu:

  • Menambah Promosi Online
    Pada masa digital saat ini muncullah berbagai media online, sosial media dan lainnya. Keberadaan sosial media ini menjadi semakin penting karena penggunanya terus bertambah dari waktu ke waktu. Karenanya, Anda harus memakai sosial media sebagai media promosi secara online. Mengapa? Karena peluang produk dan brand yang dimiliki mudah dikenal banyak orang terutama pengguna sosial media.
  • Strategi Konten Marketing
    Salah satu hal penting yang harus dilakukan saat ini adalah melakukan konten marketing. Pemasaran berdasarkan konten tertentu harus disadari dengan baik karena Anda bisa melakukan pemasaran yang lebih terstruktur, rapi dan tepat sasaran. Hal ini akan berkaitan dengan promosi online sehingga lebih rapi dan dapat dihubungkan satu sama lain.
  • Bekerjasama
    Mengembangkan brand awareness akan menjadi lebih baik jika Anda bekerjasama dengan pihak-pihak lain. Bentuk kerjasama cukup beragam seperti mengikuti event, menjadi sponsor acara tertentu, bekerjasama dengan influencer, ataupun kolaborasi dengan perusahaan dan produk lainnya.

Sekarang Anda telah memahami pentingnya brand awareness dan bagaimana strategi sederhana mengembangkannya. Hal ini akan semakin penting bagi para pemilik bisnis yang ingin bersaing dan bertahan untuk jangka panjang. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka bisnis Anda akan bertahan dan bisa berkembang menjadi lebih besar lagi di masa depan.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?