Sebuah bisnis dapat bertahan dan berkembang dengan pesat karena adanya pelanggan setia. Pelanggan akan tetap menggunakan produk dan jasa dari bisnis tersebut jika mereka merasa puas terhadap kualitas dan pelayanannya. Maka dari itu survey kepuasan pelanggan sangat diperlukan di sini untuk mengukur tingkat kepuasan mereka. Menurut informasi yang kami peroleh, survey ini memiliki banyak benefit menarik bagi pebisnis.
Form survey biasanya berisi mengenai rangkaian pertanyaan yang berhubungan dengan produk dan layanan bisnis di mata pelanggan. Dengan adanya form survey tersebut tentu pemilik bisnis dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan. Sehingga nantinya mereka dapat melakukan perbaikan serta inovasi dari problematika yang ada. Dalam membagikan form survey tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, sebagaimana pada pembahasan berikut.
1. Wawancara Langsung
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menyebarkan survey kepuasan pelanggan yakni melalui wawancara langsung. Anda dapat membuat janji untuk bertemu dengan pelanggan serta menetapkan lokasi tertentu untuk menanyakan suatu produk atau jasa. Melalui cara ini anda dapat melihat secara langsung bagaimana sudut pandang masyarakat terhadap bisnis anda. Cara ini juga terbilang efektif lantaran dapat mengetahui keluh kesah mereka secara langsung.
2. Mengirim Link Kuesioner
Adapun cara lain yang terkesan lebih praktis dalam menyebarkan survey terkait kepuasan pelanggan adalah dengan mengirim link kuesioner. Melalui kecanggihan teknologi yang sudah ada saat ini, tentu dapat memberikan dampak positif. Salah satunya dalam bidang tersebut, anda hanya perlu mengirim link kepada responden melalui media sosial tanpa harus bertemu langsung. Hal tentu dapat mengefisiensi waktu dan keadaan.
Akan tetapi, anda harus melakukan follow up secara rutin agar pelanggan mengisi kuesioner yang telah dikirimkan. Pasalnya tak jarang dari mereka yang lupa untuk mengisi atau menjawab kuesioner tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya hal ini, maka pihak yang melakukan survey harus terus mem-follow up kuesioner. Cara ini biasanya digunakan jika pemilik bisnis tidak memiliki banyak waktu.
3. Email
Dalam menyebarkan survey kepuasan pelanggan anda juga dapat mengirimkannya melalui email. Pasalnya, hingga saat ini email masih menjadi salah satu alternatif yang kerap digunakan dalam sebuah bisnis. Hal ini merupakan cara efektif yang dapat anda lakukan jika tidak ingin pekerjaan menjadi bertele-tele dan membutuhkan waktu lama. Namun sebagaimana pada penjelasan sebelumnya, anda perlu melakukan follow up secara rutin.
4. Telepon
Cara berikutnya dapat anda lakukan yaitu melalui telepon. Anda dapat menelpon satu persatu pelanggan dengan menanyakan kepuasan mereka terhadap produk serta layanan bisnis yang telah dijalankan. Jika menggunakan sistem ini pastikan anda sudah merekam percakapan antara responden dengan pihak survey. Sehingga nantinya tidak ada kekeliruan data, sehingga data yang diperoleh menjadi lebih akurat.
5. Aplikasi Whatsapp
Aplikasi whatsapp merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyebarkan survey kepuasan pelanggan. Agar mempermudah dalam membagikan survey, anda dapat menggunakan fitur broadcast yang terdapat pada whatsapp bisnis standar. Selain itu anda juga dapat menggunakan fitur blast yang terdapat pada whatsapp bisnis API. Terdapat perbedaan dari kedua fitur tersebut, dimana melalui fitur blast anda dapat mengirim pesan ke ribuan kontak hanya sekali klik.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait rangkaian cara efektif dalam menyebarkan survey kepuasan pelanggan. Cara di atas dapat disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan dari masing-masing pihak survey. Sehingga hasil akhir yang didapatkan juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik bisnis.