Tahapan-Tahapan dalam Melakuakn Studi Kelayakan Bisnis

Tahapan Studi Kelayakan

 

Studi Kelayakan Bisnis dibuat dengan tujuan untuk menentukan suatu kelayakan dari sebuah perusahaan sebelum dijalankan. Para pebisnis bisanya menggunakan penyedia Jasa Pembuatan Studi Kelayakan untuk melakukan kegiatan ini. Banyak kelebihan dari menggunakan jasa ini selain untuk memenuhi tujuan dibuatnya kegiatan perencanaan.

Semua pebisnis tentunya mengharapkan bisnis yang akan ia rintis dapat berjalan sesuai rencana dan maju di masa depan. Namun, untuk memenuhi keinginan tersebut pentingnya melakukan tahapan dan cara yang benar. Adapun tahapan-tahapan penting dalam Studi Kelayakan Bisnis yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

 

 

1. Tahap Penemuan Ide Bisnis

Tahap pertama dalam kegiatan apapun pada dasarnya adalah menemukan ide. Apalagi dalam berbisnis perlunya menemukan ide-ide bisnis yang kreatif, proyektif, dan inovatif. Ide ini yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah Studi Kelayakan yang digunakan sebagai rencana awal memulai sebuah bisnis.

Namun, jika ide bisnis yang didapatkan lebih dari satu maka pilihlah salah satu ide dengan memperkirakan modal yang cukup dan laba yang memungkinkan untuk bisnis tersebut. Sebagai pebisnis kamu juga bisa menentukan ide mana yang sesuai dengan pengalaman sehingga mampu melibatkan diri dalam hal teknis.

 

 

2. Tahap Penelitian Terhadap Bisnis

Selanjutnya adalah tahap penelitian terhadap bisnis yang akan dijalankan. Setelah kamu menemukan ide bisnis, Jasa Studi Kelayakan akan mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis hasil pegolahan, menyimpulkan, dan membuat laporan hasil pengolahan data untuk dijadikan inovasi mengenai bisnis yang akan berdiri.

 

 

3. Tahap Evaluasi Bisnis

Pada tahap ini kamu akan mengevaluasi rencana bisnis baik dari segi biaya maupun manfaat untuk membandingkan sesuatu dengan satu atau lebih standar kualitas bisnis. Evaluasi yang dilkukan pun mulai dari mengevaluasi bisnis yang akan dibangun sampai bisnis yang sedang berjalan.

Baca Juga  Analisa kompetitor pada studi kelayakan

Dalam tahap evaluasi ini nantinya akan dibandingkan semua biaya yang akan dihasilkan oleh rencana bisnis serta manfaat apa saja yang diperkirakan dapat diperoleh.

 

 

4. Tahap Mengurutkan Usulan Bisnis

Tahap ini dilakukan apabila terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis yang dianggap layak. Maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang mempunyai nilai manfaat tertinggi dibandingkan dengan usulan lain berdasar kriteria penilaian yang ditentukan.

Tahap ini juga berarti memilih ide bisnis terbaik dari beberapa ide yang telah dikumpulkan. Dengan kata lain, setiap rencana bisnis pastilah memiliki beberapa usulan dan ide untuk menjalankannya. Adanya tahap ini dapat memberikan penilaian dari setiap usulan untuk dipilih menjadi usulan terbaik.

 

 

5. Tahap Merencanakan Bisnis

Selanjutnya setelah berhasil memilih usulan dan ide terbaik dari beberapa ide, yaitu merencanakan sebuah bisnis. Rencana ini termasuk pengembangan dari ide-ide yang telah dibuat. Tahap ini merencanakan pelaksanaan bisnis sehingga tercipta suasana bisnis yang tertata dan terencana.

Rencana bisnis yang dipilih sebelumnya akan dijadikan sebagai rencana kerja pembangunan usaha. Mulai dari menentukan jenis pekerjaan, jumlah dan kualifikasi tenaga kerja, ketersediaan dana dan sumber daya lain, serta kesiapan manajemen bisnis.

 

 

6. Tahap Pelaksanaan Bisnis

Tahap terakhir yang akan dilakukan penyedia Jasa Studi Kelayakan dalam melakukan kegiatan Studi adalah pelaksanaan. Dalam pembangunan bisnis diperlukan manajemen yang tepat sesuai dengan aspek yang dibahas dalam Studi Kelayakan Bisnis.

Setelah ide, evaluasi, dan rencana selesai dikerjakan tahap selanjutnya adalah melaksanakan operasional bisnis secara rutin. Agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka meningkatkan laba perusahaan, maka pengoperasiannya diperlukan kajian untuk mengevaluasi bisnis dari aspek studi kelayakan.

Baca Juga  Tujuan Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

 

Itulah tahapan-tahapan penting ketika menjalankan Studi Kelayakan Bisnis. Agar bisnis yang akan kamu jalankan sesuai dengan rencana, maka perlunya memperhatikan tahapan tersebut. Semoga bermanfaat!

Live Chat
Send via WhatsApp