sumber : http://informasi-trainingcenter.com/

Apapun bisnis yang dilakukan, tentunya harus melalui sebuah perencanaan yang matang. Business plan merupakan sebuah rancangan saat ingin memulai sebuah bisnis, seperti tujuan, latar belakang dan strategi yang digunakan. Jika masih bingung bagaimana membuat business plan, mungkin diluar sana ada banyak sekali yang memberikan pelatihan pembuatan business plan, jadi saat ada peluang atau kesempatan saat ada sebuah acara pelatihan langsung saja datang, untuk menambah pengalaman dan cari kenalan.

Manfaat Mengikuti Pelatihan Business Plan

sumber : sinaran-training.com

Tidak hanya akan diberi tahu tentang bagaimana cara membuat business plan, tapi ada yang lebih bermanfaat dari mengikuti sebuah pelatihan pembuatan business plan, yaitu menambah relasi. Disadari atau tidak, relasi akan sangat membantu saat kita akan memulai sebuah usaha.

Dengan adanya relasi, ditambah lagi dengan pengetahuan tantang business plan, maka bisa dipastikan rencana usaha pasti akan sesuai dengan harapan. Manfaat lain dari mengikuti pelatihan ini pembuatan business plan adalah kita bisa mengetahui beberapa pengalaman orang-orang yang sudah sukses dalam berkarier. Sehingga, jika masih dalam tahap awal, kita akan tahu apa saja yang harus dilakukan.

sumber : edukatama.com

Jadi, untuk memulai sebuah bisnis, kita tidak bisa langsung berjalan begitu saja. Ada beberapa persiapan yang harus diselesaikan dengan matang. Salah satunya adalah business plan, dengan begitu rencana kedepan bisa jelas dan tegas. Saat mengalami permasalahan ditengah, maka tidak lagi bingung, karena kita sudah menyiapkan semuanya.

Mungkin dalam artikel ini, akan diberikan sedikit gambaran tentang bagimana pembuatan business plan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan business plan. Dengan memiliki sebuah perencanaan bisnis yang matang, semua resiko akan bisa diminimalisir. beberapa kendala yang ada juga bisa diantisipasi dengan inovasi-inovasi baru.

Baca Juga  Cara Melakukan Riset Pasar Online

Cara Membuat Business Plan Mudah dan Tepat

sumber : http://jogja-training.com/

Business plan harus dibuat dengan benar dan melihat dari keseluruhan aspek, sehingga sekecil apapun kerugian masih bisa untuk di antisipasi. Berikut adalah cara membuat business plan yang mungkin bisa dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis.

Langkah pertama adalah melaukan riset pasar. Riset yang dilakukan adalah dengan melihat bagiamana kondisi pasar saat ini. Ada berapa banyak kompetitor dan seberapa besar permintaan pasar akan produk tersebut. Dengan mengetahui bagaimana kondisi pasar, seorang pebisnis akan bisa menentukan bagaimana strategi selanjutnya, agar bisnisnya bisa berkembang dan diterima di pasaran.

Selanjutnya, tentukan produk yang ingin di jadikan sebagai usaha. Produk merupakan hal utama yang harus dipikirkan dengan serius. Tentunya setelah melakukan riset pasar, sudah diketahui produk apa yang ingin dikembangkan. Buatlah produk yang inovatif dan memiliki keunikan tersendiri, sehingga bisa bersaing dipasaran.

sumber : www.training-sdm.com

Setelah memiliki produk, buatlah profil perusahaan. Nama, tag line, logo, nama produk harus memiliki kesan yang baik di mata pelanggan. Selanjutya, jangan lupa untuk membuat sebuah rancangan anggaran, sehingga dengan ini, seberapa besar modal yang dibutuhkan akan diketahui.

Langkah berikutnya adalah menentukan stratagi pemasaran. Ini merupakan hal yang paling penting, ada banyak sekali yang harus dipikirkan dalam membuat sebuah strategi pemasaran. Mulai dari tempat, harga produk, pasar, dan kepada siapa kita akan menjual.

Beberapa langkah di atas bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah bisnis, dengan begitu semua yang akan dilakukan bisa tergambar dengan jelas. Cara membuat business plan sebernarnya sangat mudah, namun harus di buat dengan sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahan saat menjalankans sebuah bisnis.

Live Chat
Send via WhatsApp