Market Research atau disebut riset pemasaran adalah sebuah kegiatan penelitian dari bidang pemasaran yang dilakukan mulai dari merumuskan masalah, tujuan dan pengumpulan data. Pengolahan data menghasilkan hasil penelitian. Seseorang konsultan riset pasar yang melakukan riset pemasaran memiliki tujuan agat tercapainya target.

Jasa market research atau jasa riset pasar sebenarnya memiliki jenis yang luas, terutama di dalam riset pasar Indonesia. Mulai dari riset merek, evaluasi jasa advertising, penelitian pesaing bisnis, riset pelanggan, riset konsumen, pengembangan produk bisnis dan juga pengujian dalam kegunaannya.

 

Manfaat Menggunakan Market Research

Market research memberikan manfaat yang menguntungkan bagi perusahaan atau bisnis yang Anda miliki, cara dari penelitian pasar yang berdampak dalam perusahaan anda agar berhasil.

Dalam menciptakan bisnis, sebuah bisnis berpusat pada pelanggan dan memprioritaskan kebutuhan juga keinginan dari pelanggan adalah kunci untuk suksesnya sebuah bisnis.

Dengan menggunakan riset pemasaran, Anda dapat memahami kebutuhan juga keinginan Bersama dengan target adalah pelanggan Anda. Melakukan riset pasar memungkinkan untuk Anda menarik prefensi pelanggan Anda.

Melakukan sesuatu yang mungkin menarik bagi produk yang Anda berikan. Juga layanan dengan tidak melupakan penargetan yang menawarkan peluang paling menguntungkan bagi perusahaan Anda.

Riset pasar juga memerlukan jasa advertising, jasa advertising diperlukan agar banyak orang yang mengetahui produk apa yang anda jual. Menarik pelanggan dengan mengetahui dari riset pasar apa yang dibutuhkan banyak orang.

Anda juga perlu melakukan pendekatan terhadap pelanggan anda. Agar anda mengetahui apa yang sangat di butuhkan oleh pelanggan Anda dan Anda bisa mengembangkan produk Anda juga pelayanan agar pelanggan tetap setia membeli produk yang Anda hasilkan.

Dengan market reserach yang rutin anda dapat memprediksi perubahan pasar yang sedang terjadi, anda dapat mengetahui data-data mengenai pasar yang berjalan, konsumen, dan hal lain tentang pemasaran yang lebih akurat.

Baca Juga  Tujuan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Melalui data yang akurat tersebut, Anda dapat dengan mudah memprediksi perubahan yang terjadi di riset pasar Indonesia. Sehingga Anda dapat menyesuaikan target dan strategi pemasaran dengan baik.

 

Penjelasan tentang Perusahaan Riset Pemasaran

Perusahaan riset pemasaran adalah sebuah perusahaan yang melakukan analisis terhadap beberapa hal termasuk strategi marketing, riset pasar barang dan jasa, juga perilaku dari konsumen.

Perusahaan riset pemasaran melakukan kegiatan penelitian mengenai bagaimana jalannya strategi pemasaran yang tepat untuk dilakukan dalam sebuah bisnis. Riset pemasaran adalah cara untuk evaluasi terkait produk yang dijual, juga jasa yang diberikan untuk mendapatkan konsumen dengan hasil optimal.

Market Research atau Jasa Perusahaan Riset Pemasaran yang ada di Indonesia

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang perusahaan jasa riset pasar (jasa market research) dan riset yang mereka lakukan, berikut kami berikan beberapa contoh perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran di Indonesia:

1.  MARS Indonesia

Capricorn MARS Indotama (MARS Indonesia) telah berdiri sejak tahun 1992 di Indonesia. Perusahaan riset pemasaran ini melayani klien berbagai industry yang ada baik Lokal maupun Internasional.

MARS memberikan pelayanan berupa membantu kliennya dalam mengambil keputusan yang tepat, dan mengembangkan bisnis yang dijalankan oleh kliennya. Perusahaan MARS itu sendiri memiliki banyak pengalaman dan juga pengetahuan tentang pasar Indonesia.

Perusahaan ini memiliki dan melakukan standar internasional dalam Perilaku Riset Pemasaran. Oleh karena itu para klien MARS memiliki layanan riset pemasaran yang mengikuti peraturan yang berlaku secara global.

