Pelanggan adalah hal utama yang harus mendapatkan fokus lebih dari manajemen dan perusahaan. Hal ini disebabkan adanya pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Memang ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tujuan dari perusahaan bisa tercapai. Selain menetapkan beberapa strategi di awal, prosesnya pun harus tetap diperhatikan. Berbicara mengenai tujuan perusahaan, sudah pasti erat kaitannya dengan tingkat profit atau laba perusahaan tentu saja.

Keuntungan perusahaan bisa didapatkan dengan beragam motif, salah satun caranya ialah dengan melakukan pendekatan kepada para konsumen atau pelanggan. Sekedar info, memelihara pelanggan sama artinya dengan memelihara laba perusahaan.

Semakin banyaknya pelanggan, semakin banyak pula profit yang akan didapatkan.

Statement di atas bisa berlaku hanya jika Anda benar-benar telah mendapatkan loyalitas pelanggan. Hal ini disebabkan angka pelanggan bisa saja naik turun jumlahnya per periode. Tak semua pelanggan yang datang pada Anda adalah pelanggan yang memiliki loyalitas pada bisnis Anda tersebut; bisa saja mereka adalah pelanggan datangan yang hanya ingin membandingkan produk Anda dengan yang lainnya karena penasaran semata.

Namun, tak masalah, berangkat dari keingintahuan mereka, Anda bisa mengambil peluang untuk memanjakan mereka, sehingga mereka bisa benar-benar beralih pada produk yang Anda tawarkan. Jika berhasil menarik minat mereka, maka Anda berhasil meningkatkan nilai jual produk dan laba perusahaan.

Membahas mengenai pelanggan dan loyalitasnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips meraih loyalitas pelanggan. Disimak baik-baik, ya!

Give The Best Perform

Memberikan performa yang baik, bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Citra brand Anda akan berpengaruh  dari performa karyawan Anda dalam memberikan jasa kepada para pelanggan. Jika performa karyawan Anda baik, maka citra brand akan ikut baik; begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, tingkatkan performa karyawan Anda. Semakin baik performa karyawan, akan semakin baik pula pelayanan pada pelanggan. Semakin baik pelayanan, maka akan semakin banyak pelanggan yang akan berdatangan. Semua akan berbanding lurus.

 

Follow Up Your Costumer

Pada bisnis tertentu, data pelanggan biasanya tercatat dengan rapi. Sistem dapat membaca konsumen mana yang bisa diberi perhatian lebih dan diprioritaskan karena dianggap bisa menjadi pelanggan yang loyal bagi bisnis Anda tersebut. Nah, karyawan Anda wajib untuk melakukan follow up kepada pelanggan tersebut, agar ia tertarik untuk kembali memilih dan membeli produk Anda. Misalnya, dengan memberikan thank’s card by email setelah melakukan transaksi atau mengundang ia kembali jika ada promo menarik dari perusahaan.

 

Open With The Critism

Bisnis yang besar akan berangkat dari beberapa pemikiran. Kritik dan saran bisa mempengaruhi citra brand Anda. Beberapa kritik bisa saja diterima asalkan masih terhitung sebagai kritik yang membangun demi majunya bisnis Anda. Tak ada salahnya memberi kesempatan kepada para pelanggan untuk menilai performa produk yang ditawarkan. Jika kritik yang mereka layangkan, segera dieksekusi oleh manajemen, maka bukan tak mungkin bisa mengangkat citra brand Anda dimata khalayak sebab dianggap mau menampung aspirasi mereka dan menyenangkan hati pelanggan. Meski demikian, perlu dipertimbangkan pula statement “Anda tak bisa membuat seua orang menyenangi Anda”. Maka bijaklah dalam menanggapi kritik, ya!

 

Give The Reward

Memberikan hadiah kepada para pelanggan merupakan tips paling jitu untuk mendatangkat loyalitas pelanggan, loh! Tidak bisa dipungkiri lagi, jika kebanyakan pembeli sangat menyukai hadiah, terutama berupa promo atau diskon. Strategi ini bisa menarik para pelanggan agar tetap loyal dengan produk Anda, serta dapat pula memelihara pelanggan Anda yang lama.

 

Anda telah menawarkan point keberapa untuk meraih loyalitas pelanggan Anda?

Live Chat
Send via WhatsApp