Data adalah sekumpulan fakta dalam berbagai bentuk yang didapat dari proses penelitian secara mendalam. Menurut Nuzulla Agustina yang mendefinisikan keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik tabel, gambar, lambang, kata, dan huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Dapat disimpulkan bahwa jasa olah data memiliki posisi krusial untuk sebuah keputusan. Semua informasi merupakan sumber akurat sebagai acuan melanjutkan ke proses berikutnya. Fungsi lainnya adalah menjadi bahan evaluasi, dan dasar dari implementasi dari planning yang terencana. Dalam hal ini pengumpulan fakta memiliki banyak jenis. Sebut saja data internal dan eksternal, dimana keduanya digunakan berdasarkan sumber yang diperoleh.

Sedangkan berdasarkan sifatnya dibagi dua. Pertama, data kualitatif yang dinyatakan dalam bentuk verbal, simbol, atau gambar. Misalnya, kuesioner mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan perusahaan. Kedua, kualitatif yang dikumpulkan secara berkala untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian pada periode tertentu. Contohnya, harga sembako.

Karena banyaknya informasi yang didapat membuat proses pengolahan tidak semudah membalik tangan. Faktor seperti ini menjadikan jasa olah data banyak bermunculan. Biasanya mereka menawarkan berbagai hal menarik untuk kepuasan klien. Berikut beberapa manfaat layanan ini untuk perkembangan penelitian.

Dasar Penyususnan Rencana

Manfaat pertama dari adanya jasa olah data adalah untuk mempermudah perusahaan menyusun rencana. Keuntungan ini diperlukan oleh setiap kegiatan, dikarenakan sebelum menjalankan proses seseorang perlu tahu kondisi sebenarnya dari apa yang akan dijalankan. Planning mencakup banyak aspek. Misalnya saja, perencanaan keuangan, nasional, regional, dan sektoral. Jadi, fakta yang ditemukan harus mencakup informasi masa lampau, saat ini dan akan datang.

Sebagai Pengendali

Alat kontrol dalam operasional perencanaan harus dimiliki. Tujuannya untuk mengetahui kesalahan dalam proses pelaksanaan agar segera dikoreksi. Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam setiap kegiatan akan menimbulkan persoalan. Maka dari itu, semua penyebab harus dikendalikan dengan temuan bukti yang mencakup masa depan. Ketika kondisi seperti ini sudah teratasi dengan baik, tentu akan membentuk pola sistematis.

Mempermudah Penentuan Strategi

Apapun bentuk perusahaan yang dibangun, strategi selalu dibutuhkan untuk mempermudah pencapaian. Goal ini menjadi pendorong semua pihak melakukan berbagai jenis pendekatan agar mereka mengetahui apa yang diinginkan oleh  konsumen. Contohnya, melakukan riset marketing, menguji tingkat penjualan barang atau jasa.

Riset selalu bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebaik dan seakurat mungkin. Hal ini menunjukan bahwa keduanya memiliki hubungan sebab-akibat. Jasa olah data mampu melakukan semua proses itu dengan baik dan penelitian akan berhasil.

Live Chat
Send via WhatsApp