Brand memiliki posisi yang penting dalam kegiatan usaha. Biasanya para pelaku bisnis menjadikannya sebuah identitas untuk produk mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan kegiatan branding. Yaitu sebuah proses komunikasi yang sengaja dilakukan untuk membangun dan membesarkan merek. Faktor itu yang kemudian membuat tahapan ini harus dipertimbangkan dengan baik.

Kotler berpendapat bahwa branding ialah pemberian tanda, istilah, nama, simbol, kombinasi warna, dan rancangan semua elemen yang bertujuan untuk mengidentifikasi produk perusahaan. Hal ini digunakan untuk menjadi pembeda dengan produk pesaing. Sedangkan menurut Landa adalah kegiatan yang bukan hanya berisikan mengenai nama, melainkan lebih kompleks untuk mewakilkan karakter perusahaan dibenak konsumen.

Dari pendapat kedua ahli di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa proses pengenalan berhubungan dengan penentuan brand. Tiga komponen yang harus diperhatikan saat membangun merek. Pertama, siapkan konten menarik sekaligus relevan dengan kebutuhan pelanggan. Kedua, buat jangkauan efektif yang mempermudah pembeli menemukan produk. Ketiga, interaksi positif untuk menyalurkan dengan bahasa yang universal dan mudah dimengerti.

Berikut ulasan mengenai fungsi merek. Pembahasan ini akan menjadi penting dikarenakan dalam proses ini akan tersampaikan brand identity kepada konsumen.

Sebagai Pembeda

Produk yang sudah memiliki nama tentu akan lebih mudah dibedakan dengan barang lainnya. Point plus ini akan memberikan dampak positif bukan hanya untuk kurva permintaan, namun berdampak pula pada value perusahaan yang mengusungnya. Sedangkan untuk sampai pada tahap ini, seorang pebisnis harus melakukan penelitian yang berhubungan dengan minat pelanggan. Misalnya saja, survey brand dari perusahaan A dan B.

Daya Tarik dan Promosi

Brand bukan hanya sekadar nama atau simbol yang disematkan pada produk. Namun, memiliki maksut lebih luas untuk jangka panjang. Maka dari itu, ada baiknya Anda memperhatikan visual merek untuk menambah daya tarik di mata pelanggan. Poin ini pula yang nantinya akan mempermudah proses promosi.

Membangun Citra

Sebuah perusahaan sangat memperhatikan proses branding karena berkaitan dengan jaminan kualitas, keyakinan konsumen, sekaligus untuk menumbuhkan citra yang baik. Semakin cepat bisnis mendapat penilaian bagus dari masyarakat, jelas akan mempermudahkan tingkat loyalitas dari pelanggan. Contohnya, penggemar produk Apple, menamai dirinya dengan sebutan Apple Fanboy.

Pertanyaan yang kemudian muncul ialah kenapa kedudukan survey brand menjadi penting dalam ranah bisnis? Bukankah sudah terwakili oleh proses branding? Seperti yang sudah diketahui bahwa penelitian merek dilakukan oleh perusahaan dengan cara menjangkau pembeli. Misalnya, mengukur tingkat kepuasan atau tidaknya konsumen dan mendengarkan kebutuhan pelanggan. Biasanya research dilakukan dengan cara wawancara atau menyebarkan kuesioner.

Live Chat
Send via WhatsApp