Kepuasan pelanggan adalah suatu hal yang penting, sehingga memberikan dampak yang baik bagi bisnis. Jika pelayanan kepuasan pelanggan buruk, maka akan berpengaruh terhadap pelanggan-pelanggan selanjutnya. Survei kepuasan pelanggan menjadi kunci.

Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh pertumbuhan dan perkembangan bisnis sehingga harus dianalisa secara rutin dan berkelanjutan. Pemilik bisnis atau pengusaha bisa melakukan survei langsung ke pelanggan dengan catatan sudah menggunakannya.

Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan adalah survei yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan akan produk atau jasa tersebut. survei tersebut bisa menjadi evaluasi dan gambaran dari langkah selanjutnya perusahaan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan akan barang atau jasa yang dipakai, diantaranya:

  1. Melakukan survei ketika pelanggan sedang membeli produk atau jasa.
  2. Melalui telepon yang mana perusahaan memiliki nomor telepon pelanggan dan bisa ditelepon untuk memberikan pendapat akan kepuasan menggunakannya.
  3. Melakukan survei melalui email dengan catatan tidak terlalu sering sehingga tidak dianggap spam.
  4. Dapat melaksanakan survei dengan mengundang pelanggan secara langsung.

Alasan Melakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Saat pelanggan merasa tidak puas dengan suatu produk atau jasa maka pasti akan menukar atau mengembalikan secara utuh, kadang hanya bisa dengan mendapatkan harga diskon, dan lain sebagainya.

Jika tidak mendapatkan itu semua, maka pelanggan bisa kesal, kemudian melabeli barang tersebut buruk dan tidak puas, sehingga membeli di produk lain. Saat suatu produk atau jasa sudah memliki label baik, maka otomatis pelanggan lain akan muncul tanpa kita minta.

Jadi, pentingnya kepuasan pelanggan dalam berbisnis. Pemilik bisnis mengetahui kualitas produk juga dari itu. Sehingga bisa diperbarui dalam hal kualitas, sesuai kebutuhan inovasi. Para bisnis sejenis memberikan pelayanan terbaik.

Baca Juga  Ketahui Apa Saja Alasan Konsumen Menyukai Produk Anda

Manfaat Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan memiliki manfaat, diantaramya bisa memberi kesan baik bagi pelanggan atau konsumen yang membeli produk, jasa. Memungkinkan konsumen menjadi pelanggan setia dan loyal terhadap bisnis yang ada.

Omzet naik merupakan kunci sukses dalam berbisnis dan laba bisnis juga semakin meningkat. Laba diharapkan bisa dalam target pencapaian, syukur-syukur jika lebih dan manfaat lain yang bisa dirasa terjalinnya komunikasi dan silaturahmi baik antar dua pihak ini.

Cara Melakukan Survei

Berikut adalah cara dalam melakukan survei kepuasan pelanggan, diantaranya saat melakukan survei, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari waktu pelaksanaan, daftar pertanyaan yang diajukan, jumlah melakukan survei, dan langkah setelah melakukan survei.

Waktu pelaksanaan juga perlu diperhatikan, cari waktu yang tepat. Cara dalam melakukan survei ada beberapa, tetapi kebanyakan memakai jenis kuisioner. Kuisioner memiliki beberapa jenis, diantaranya:

1. Customer Satisfaction Score (CSAT)

Kuesioner ini berisi pertanyaan-pertanyaan sederhana dengan jawaban tertutup, maksudnya seperti (ya atau tidak), (setuju atau tidak), dan (puas atau tidak puas). Pertanyaan lebih meliputi kesesuaian produk apakah sesuai ekpektasi pelanggan. Antara memuaskan atau tidak.

2. Net Promotor Score (NPS)

Kuesioner ini berisikan pertanyaan kepada pelanggan dengan skala 0-10. Terdapat perbandingan yang didapat yaitu berapa banyak promotor (7-10) dan detractor (0-6). Bisnis bisa dikatakan memenuhi kebutuhan pelanggan jika memiliki nilai kisar angka 7-10 kebanyakan.

3. Customer Effort Score (CES)

CES adalah kuesioner yang menerima komplain pelanggan melalui customer services. Pertanyaan yang sering muncul adalah tentang penilaian akan penyelesaian masalah dengan customer service. Plihan jawaban yang ada meliputi “sangat mudah, mudah, dan sangat sulit”.

4. Milestone Survey

Kuesioner ini dikirimkan dalam jangka waktu tertentu untuk mengetahui kepuasan pelanggan lebih dalam. Dapat dilakukan dengan melakukan survei setelah 30 hari penggunaan produk. Survei juga bisa dilakukan setelah pelanggan selesai melakukan transaksi.

Baca Juga  Contoh Skor dan Indikator Kepuasan Pelanggan

Itulah penjelasan tentang survei kepuasan pelanggan, semoga bermanfaat.

 

Live Chat
Send via WhatsApp