Berbicara mengenai Kepuasan Pelanggan tentu sangat penting membuat pelanggan senang dan puas serta mengukur seberapa Puas Pelanggan terhadap pelayanan kita. Pelanggan yang puas dengan layanan dan senang, tentu akan menuntun klien ataupun pelanggan loyal dan order lagi kepada bisnis kita. Untuk itu perlunya terus memperbaiki bisnis dan juga produk kita agar menjadi produk dan pelayanan terbaik sehingga pelanggan tidak dengan mudah untuk berpaling kepada kompetitor.

Manfaat Survey Kepuasan Pelanggan

Banyak sekali manfaat survey kepuasan pelanggan, salah satunya ialah membangun loyalitas pelanggan.Sebab semakin banyak kita memiliki pelanggan yang loyal ini pertanda bisnis kita semakin bertumbuh. Apabila pelanggan puas dengan produk maupun layanan kita tentu ini akan membawa efek domino pelanggan tersebut pasti akan mereferensikan bisnis ataupun produk kita kepada pelanggan lain ini yang di namakan sebagai marketing ketok tular.

Selain itu kita dapat mengetahui secara detail kepuasan pelanggan dimana titik ketidakpuasan dan apa masalah yang terjadi dilapangan agar dapat kita segera melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap strategi manajemen.

Mengapa Survey Kepuasan Pelanggan Harus dilakukan ?

Survey kepuasan harus segera dilakukan secara berkala salah satu faktornya ialah :

  • Kita dapat memproyeksikan penjualan di masa mendatang
  • Menetapkan Tujuan dan Pengembangan Ide Baru Bagi Perusahaan
  • Menunjukan Kepedulian kita terhadap Pelanggan
  • Membangun Citra Positif

Jika citra negatif kita dibiarkan berkembang tentu akan membawa efek jelek bagi bisnis kita, hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun jasa yang kita pasarkan. Untuk itu sangat penting bagi kita agar terus melakukan evaluasi manajemen melalui survey kepuasan pelanggan agar jangan sampai citra jelek kita terus berkembang yang akan berakibat terhadap penurunan omset perusahaan.

Baca Juga  Survey Kepuasan Pelanggan: Metode dan Cara Efektif Dalam Penyusunannya

Selain itu survey kepuasan pelanggan juga berpengaruh terhadap GAP yang ada, kita dapat mengukur secara masif aktifitas sales serta pelayanan manajemen, apa apa yang perlu di perbaiki dan mana mana yang perlu di pertahankan.

lantas apa efeknya kalau kita tidak melakukan perbaikan ? memang efeknya tidak secara langsung namun citra bisnis yang buruk akan berdampak terhadap penjualan kita kedepannya. sebab tentu bisnis harus dimulai dengan rasa kepercayaan dan kenyamanan pelanggan yang terus dan terus kita bangun dan benahi.

Ratting Bisnis ini harus senantiasa kita jaga dalam semua lini, agar tidak berdampak buruk terhadap bisnis kita dan menurunkan penjualan perusahaan. Survey Kepuasan Pelanggan juga bermanfaat untuk menghitung index kepuasan pelanggan maupun pelayanan bisnis kita terhadap pelanggan selama ini apakah sudah baik atau mana mana yang perlu di tingkatkan, hal ini merupakan integible aset atau aset yang tidak berwujud bagi bisnis kita sehingga kita harus rajin dan rutin dalam mengukur survey index kepuasan pelanggan sehingga keinginan pelanggan dapat terakomodir dengan baik. Hal ini juga merupakan bagian dari Jasa Pembuatan Bisnis Plan dan Jasa Bisnis plan yang biasa di susun oleh grapadi konsultan

 

 

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?