sumber : pexels.com

Bisnis usaha perlu upaya untuk mengalami perkembangan, salah satunya dengan menganalisis studi kelayakan usaha Anda. Adakah tempat usaha sudah tepat, strategi yang digunakan benar juga bagaimana dengan kompetitor usaha. Kompetitor sebagai pesaing bisnis bisa jadi faktor menghambat usaha Anda.

Persaingan bisnis menuntut Anda terus berinovasi dan selangkah lebih maju dibanding kompetitor usaha Anda. Persaingan dapat dilakukan secara sehat dengan strategi yang tepat. Caranya dengan terlebih dahulu melakukan analisa terhadap para kompetitor berdasar studi kelayakan. Dengan itu Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan para kompetitor untuk memperbaiki usaha Anda.

Langkah analisa kompetitor studi kelayakan

sumber : pexels.com

Lakukan analisa dengan terlebih dahulu membuat daftar kompetitor, alamat serta jenis produk yang ditawarkan. Berikutnya lengkapi dengan informasi yang dibutuhkan berupa lokasi, kualitas produk, iklan, jumlah karyawan, cara distribusi, strategi promosi, servispelanggan dan lainnya.

Berbagai informasi tersebut digunakan untuk melakukan analisa kekuatan dan kelemahan pesaing.Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing Anda dapat membuat strategi untuk menguatkan usaha Anda lebih baik dari kompetitor. Perlu diketahui informasi kekuatan kelemahan usaha juga dapat diperoleh dari pelanggan.

Pengumpulan informasi dapat dilakukan secara diam-diam. Anda dapat melakukan kunjungan sebagai pelanggan untuk menilai kelebihan yang diperoleh dari bisnis pesaing Anda dan dapat pula melalui internet.

sumber : pexels.com

Amati bagaimana cara para karyawan berinteraksi dengan pelanggan. Keunggulan produk ditawarkan. Kebijakan mengenai harga yang ditawarkan. Seperti apa iklan produk pesaing, target pasar,tampilan produk dan lain sebagainya.

Setelah semua informasi terkumpul, masukkan dalam  dengan rapi dan lakukan update data. Sebab analisa ini untuk memahami apa yang ada dibenak kompetitor dengan cara memetakan ide mereka di masa depan.

Baca Juga  Riset Pasar Mobile Menjadi Tren Baru

Ingat! Analisis ini sebagai usaha memahami perilaku kompetitor dalam jangka panjang. Jika analisis hanya berfokus kondisi saat ini, Anda akan kesulitan bersaing di masa depan.

Apa yang perlu didapat dalam analisis kompetitor studi kelayakan?

sumber : pexels.com

Melakukan analisis kompetitor pada studi kelayakan ini, Anda harus memiliki tujuan yang ingin Anda dapat. Yakni apa yang perlu Anda ketahui sebagai senjata melawan kompetitor Anda. Tujuan yang perlu Anda peroleh berupa jawaban atas pertanyaan tentang konpetitor. Antara lain:

Pertama seberapa komprehensif strategikompetitorAnda? Orientasi mereka dalam pengembangan produk serta hubungan dengan lingkungan dan perusahaan-perusahaan lain. Hal ini dapat Anda gunakan untuk menilai kekuatan kompetitor dan mendapat cara menyainginya.

Selanjutnya Anda harus mendapat jawaban bagaimana kompetitorAnda melihat masa depan. Hal ini berguna agar Anda dapat terus berada di posisi seimbang atau bahkan di atas si kompetitor.

sumber : pexels.com

Pertanyaan berikutnya adaalah bagaimana positioning pesaing kita? Positioning dapat dimulai dengan menentukan titik angka perusahaan memberi kontribusi paling besarnya. Khususnya dimasa depan dengan berbagai inovasi. Hal ini juga berkaitan dengan sumber daya yang telah disiapkan untuk menghadapi masa depan.

Jika Anda sudah mendapat jawaban dari pertanyaan di atas, saatnya Anda mendapat jawaban untuk bisnis Anda sendiri. Pertanyaan ini adalah apakah Anda telah memahami kompetitor dan siap menghadapinya dengan strategi Anda? Jawaban Anda tentu penting untuk pengembangan agar dapat bersaing dengan para kompetitor.Pertanyaan terakhir adalah apakah Anda perlu menjadi pesaing untuk kompetitor tersebut?

Analisis kompetitor ini merupakan alat untuk menumbuhkankreativitas pengembangan strategi guna mengembangkan bisnis. Dengan memahami siapa yang Anda hadapi, Anda dapat lebih mudah menemukan cara bersaing dengan baik.

Live Chat
Send via WhatsApp