Ketika mendirikan sebuah bisnis, erat kaitannya dengan analisis studi kelayakan bisnis. Membuat analisis tersebut perlu beberapa tahapan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Surabaya menjadi kepercayaan para pebisnis untuk melakukan kegiatan analisis studi kelayakan tersebut.

Menjadi seorang jasa konsultan studi kelayakan bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui berikut ini.

 

Menemukan Ide Bisnis

Tahap awal dalam melakukan sebuah analisis adalah menemukan ide. Untuk menemukan beberapa ide maka perlu adanya sebuah penelitian. Ide tersebut nantinya dikembangkan menjadi bisnis yang akan dilaksanakan.

Selanjutnya akan ditemukan beberapa ide yang kemudian harus ditentukan. Penentuan ide tersebut harus melewati beberapa tahapan analisis yang juga disebut sebagai studi kelayakan bisnis.

 

Membuat Pendahuluan

Setelah menentukan ide kemudian melakukan studi pendahuluan. Studi pendahuluan dibuat dengan tujuan untuk mendapat gambaran umum tentang bisnis yang akan dijalankan.

Pada tahap ini juga akan ditemukan beberapa kendala yang mungkin akan menghambat jalannya sebuah bisnis. Dengan diketahuinya kendala tersebut maka akan mudah ditemukan solusinya.

 

Melakukan Evaluasi

Tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap ide bisnis yang telah dibuat studi pendahuluan sebelumnya. Pada tahap ini akan dilakukan evaluasi terhadap beberapa aspek yaitu, aspek hukum, pasar pemasaran, ekonomi budaya, manajemen, dan keuangan.

 

Baca Juga : Jasa Konsultan Bisnis : Peran dan Tips Memilih Yang Tepat

 

Pengumpulan Data

Tahap pengumpulan data dilakukan dengan berbagai metode yang dapat kamu pilih. Seperti wawancara, observasi, penelitian, kuesioner, survey, dan lain sebagainya. Pengumpulan data ini bertujuan untuk menentukan kelayakan dari ide-ide bisnis yang telah dianalisis selama tahap sebelumnya.

 

Baca Juga  Survey Online Alternatif Survey ditengah Wabah Corona

Merencanakan dan Melaksanakan Bisnis

Setelah ide bisnis ditemukan serta bisnis dinyatakan layak untuk didirikan, maka selanjutnya adalah membuat rencana. Rencana tersebut nantinya akan dijadikan sebuah patokan untuk melaksanakan pekerjaan di perusahaan.

Tahap ini merupakan tahapan terakhir dalam kegiatan analisis studi kelayakan bisnis. Dapat juga dikatakan bahwa tahap ini merupakan suatu tujuan mengapa studi kelayakan sangat penting untuk dilakukan.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai tahapan-tahapan penting yang dilakukan dalam pembuatan studi kelayakan bisnis. Pastikan kamu tidak salah dalam memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan agar bisnis mu dapat berjalan dengan optimal. Semoga artikel ini membantu.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?