Survey potensi pasar adalah sebuah studi untuk mengetahui potensi atau peluang pasar bagi suatu produk atau layanan yang akan diluncurkan. Tujuan dari survey ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi tentang target pasar, preferensi konsumen, tren pasar, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Data-data tersebut akan digunakan untuk membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang biasa dilakukan dalam melakukan survey pada potensi pasar:

Tentukan Tujuan Survey

Sebelum melakukan survey, tentukan terlebih dahulu tujuan dari survey tersebut. Apakah untuk mengetahui ukuran pasar, tingkat kepuasan konsumen, atau preferensi produk. Bisa juga untuk hal-hal lain yang relevan dengan produk atau layanan yang akan diluncurkan.

Survey tersebut juga bisa dilakukan apabila Anda ingin mengetahui saingan dari bisnis yang tengah dijalankan. Selain itu, jika bisa mengetahui apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga mampu mencukupi keinginan dan kebutuhannya.

Tentukan Sasaran atau Target Konsumen

Sasaran atau target konsumen adalah kelompok orang yang menjadi fokus dari survey ini. Misalnya, jika produk yang akan diluncurkan adalah produk kesehatan, maka target konsumen bisa berupa orang-orang yang aktif berolahraga.

Selain itu, bisa juga mencari target orang-orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Anda bisa melakukan survey di klinik kesehatan atau rumah sakit.

Pilih Metode Survey yang Tepat

Ada beberapa metode survey potensi pasar yang dapat dilakukan, seperti wawancara langsung, kuesioner online atau offline, atau focus group discussion (FGD). Pilih metode yang paling sesuai dengan tujuan survey dan target konsumen. Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui potensi pasar yang ada sehingga mampu meningkatkan bisnis yang dimiliki.

Baca Juga  Panduan Langkah-demi-Langkah Membuat Riset Pasar yang Efektif

Buat Kuesioner atau Pertanyaan

Setelah menentukan metode survey, buatlah kuesioner atau pertanyaan yang relevan dengan tujuan survey dan target konsumen. Pastikan pertanyaan dalam kuisioner yang dibuat dengan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti oleh responden. Jangan membuat pertanyaan yang bertele-tele supaya tidak membingungkan narasumber.

Lakukan Survey

Setelah kuesioner atau pertanyaan dibuat, lakukan survey sesuai dengan metode yang telah dipilih. Pastikan juga bahwa responden yang diambil representatif dari target konsumen yang dituju. Berikan rentang waktu kapan pelaksanaan survey harus terselesaikan.

Carilah target yang mengetahui jelas tentang produk atau jasa dari bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga data yang didapatkan nantinya bisa akurat dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan melakukan survey.

Analisis Data

Setelah semua data terkumpul, analisis data untuk mengetahui hasil survey. Dalam analisis data, identifikasi pola atau tren yang terlihat dan buat kesimpulan dari hasil survey tersebut. Hasil dari analisis ini yang nantinya sangat berguna bagi perusahaan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis.

Buat Kesimpulan dan Rekomendasi

Berdasarkan hasil analisis data, buat kesimpulan dan rekomendasi untuk pengambilan keputusan. Anda semestinya sudah bisa melihat bagaimana mekanisme di pasar yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dimiliki.

Rekomendasi yang didapatkan dari hasil survey ini dapat berupa strategi pemasaran, pengembangan produk atau layanan, dan penentuan harga. Buatlah agenda meeting bersama tim untuk membahas hasil survey tersebut dan menggunakannya demi keberlangsungan bisnis.

Survey potensi pasar sangat penting dilakukan oleh perusahaan sebelum meluncurkan produk atau layanan baru. Dengan melakukan kegiatan tersebut, perusahaan dapat memahami target konsumen dengan lebih baik dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat. Hal ini akan membantu perusahaan mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?