Para pebisnis tentu ingin menguasai market share yang ada sebanyak mungkin. Karena, dengan perolehan market share yang besar akan memberikan keuntungan besar untuk jangka panjang. Cara terbaik untuk memperoleh hal ini adalah dengan memuaskan para customer. Tapi, bagaimana cara mengetahuinya? Tentu dengan jasa survey kepuasan pelanggan.

Survey kepuasan pelanggan ini wajib dilakukan. Karena manfaat dan tujuannya sangat banyak. Selain itu, survey ini juga harus dilakukan secara berkala agar bisa memahami kepuasan, peluang serta perubahan perilaku pelanggan. Karena dengan memahami hal ini para pebisnis dapat membuat persiapan yang lebih baik sehingga bisa meraup peluang besar di masa depan.

Tujuan Utama dari Jasa Survey Kepuasan Pelanggan

Survey kepuasan pelanggan penting dilakukan bagi setiap perusahaan. Karena memang terdapat tujuan besar di dalamnya, yaitu:

1. Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan

Salah satu cara mengetahui apakah produk dan jasa yang kamu miliki dinikmati masyarakat luas adalah dengan memeriksa tingkat kepuasannya. Karena informasi ini akan memudahkan kamu dalam menilai seberapa baiknya produk ataupun jasa yang dimiliki.

Perhitungan sederhana dari tingkat kepuasan adalah: banyaknya customer yang puas/ banyak produk yang dibeli x 100%

Tentunya, setiap jasa dapat menggunakan tambahan variabel lain yang bisa membuat hasilnya lebih komprehensif. Tapi, perhitungan sederhana di atas akan menunjukkan kepada kamu berapa besar tingkat kepuasan konsumen secara umum.

Semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen akan semakin baik. Karena, penerimaan masyarakat terhadap barang, jasa atau barnd yang kamu miliki cukup tinggi. Jadinya, hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat campaign baru baik itu memasarkan produk serta jasa terbaru.

2. Memahami Dimensi Kepuasan Pelanggan yang Bisa Ditingkatkan

Survey kepuasan pelanggan dibuat dengan berbagai pertanyaan yang baik dan mewakili kepuasan secara general dan spesifik. Karena dalam sebuah produk dan jasa terdapat banyak aspek yang bisa dinilai. Contohnya saja untuk produk komputer yang dilihat tidak hanya tampilan, tetapi juga performa, spesifikasi, fitur, kemudahan penggunaan dan lainnya.

Baca Juga  Studi Kelayakan Bisnis

Mengingat dalam sebuah produk dan jasa bisa dipilah-pilah maka persepsi pelanggan terhadap produk serta jasa ini tentu akan sama. Bisa jadi, ada pelanggan yang suka pada spesifikasinya tetapi tampilannya kurang menarik, atau ada juga yang suka sama tampilannya dan spesifikasi tetapi fiturnya kurang disukai dan lain sebagainya.

Nah, melalui jasa ini para pebisnis dapat melihat dimensi kepuasan pelanggan dengan seksama. Jadi, mereka bisa membuat peningkatan yang lebih krusial untuk produk serta jasa lama kemudian membuat yang lebih baik pada produk berikutnya.

3. Menjadi Acuan Untuk Perencanaan Ke Depan

Tujuan terakhir dari jasa survey kepuasan pelanggan ini adalah membantu para pemilik bisnis untuk membuat perencanaan yang lebih baik ke depannya. Hasil survey ini akan muncul dalam bentuk data dan analisa. Kedua hal ini akan memudahkan pebisnis melihat potensi, peluang, masalah, ancaman dan lainnya pada bisnisnya sendiri.

Hasil survey ini tidak hanya berguna untuk perencanaan bisnis sekali saja. Namun, juga berguna sebagai acuan ke depan. Sebaiknya survey ini dilakukan secara rutin agar perusahaan data set yang lengkap. Melalui data set ini, perusahaan bisa melakukan analisa lebih lanjut yang pastinya jauh lebih menguntungkan bagi perusahaan untuk jangka panjang.

Tujuan jasa survey kepuasan pelanggan yang ada tentu masih banyak lagi. Namun, dari 3 poin tersebut kamu dapat memahami bagaimana jasa ini bekerja dan betapa pentingnya bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, gunakanlah jasa ini dan dapatkan manfaat dari tujuan jasa tersebut demi perkembangan bisnis yang jauh lebih baik. (AAP)

Live Chat
Send via WhatsApp
× Ada yang Bisa Kami Bantu ?