Di era bisnis yang semakin kompetitif saat ini, riset pasar menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh diabaikan perusahaan. Pasalnya riset memiliki peran penting dalam membantu perusahaan untuk memahami kondisi pasar, pelanggan serta kompetitor. Tanpa adanya informasi yang akurat mengenai trend pasar serta kebutuhan konsumen saat ini tentu perusahaan dapat beresiko kehilangan peluang bisnis.

Adanya riset ini juga dapat memberikan informasi yang sangat berharga kepada perusahaan dalam mengembangkan strategi yang efektif. Akan tetapi faktanya masih banyak perusahaan yang mengesampingkan hal penting ini. Salah satu alasan yang mendasari hal tersebut adalah minimnya informasi yang mereka miliki. Namun jangan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang akurat terkait market research.

Apa Itu Market Research?

Market research atau riset pasar merupakan sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dalam bidang bisnis. Kegiatan ini dapat memberikan rangkaian informasi atau gambaran menyeluruh terkait jenis produk atau jasa. Dengan adanya hal ini tentu perusahaan akan memperoleh keuntungan yang signifikan. Selain itu adanya market research ini dapat memberi informasi terkait tingkat kepuasan para pelanggan terhadap suatu produk.

Dengan adanya market research perusahaan dapat mengetahui produk atau jasa apa yang tengah dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga nantinya perusahaan dapat membuat analisa terlebih dahulu siapa target market berpotensi untuk menghabiskan nilai jual produk tersebut. Biasanya masing-masing perusahaan akan melakukan riset dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi masing-masing.

Tujuan Market Research Bagi Perusahaan

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, kami dapat menyimpulkan bahwasanya tujuan dari adanya riset pasar bagi perusahaan dapat bervariasi. Hal ini bergantung pada kebutuhan serta tujuan spesifik dari perusahaan tersebut. Namun terdapat beberapa tujuan umum dari adanya market research, diantaranya yakni sebagai berikut.

Baca Juga  Bagaimana Mengelola Risiko Bisnis dengan Riset yang Baik

1. Memahami Pelanggan

Salah satu tujuan market research bagi perusahaan adalah memahami pelanggan. Di sini riset bertugas untuk membantu perusahaan memahami kebutuhan, preferensi serta perilaku konsumen. Nantinya data yang diperoleh tersebut akan disesuaikan dengan teori-teori yang ada. Kemudian pihak perusahaan dapat menyimpulkan strategi yang tepat agar bisnis dapat berkembang dengan pesat dan sesuai sasaran.

2. Mengidentifikasi Peluang Pasar

Tujuan market research bagi perusahaan berikutnya adalah mengidentifikasi adanya peluang pasar. Dilansir dari beberapa sumber yang ada, kami memperoleh fakta bahwa market research dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru. Selain itu market research juga dapat mengidentifikasi segmen pasar yang belum dimanfaatkan. Dengan menganalisis trend pasar maka perusahaan dapat menemukan celah untuk melakukan perbaikan.

3. Mengembangkan Produk

Adapun tujuan riset pasar sebagai perusahaan yang tak kalah penting adalah untuk mengembangkan suatu produk. Dengan memahami kebutuhan terkait keinginan konsumen tentu perusahaan dapat mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan. Ketika suatu perusahaan mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat maka mereka dapat memproduksi barang atau jasa tersebut.

4. Penentuan Harga

Tujuan market research berikutnya yakni dapat digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk. Adanya market research ini tentu dapat memberikan wawasan yang faktual terkait persepsi konsumen terhadap nilai produk dan harga yang diinginkan. Sehingga nantinya harga produk ditetapkan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah dari ketetapan harga pasar secara umum.

Demikianlah informasi terkait pengertian dan tujuan riset pasar bagi perusahaan yang wajib diketahui oleh seorang bisnis. Pasalnya hal ini dapat menjadi wawasan penting yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Live Chat
Send via WhatsApp