Pasti Anda sering mendengar rencana proyek pembangunan milik pemerintah di surat kabar, televisi ataupun berita di internet bukan? Proyek tersebut tentu memiliki peranan penting bagi publik. Oleh karena itu, proyek pemerintah tidak akan pernah berhenti. Tetapi, pemerintah tidak bisa melakukan pembangunan itu sendiri. Karenanya, terdapat tender pemerintah yang bisa diikuti oleh berbagai perusahaan baik itu BUMN ataupun swasta.

Proyek ini sangat berharga karena nilainya sangat besar dan bisa membuat perusahaan hidup dalam jangka waktu yang lama. Namun, tidak semua perusahaan bisa mengikuti tender tersebut karena satu atau beberapa alasan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tender tersebut Anda harus mengetahui apa saja persyaratan yang ada serta bagaimana tahapan mengikutinya.

Syarat Mengikuti Tender Pemerintah

Sebelum mengikuti tender tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Beberapa tender memiliki syarat yang berbeda namun sebagian besar persyaratan tersebut antara lain:

  1. Legalisasi usaha perusahaan dengan dokumen NPWP, SIUP dan TDP.
  2. Laporan keuangan yang telah diaudit.
  3. Mencari informasi di internet atau instansi terkait.
  4. Membuat proposal penawaran tender dan lainnya.

Sebenarnya perusahaan baru ataupun yang telah lama berdiri bisa mengikuti tender tersebut. Namun, perusahaan baru memiliki beberapa kelemahan dalam melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Contohnya laporan keuangan yang telah diaudit dan proyeksi usaha.

Untuk perusahaan baru tentu hal ini sulit dilakukan. Oleh karena itu, untuk memudahkan kelengkapan dokumen tersebut setiap perusahaan sebaiknya memikirkan bisnisnya dengan baik sedari dini. Contohnya saja dengan memakai jasa studi kelayakan bisnis, audit keuangan dan lain sebagainya. Karena dengan bantuan pihak tersebut Anda telah melengkapi berbagai hal penting untuk mengikuti tender tersebut.

Baca Juga  Pentingnya Pelatihan Pembutanan Business Plan bagi Para Calon Pengusaha

Beberapa Tahapan Proses Tender

Setelah melengkapi berbagai dokumen dan persyaratan lainnya. Maka, sekarang Anda sudah bisa ikut serta dalam proses tender proyek pemerintah tersebut. Tentunya, terdapat beberapa langkah dalam mengikuti hal ini, seperti;

  1. Mendapatkan undangan dalam mengikuti tender. Biasanya yang memperoleh undangan tersebut adalah perusahaan bisnis yang telah terbiasa mengikuti tender. Akan tetapi, perusahaan yang mendapatkan tender juga bisa mengundang perusahaan lainnya untuk mengikuti tender tersebut. Oleh karena itu, menjalin relasi bisnis yang baik sangat penting bagi setiap pengusaha.
  2. Informasi tender. Setelah mengikuti tender, nantinya pihak penyelenggara proyek akan menjelaskan rincian proyek tersebut secara terbuka.
  3. Pengajuan proposal. Perusahaan yang mengikuti tender tentunya telah mendengar sedikit informasi tentang proyek tersebut.
  4. Presentasi. Pada tahap ini pihak perusahaan akan mempresentasikan proposalnya kepada penyelenggara proyek. Proposal tender tersebut diberikan kepada penyelenggara proyek beserta rincian dana yang dibutuhkan. Nantinya, pihak penyelenggara akan memilih proposal yang terbaik.

Pihak yang terpilih akan melaksanakan proyek tersebut sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati. Sedangkan proses pencairannya bisa dilakukan bertahap. Tentunya mengikuti tender pemerintah sangat menarik karena memiliki efek langsung kepada publik serta dananya yang besar. Namun, Anda harus memiliki modal dan pengalaman yang besar untuk mengikuti tender tersebut.

Live Chat
Send via WhatsApp