Survei segmentasi Targeting dan positioning adalah dua hal yang penting dalam pemasaran yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Segmentasi pasar merupakan proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu seperti demografi, geografi, psikografis, dan perilaku konsumen.

Sementara itu, Positioning ialah proses menciptakan citra atau persepsi unik perusahaan terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkannya di mata pelanggan atau konsumen. Sehingga produk yang tawarkan dan dipasarkan mudah diingat oleh masyarakat karena memiliki sebuah ciri khas yang melekat.

Manfaat Survei Segmentasi Bagi Perusahaan

Tujuan utama dari segmentasi pasar ialah untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang memiliki kebutuhan dan preferensi yang serupa. Dengan begitu, maka perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang tepat untuk setiap kelompok konsumen. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh perusahaan:

1. Mengidentifikasi Pasar yang Potensial

Dengan memahami karakteristik konsumen, perusahaan dapat mengidentifikasi pasar yang potensial dan merancang strategi pemasaran yang tepat untuk setiap segmen pasar. Dalam mengidentifikasi ini diperlukan ketelitian dan analisis yang tepat supaya mendapatkan hasil identifikasi yang akurat.

2. Meningkatkan Efektivitas Kampanye Pemasaran

Dengan memfokuskan kampanye pemasaran pada segmen pasar tertentu, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan mengurangi biaya iklan yang tidak perlu. Iklan yang dibuat harus unik dan mampu menciptakan daya tarik tersendiri guna menarik perhatian masyarakat.

3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, maka perusahaan dapat memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan konsumen. Jika hal itu terjadi tentu akan berdampak pada peningkatan kepuasan konsumen.

4. Meningkatkan Daya Saing

Jika mampu memahami segmen pasar dan kebutuhan konsumen, perusahaan dapat merancang produk dan layanan yang lebih tepat sasaran. Dengan begitu maka akan meningkatkan daya saing perusahaan. Terlebih bila saat ini semakin banyak perusahaan serupa yang muncul sebagai pesaing baru.

Baca Juga  Tips Melakukan Survey Potensi Pasar Yang Akurat

Manfaat Positioning Untuk Perusahaan

Tujuan utama dari positioning adalah untuk membuat produk atau perusahaan menjadi lebih menarik dan berbeda dari pesaingnya. Sehingga akan lebih mudah diingat dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini beberapa manfaat dari positioning bagi perusahaan yang harus diketahui:

1. Memperkuat Citra Merek

Dengan memposisikan merek atau produk secara tepat, perusahaan dapat memperkuat citra merek dan membedakannya dari pesaing lain. Survei segmentasi dan positioning ini tentu saja akan membuat kesan tersendiri di kalangan masyarakat. Sebaiknya pakailah merek yang unik dan bukan nama pasaran yang telah banyak digunakan.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Citra atau persepsi unik yang diciptakan oleh perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atau pelanggan. Hal tersebut tentunya akan membentuk loyalitas mereka terhadap merek atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Meningkatkan Daya Tarik Produk

Bila perusahaan mampu memposisikan produk secara tepat, maka akan dapat meningkatkan daya tarik produk. Hal ini biasanya akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Tentunya, hal ini juga berlaku apabila perusahaan bergerak di bidang penyedia jasa.

4. Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya

Posisi produk secara tepat maka akan berdampak pada sebuah perusahaan karena hal ini bisa mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi operasional bagi sebuah perusahaan.

Jadi, itulah beberapa manfaat bagi perusahaan jika melakukan survei segmentasi dan positioning pada waktu tertentu. Kegiatan ini sebaiknya dijadikan agenda penting, mengingat manfaat yang dihasilkan sangatlah berguna bagi keberlangsungan perusahaan.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?