Mysteri shopper atau yang biasa disebut sebagai pembeli rahasia merupakan seorang individu yang direkrut oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi produk. Biasanya mereka akan diminta untuk memberikan ulasan terkait produk serta pengalaman berbelanja dalam sebuah toko. Mereka memiliki tugas sebagai agen rahasia dalam mengamati mengevaluasi dan melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman berbelanja.

Sebenarnya konsep pembeli rahasia ini sudah ada selama beberapa dekade belakangan dan sudah digunakan oleh perusahaan besar. Mulai dari ritel, perhotelan hingga restoran dan layanan keuangan. Tujuan utama dari adanya pembeli rahasia ini adalah untuk mendapat wawasan objektif terkait kualitas layanan yang diberikan oleh suatu bisnis. Kemudian nantinya bisnis tersebut akan diberikan perbaikan. Menarik bukan? Berikut fakta menarik lainnya.

1. Dibayar Untuk Belanja

Seorang mysteri shopper memiliki suatu privilege di mana mereka akan dibayar untuk belanja. Biasanya pihak penyedia jasa tersebut akan membayar mereka untuk melakukan aktivitas jual beli. Namun faktanya mereka bukan hanya sekedar membeli barang-barang tersebut untuk kebutuhan pribadi. Akan tetapi mereka memiliki tanggung jawab besar dalam memberi review terkait pengalaman belanja yang sudah mereka lakukan.

2. Melakukan Pekerjaan Secara Rahasia

Salah satu aspek penting seorang mysteri shopper adalah menjalankan tugas secara rahasia atau anonim. Mereka akan bertindak sebagai pelanggan biasa dan tidak mengungkap identitas kepada staf maupun karyawan toko yang tengah mereka evaluasi. Kerahasiaan ini merupakan poin penting yang harus tetap dijaga agar kegiatan pengamatan dan evaluasi dapat berjalan dengan efektif.

Dengan menjaga identitas secara rahasia tentu mereka akan mendapat pengalaman dari pihak toko sebagaimana mestinya tanpa adanya unsur pengaruh. Dengan adanya sistem rahasia ini mereka akan memperoleh informasi yang lebih akurat terkait data yang tengah dibutuhkan.

Baca Juga  Jasa Sebar Kuesioner Profesional Dan Murah

3. Bertugas Melakukan Evaluasi Terhadap Toko

Seperti pada pembahasan sebelumnya, seorang mysteri shopper akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sebuah toko maupun bisnis. Mereka akan bertindak sebagai seorang pelanggan biasa yang mengamati berbagai aspek penting terkait pengalaman berbelanja. Tak hanya itu mereka juga mengevaluasi kebersihan, tata letak, ketersediaan produk, proses pembayaran, kualitas layanan dan berbagai hal menarik lainnya.

4. Membawa Alat Perekam Tersembunyi

Sebagai agen pembeli rahasia, terdapat kemungkinan mereka akan menggunakan alat perekam yang tersembunyi. Alat ini akan membantu mereka dalam mencatat kondisi lapangan secara rinci dan akurat selama melakukan kunjungan. Penggunaan alat ini juga bervariasi bergantung dengan aturan serta kebijakan perusahaan yang berlaku di wilayah tersebut. Selain itu penggunaan alat perekam tersembunyi harus sudah memiliki izin dan persetujuan dari pihak tertentu.

5. Sistem Kerja Terikat Kontrak

Meskipun pekerjaan ini terkesan menyenangkan, faktanya terdapat sejumlah perusahaan penyedia jasa tersebut yang memberikan kontrak cukup panjang. Hal ini tentu akan memberatkan pihak yang berprofesi sebagai pembeli rahasia jika ingin resign sewaktu-waktu. Namun benefit yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan tersebut tentu tidak hanya berupa uang belanja. Namun, juga berupa fee untuk sekali kunjungan namun sesuai kinerjanya. Hal ini tentu sebanding dengan pekerjaan utama yang mereka lakukan sebagai agen rahasia tersebut.

Demikianlah 5 fakta menarik mengenai Mysteri shopper yang belum banyak diketahui oleh orang. Agen pembeli rahasia ini terus menjadi alat berharga bagi sebuah perusahaan dalam mengukur, memantau dan meningkatkan layanan mereka. Dengan bantuan agen pembeli rahasia ini bisnis anda dapat memperoleh keuntungan yang signifikan.