Memahami apa itu brand equity sangat penting bagi perusahaan. Karena brand merupakan hal penting. Karena dengan brand mereka bisa mengenalkan produk dan nama perusahaannya kepada masyarakat dengan baik dan mudah. Namun, terdapat hal penting lainnya dari hal itu yaitu brand equity.
Secara sederhana brand equity merupakan nilai yang dapat diperoleh perusahaan dari produk dengan merk yang dikenal masyarakat dan ini dibandingkan dengan produk lainny yang sama.
Produk dengan merk tertentu jika dibandingkan dengan merk namun produk yang sama akan memiliki nilai yang berbeda. Walaupun kualitas dan harga bisa sama. Karena brand atau merk dapat mempengaruhi pembeli dalam memilih barang.
5 Elemen Penting dari Brand Equity
Equitas dari sebuah merk tidak bisa terbangun dengan sendirinya. Setidaknya terdapat beberapa elemen yang membuat sebuah brand menjadi berharga dan memiliki nilai. Adapun beberapa elemen tersebut seperti:
1. Awareness
Sebuah brand tidak akan bernilai jika tidak diketahui oleh masyarakat. Karena semakin dikenal sebuah brand, maka masyarakat sebagai pembeli dapat menjadikannya sebagai pilihan.
Membangun awareness merupakanhal paling utama untuk membuat brand equity yang diiginkan. Karena dengan aware-nya masyakarakat maka pemilik bisnis dapat melakukan strategi marketing dengan lebih mudah.
2. Brand Association
Semua hal yang berhubungan dengan ingatan pelanggan dengan brand yang dimiliki merupakan bentuk asosiasi brand. Namun, setiap orang memiliki bentuk asosiasi yang berbeda seperti harga barang, pelayanan kustomer, toko, kualitas produk, publikasi di sosial media, tv, artis ambassador dan lainnya.
Membangun asosiasi yang baik sangat penting dan sebaiknya perusahaan menghindari asosiasi negatif agar masyarakat lebih mudah menerima brand dan produk yang ditawarkan kelak.
3. Kualitas
Kualitas produk sebuah brand harus dijaga sebaik mungkin. Para pemilik usaha harus menjaga hal tersebut agar dapat bersaing sekaligus menarik hati para pembeli.
Tentunya kualitas sebuah produk akan mempengaruhi harganya. Para pembelipun akan mempertimbangkan antara kualitas, harga dan produk dengan merk lain. Pertimbangan yang ada juga bergantung kepada kondiai keuangan masing-masing.
Namun, produk premium dari sebuah produk merupakan modal utama perusahaan untuk melakukan bargaining position dengan perusahaan lainnya.
4. Brand Loyalty
Kesetiaan pelanggan dalam membeli produk dari sebuah brand sangat penting. Melakukan hal ini tidak mudah dan buuh proses yang panjang.
Perusahaan harus menjaga kualitas semua produknya sebaik mungkin. Mereka juga harus melakukan customer service yang baik, promosi, kerjasama dan lainnya untuk menarik loyalitas pelanggan. Namun, jika hal ini dilakikan dengan baik maka volume penjualan dan value brand akan meningkat pesat.
5. Aset
Hal lain yang mempengaruhi ekuitas sebuah brand adalah aset seperti bangunan, paten, jalinan relasi dan lainnya. Aset ini dapat bertambah atau berkurang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, sebagian besar brand ternama memiliki aset yang besar. Salah satu contohnya adalah cabangnya tersedia diberbagai tempat.
Sekarang Anda telah memahami apa itu brand equity merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari perusahaan. Oleh karena itu, membangun hal ini harus diperhatikan sedari dini agar perkembangan bisnis dapat berjalan dengan baik.