MARS memiliki Kantor Riset di Jakarta dengan cabang di kota-kota besar lainnya seperti jasa riset pasar di Bandung, jasa riset pasar di Semarang dan lain sebagainya. Mereka juga dapat melakukan penelitian di kota-kota lain sekitar kota besar.

Baca Juga  Market Research : Tujuan Dan Fungsinya

2.  PT. Market Research & Branding (surveycenter.co.id)

Survey center atau PT. Market Research & Branding, adalah perusahaan yang menyediakan jasa untuk membantu anda melakukan survey secara online. meyebarkan Kuesioner secara online maupun offline menggunakan komunitas, sesuai dengan responden yang anda inginkan.

Perusahaan jasa market research yang satu ini juga melakukan distribusi data dan juga pemetaan Pasar yang dapat membantu anda membangun bisnis anda dengan tertata secara profesional. Perusahaan ini berkantor di Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tidak hanya itu perusahaan ini juga memberikan pelayanan seperti Studi Kelayakan Bisnis, Focus group discussion, retail audit, mystery shopper, survei pengukuran indeks kepuasan masyarakat, dan juga survei persepsi publik.

3.  GFK Indonesia

Perusahaan riset pemasaran ini memiliki fokus dalam memaksimalkan merek, strategi mendapatkan saluran klien berdasarkan riset pasar agar memberikan pemahaman bagi pengusaha dalam sisi kompetitif dan juga konsumen, serta Analisa yang sangat prediktif.

Perusahaan GFK juga membantu klien dengan memberi saran dari segi pengembangan, pengiriman juga kinerja produk dari kliennya. Hasil riset pemasaran ini dapat digunakan untuk menetapkan harga, promosi juga pemasaran yang berguna untuk mendorong penjualan.

Perusahaan GFK sudah berdiri 15 tahun lamanya, tentu sudah memiliki banyak pengalaman di bidang jasa market research ini. GFK sendiri berada di Jakarta.

 

Keuntungan dengan menggunakan Jasa Riset Pemasaran (Market Research)

Jasa market research atau yang disebut jasa riset pasar dilakukan oleh konsultan yang berpengalaman. Dengan hasil riset dari mereka, Anda dapat menetapkan keputusan yang tepat agar terhindar dari kerugian. Selain itu anda juga bisa mengenal kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang Anda miliki.

Baca Juga  Contoh-Contoh Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

1.  Untuk menghindari kerugian

Jasa market research ini yang memang dilakukan oleh para ahli, mereka memiliki standar dan cara kerja mereka sendiri. Pekerjaan mereka adalah mengumpulkan data secara kuantitatif maupun kualitatif.

Melalui data yang telah diperoleh melalui jasa market research, Anda bisa mengetahui bagaimana prefensi dari pasar akan suatu bisnis di daerah tertentu. Selain itu mengetahui prefrensi dari konsumen Anda juga bisa menggunakan data tersebut. memberikan anda peluang serta tantangan.

2.  Jasa riset pemasaran (market research) membantu Anda dalam melihat posisi bisnis Anda.

Selain mengetahui masalah keuntungan dan kerugian, dengan jasa market research ini Anda juga terbantu dalam hal melihat posisi bisnis Anda sendiri Ketika dibandingkan dengan pesaing Anda lainnya. Tentu banyak bisnis yang menyerupai bisnis yang Anda miliki. Tetapi anda bisa memprediksi peluang-peluang berhasilnya bisnis yang akan anda lakukan.

3.  Membantu bisnis anda dalam perencanaan tingkat lanjut

Perencanaan bisnis yang dilakukan pastinya akan memiliki jangka tersendiri. Seperti awal sampai lanjutannya. Pada awalnya mungkin anda berencana membuar pembangunan property, kemudian terealisasikan rencana tersebut. sedangkan rencana lanjutan anda adalah manajeme atau pengembangan.

Tentunya disetiap bagian membutuhkan rencana yang baik dan matang agar membuahkan hasil yang baik juga. Dari jasa riset pemasaran (jasa market research) ini, anda dibantu membuat rencana yang lebih baik di setiap tahap yang akan anda jalankan.

Itulah penjelasan tentang jasa riset pemasaran, manfaat menggunakan Jasa Riset Pemasaran, dan juga keuntungan dalam menggunakan jasa riset pemasaran (jasa market research). Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda menambah wawasan baru tentang bisnis dan mengembangkan bisnis yang anda jalankan.

Live Chat
Send via WhatsApp