Dalam meniti usaha dan bisnis tentu tidaklah luput dari yang namanya kegagalan, produk yang tidak laku, produk gagal dan sebagainya. Awal merintis bisnis memang cukup terbilang penuh perjuangan serta pengorbanan. Apabila Anda dalam mencapai usaha tidak dilandasi dengan semangat pantang menyerah, maka pasti usaha Anda akan sia – sia bahkan cepat mengalami kebangkrutan.

Untuk itu sebelum Anda memulai bisnis, sebaiknya matangkan perencanaan, pemasaran dan juga strategi untuk menjual produk Anda di pasaran. Ketahui kelemahan, keuntungan produk juga tidak lupa untuk menyiasati keinginan konsumen serta kritikan.

Untuk itu, penting adanya saran juga kritik dari konsumen dalam perkembangan produk yang Anda buat. Berikut ini hal apa saja yang patut Anda ketahui akan alasan konsumen menyukai produk Anda:

1. Harga Murah

Salah satu faktor mengapa produk Anda laku di pasaran yaitu harga yang murah dan terjangkau. Banyak konsumen yang mencari harga pebanding akan suatu produk di pasar, apabila ada produk serupa dengan kualitas sama dan harga yang berbeda, sudah pasti konsumen akan memilih harga produk yang paling murah. Hal ini dikarenakan konsumen merasa apabila ada harga yang lebih rendah kenapa harus memilih harga yang mahal.

Namun ceritanya akan berbeda apabila konsumen mencari kualitas akan sebuah produk. Karena memang harga tidak bisa membohongi kualitas dari produk tersebut.

2. Efek Promosi

Banyak dari para konsumen yang tertarik membeli sebuah produk dikarenakan efek dari upaya promosi seorang sales atau marketingnya. Hal ini sangat berpengaruh pada pengenalan produk tersebut. Konsumen merasa ingin membeli dikarenakan promosi yang dilakukan sangat jelas, kreatif, manfaat produk jelas, ditambah dengan adanya harga promo yang luar biasa menggoda.

Baca Juga  Cek Lengkap Pengertian Survei Kepuasan Pelanggan

Faktor inilah mengapa pada saat promosi produk seorang marketing dituntut untuk pintar dan inovatif dalam menyampaikan pesan produk tersebut. Sehingga akan dapat menyedot banyak konsumen yang penasaran dan akhirnya membeli produk Anda.

3. Tampilan Produk Menarik

Berikutnya yang membuat konsumen merasa tertarik akan produk Anda yaitu dilihat dari performance atau bentuk fisik produk. Semakin penampilannya keren, cantik, rapih dan inovatif minat konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan akan dilirik. Tampilan yang mengesankan tentu memiliki penilaian tersendiri di mata konsumen.

Packaging yang rapih dan terkesan unik membuat rasa keingintahuan dari konsumen tinggi. Hal ini bisa menjadi daya tarik bahwa produk Anda memang layak untuk dibeli.

4. Kualitas

Ada kualitas pasti ada harga yang menyertainya. Hal apapun yang ingin Anda tawarkan apabila kualitas terbaik dan nomor 1 maka konsumen tentu akan tertarik. Banyak dari para pengusaha yang menawarkan produk harga murah dengan kualitas terjaga., hal ini yang memang harus dipakai oleh semua pengusaha.

Bukan berarti Anda menjual produk murah namun kualitas kurang memuaskan. Sebaiknya pada saat menawarkan produk baru sebaiknya Anda kreatif untuk menjelaskan jika kualitas produk Anda terbaik dan dijamin mutunya. Hal ini membuat konsumen merasa bahwa produk Anda memang patut dicoba.

5. Pelayanan Yang Menyenangkan

Banyak kasus konsumen kecewa kepada produk yang Anda jual bukan karena harga, kualitas dan sebagainya, namun dikarenakan service atau pelayanan yang diberikan sangat buruk. Pelayanan bisa dilakukan dari pegawai bahkan Anda sendiri. Karena itu pertama yang konsumen ingat saat berkunjung ke gerai Anda adalah tingkat pelayanan yang diberikan.

Jika Anda tidak ingin kehilangan konsumen, memang sebaiknya pola pelayanan yang Anda berikan haruslah terbaik. Sehingga konsumen akan terkesan dan kembali lagi untuk membeli produk Anda. Pelayanan bisa dari bagaimana Anda menjalankan tugas kepada konsumen seperti penyampaian informasi, etika berkomunikasi, saat proses pembayaran, saat proses pengiriman dan sebagainya.

Baca Juga  4 Alasan Memilih Pallet Plastik Untuk Operasional

6. Brand Image

Brand

Terkadang nama sebuah merk memang menjadi satu prestige bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Untuk membangun brand image memang tidak mudah, namun dengan strategi dan tehnik tentu Anda bisa mengatasi hal tersebut.

Konsumen menyukai sebuah merk yang sudah ternama dibanding dengan yang belum ternama. Hal ini karena tingkat kepercayaan atau rasa percaya terhadap kualitas dan harga merk tersebut. Karena itu tentukan strategi jitu untuk meningkatkan brand image produk Anda sesuai dengan target pasar yang Anda harapkan.

7. Nilai Manfaat Produk

Selain dari penjelasan di atas, berikut ini satu alasan mengapa konsumen menyukai produk Anda. Yaitu dilihat dari nilai manfaatnya, banyak produk yang dijual saat ini memiliki multifungsi yang mana 1 produk bisa digunakan sekaligus untuk kebutuhan yang lain. Contoh modifikasi rice cooker yang dulu hanya bisa digunakan sebagai pemasak nasi, karena ide inovatif maka rice cooker saat ini bisa digunakan beragam manfaat seperti menumis, membuat kue, mengkukus dan sebagainya.

Hal inilah yang banyak dicari konsumen, karena konsumen menginginkan proses yang instan dan tidak memakan waktu lama. Sehingga nilai manfaat produk tersebut menjadi lebih ekonomis dan praktis.

Dari beberapa contoh di atas, bisa jadi penilaian konsumen akan berbeda. Namun, rata – rata konsumen akan merasa dan menginginkan beberapa point sebagai pertimbangan untuk membeli produk tertentu.

Demikian penjelasan singkat mengenai alasan konsumen menyukai sebuah produk yang akan ditawarkan.

Live Chat
Send via WhatsApp