Riset pasar adalah salah satu istilah yang populer dalam dunia bisnis. Riset pemasaran menjadi penunjang bagi bisnismu supaya bisa berjalan lancar. Tanpa pemasaran, maka bisnis tidak akan terkenal dan berkembang. Dan tanpa jasa riset pasar, maka pemasaran bisa-bisa berjalan tidak terarah.
Sebuah contoh dari riset pasar adalah ketika kamu akan bisnis berjualan donat, dan mengecek terlebih dahulu harga donat di pasaran. Sesuai hasil pengecekan tersebut, kamu bisa menentukan harga pasar yang tepat untuk donatmu.
Berdasarkan contoh tersebut, Riset pasar tampak sederhana. Namun sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu kamu ketahui mengenainya. Berikut ulasan lengkap mengenai kenapa penting menggunakan jasa riset pasar untuk pengembangan bisnismu
Kualifikasi Jasa Market Riset yang Cocok Untuk Membantu Perusahaan
Riset pasar adalah kegiatan yang bukan untuk semua orang. Bahkan bisnis-bisnis yang sudah mapan, mempercayakannya kepada jasa riset pasar. Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk melakukan riset pemasaran, kamu harus melakukannya dengan jasa riset pasar (peneliti pasar) yang tepat.
Berikut adalah beberapa kualifikasi yang perlu dimiliki oleh pelaku riset pasar:
Mampu membaca dan menganalisa data
Untuk memiliki kemampuan tersebut, seorang pelaku riset pasar harus menguasai matematika dan statistika. Karena setiap riset pasar akan berhubungan erat dengan angka dan penghitungannya.
Mampu menyusun informasi
Tak hanya membaca dan menganalisis data, pelaku riset pasar juga harus mampu menyusun informasi dari analisa yang dilakukannya. Informasi inilah yang nantinya akan disampaikan kepada pengguna hasil riset pasar. Oleh sebab itu informasi harus tersusun secara kronologis dan mudah untuk dipahami.
Mampu menyampaikan informasi secara lisan dan tertulis.
Pelaku riset pasar harus mampu menyampaikan informasi yang telah disusunnya. Kemampuan tersebut harus secara lisan dan tertulis. Untuk lisan biasanya berbentuk presentasi dan diskusi. Sedangkan tertulis berupa laporan hasil riset
Mampu berkomunikasi yang baik.
Pelaku riset pasar harus mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga hasil risetnya bisa sampai dengan baik pula kepada penggunanya.
Mampu dalam hal manajemen dan administrasi.
Untuk mewujudkan hasil riset yang berkualitas, tentu saja pelaku riset pasar harus mampu dalam hal manajemen dan administrasi. Keduanya menjadi faktor pendukung terkuat keberhasilan sebuah riset.
Kualifikasi tersebut harus terpenuhi seluruhnya untuk SDM yang melakukan riset pasar. Ketika hal yang perlu dipersiapkan untuk riset pasar telah ada, dan SDM pelaksananya telah siap, maka kamu tinggal melakukan riset pasar. Namun jika keduanya belum ada, maka akan lebih mudah jika menggunakan jasa riset pasar.
Nah, dalam hal ini, Survey Center bisa membantu Anda melakukan tahapan riset pasar dengan lebih mudah, cepat, dan juga praktis!
Survey Center adalah layanan survei berbasis online yang memberikan data-data berkualitas, kredibel, dan tentunya relevan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Survey Center siap membuat langkah-langkah riset pasar Anda berjalan baik tanpa kendala.
Yuk! mulai riset mu dengan lebih dalam dan akurat dengan Survey Center
(mt)