Riset pasar biasanya dilakukan sebelum produk diperkenalkan kepada publik. Namun, kondisi pandemi memaksa riset pasar online harus dilakukan. Melakukan riset secara online tentunya cukup berbeda dengan melakukan riset secara langsung. Ada banyak tantangan untuk menghasilkan riset yang berdampak secara efektif bagi bisnis.
Sejauh ini, riset kuantitatif lah yang lebih sering menggunakan metode online di Indonesia. Dari tujuh sampai lima tahun terakhir, riset online sudah mulai diadaptasi oleh periset dan praktisi pemasaran di Indonesia.
Namun akselerasi yang cukup signifikan untuk lebih memanfaatkan metode online terjadi pada masa pandemi Covid-19. Masyarakat membatasi interaksinya diluar rumah namun kegiatan bisnis terutama product development harus tetap berjalan. Begitu juga dengan kegiatan riset pasar yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan harus tetap dilaksanakan.
Alhasil, tren metode online untuk riset pasar menanjak tajam sejak pandemi. Riset pasar yang dilakukan secara online, biasanya merupakan riset pasar dengan metode kuantitatif.
Indikator Penting Riset Online
Meskipun riset pasar yang dilakukan secara online memberikan berbagai kemudahan, tetap saja ada berbagai tantangan yang harus kau hadapi ketika mengumpulkan data.
Lantas, apa indikator riset pasar yang sukses dilakukan secara online?
- Response rate, yaitu seberapa banyak responden yang dihasilkan dari riset tersebut. Semakin tinggi response rate yang didapatkan, semakin bagus riset yang dihasilkan.
- Completion rate atau tingkat penyelesaian riset yang tinggi. Completion rate yang tinggi berarti minimnya error atau kesalahan yang muncul dalam riset.
- Manfaat riset, melihat apakah hasil dari riset tersebut bermanfaat dan relevan untuk keberlangsungan bisnis.
The Guardian menyebut bahwa saat ini rentang perhatian (attention span) seseorang hanya berkisar 12 detik. Sehingga, kamu harus memastikan dalam rentang waktu tersebut responden dapat fokus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam riset. Jadi, kamu harus membuat pertanyaan-pertanyaan yang efisien.
Hal ini juga dilakukan agar responden tidak mengalami responden fatigue yang menyebabkan kualitas data yang diberikan tidak sesuai harapan saat mengisi kuesioner riset online.
Keuntungan Riset
Apabila kamu ingin waktu analisis selera target konsumen dengan cepat, mudah, dan irit, metode survei online adalah pilihan paling tepat. Selain itu, cara riset online juga bisa digunakan untuk mengetahui tren terkini yang akan membantu pebisnis untuk melakukan inovasi agar konsumen tidak bosan dan beralih hati pada produk kompetitor.
Nah, dalam hal ini, Survey Center bisa membantu Anda melakukan tahapan riset online dengan lebih mudah, cepat, dan juga praktis!
Survey Center adalah layanan survei berbasis online yang memberikan data-data berkualitas, kredibel, dan tentunya relevan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Survey Center siap membuat langkah-langkah riset pasar Anda berjalan baik tanpa kendala.
Yuk! mulai riset mu dengan lebih dalam dan akurat dengan Survey Center . (mt)