Berkembang tidaknya sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh pasar karena di sanalah produk akan dijual kepada konsumen. Dengan alasan itulah maka sangat penting untuk melakukan studi riset pasar secara tepat dan benar.

Riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis ataupun untuk mempertahankan serta mengembangkan perusahaan yang sudah ada. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan jika produknya banyak terjual dan sebaliknya kalau tidak laku imbasnya buruk pada jalannya usaha.

Agar bisnis dan perusahaan Anda bisa berumur panjang dan bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat diperlukan sebuah riset yang tepat, efektif dan efisien terhadap pasar yang ada.

Riset yang dilakukan terhadap pasar akan menjadi modal penting bagi perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran dan pengembangan bisnis yang efektif. Bisa dikatakan riset pasar ibarat navigasi bagi perusahaan selama menjalankan bisnis tersebut.

Apa Fungsi dari Studi Riset Pasar?

Lantas apa sebenarnya fungsi ataupun manfaat dari dilakukannya riset pada pasar tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Mengenal Karakter Target Pasar Lebih Dalam

    Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target market dari produk.

    Dengan lebih mengenal karakter konsumen maka perusahaan akan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga bisa memberikan pelayanan yang sesuai. Mengenal karakter dari konsumen dan target pasar juga berfungsi untuk membantu perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya.

  1. Menganalisa Strategi yang dilakukan Kompetitor

    Riset terhadap pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan oleh kompetitor dalam menjual produknya.

    Yang termasuk dalam hal ini adalah bagaimana cara kerja kompetitor serta cara untuk berinteraksi dengan konsumen. Jika telah mengenali bagaimana strategi yang dilakukan oleh kompetitor maka Anda bisa menyusun strategi yang lebih baik dari mereka. Dengan begitu potensi dan kesempatan untuk memenangkan kompetisi menjadi lebih besar.

  1. Mengetahui Kebutuhan dan Permintaan Pasar

    Bagaimana perusahaan bisa yakin bahwa produknya benar-benar diterima dan sesuai dengan permintaan serta kebutuhan konsumen?

    Caranya mengetahuinya adalah melalui riset pasar. Dengan melakukan riset pada pasar sesuai target market barulah perusahaan bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dalam jumlah cukup besar. Ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk menambah omzet dan keuntungan.

  1. Mencari Peluang Baru dengan Studi Riset Pasar

    Seperti yang dijelaskan di atas bahwa melakukan riset terhadap pasar bisa menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan lebih besar.

    Nah, peluang baru ini bukan hanya sebatas pada pasar lokal saja melainkan tidak menutup kemungkinan juga pengembangan pasar ke daerah lain maupun ke luar negeri. Selama kebutuhan dan permintaan pasar dari konsumen yang diperoleh berdasarkan riset pasar tersebut ada maka perusahaan memiliki kesempatan dan peluang baru di berbagai tempat.

  1. Mengatasi Kendala dan Risiko

    Dalam bisnis apapun kendala dan risiko pasti ada dan itulah yang harus dipertimbangkan sejak awal sebelum memulai sebuah usaha. Perusahaan ataupun bisnis yang telah memperhitungkan dengan cermat apa saja kendala dan risiko yang mungkin dihadapi akan lebih mampu bertahan. Berbagai macam resiko dan kendala yang mungkin muncul saat bisnis berjalan bisa diketahui dengan melakukan riset pasar.

    Contohnya kendala mendapatkan vendor terbaik, risiko kerusakan barang dan sebagainya. Berbekal data yang diperoleh dari riset terhadap pasar maka tindakan antisipasi bisa dipersiapkan.

Pentingnya Melakukan Studi Riset Pasar

Itu dia langkah-langkah riset pasar yang perlu Anda ketahui. Bisa dibilang, riset pasar memegang peran penting terhadap keberhasilan strategi pemasaran bisnis.Sebab dengan riset pasar, Anda pun dapat mengetahui kondisi pasar yang sebenarnya sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dan menguntungkan.

Nah, dalam hal ini, Survey Center bisa membantu Anda melakukan tahapan riset pasar dengan lebih mudah, cepat, dan juga praktis! 

Survey Center adalah layanan survei berbasis online yang memberikan data-data berkualitas, kredibel, dan tentunya relevan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Survey Center siap membuat langkah-langkah riset pasar Anda berjalan baik tanpa kendala.

Yuk! mulai riset mu dengan lebih dalam dan akurat dengan Survey Center

(mt)

Baca Juga  Pengertian Dan Tujuan Dari Riset Pasar Bagi Perusahaan